Informasi Timnas

Piala Dunia U-20 2021, Akankah Menjadi Panggung bagi Garuda Muda?

Afif Dalma Afif Dalma
October 26, 2019
2 Comments
Home
Informasi
Timnas
Piala Dunia U-20 2021, Akankah Menjadi Panggung bagi Garuda Muda?

Indonesia secara resmi telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 setelah FIFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di dunia melakukan general meeting di Shanghai, China, pada hari Kamis (24/10/2019). Hal ini tentu mengukir sejarah baru bagi persepakbolaan tanah air, dan pastinya akan disambut dengan sangat antusias oleh publik pecinta sepak bola di tanah air. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah memastikan tiket untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Ini merupakan partisipasi kedua Indonesia tampil di Piala Dunia U-20. Indonesia pertamakali tampil pada gelaran tahun 1979 di Jepang. Tergabung dalam grup B bersama Argentina, Polandia dan Yugoslavia, Indonesia harus bertekuk lutut dengan menderita 3 kekalahan dengan kebobolan 16 kali tanpa mencetak gol satupun.

Namun yang dulu biarlah berlalu, karena di era sekarang, dengan komposisi pemain muda yang mumpuni saya rasa timnas Indonesia masih bisa bersaing di ajang ini. Skuat asuhan Fakhri Husaini diproyeksikan akan tampil pada Piala Dunia U-20 mendatang. Namun sebelum itu, timnas Indonesia harus membuktikan diri terlebih dahulu di Piala Asia U-19 2020 dengan melewati fase grup dan tampil di putara final. 


Pada kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Indonesia tergabung dalam grup K bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Pertandingan grup K akan digelar di stadion Utama Gelora Bung Karno dan stadion Madya Senayan. Piala Asia U-19 2020 sendiri menjadi jalan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021, nantinya empat finalis dari ajang ini akan langsung lolos otomatis ke Piala Dunia U-20.

Sebelumnya skuat asuhan Fakhri Husaini telah menjalani dua kali laga uji coba melawan China. Pada laga pertama yang digelar di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya timnas Indonesia menang dengan skor 3-1. Namun sayangnya di pertandingan berikutnya, giliran Indonesia yang kalah dari Negeri Tirai Bambu dengan skor yang sama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Hal tersebut cukup membuktikan bahwa tim besutan Fakhir Husaini memerlukan sebuah evaluasi demi menutup kekurangan-kekurangan yang ada dalam tim.

Timnas Indonesia diharapkan dapat bersaing dan memberikan perlawanan kepada negara-negara peserta lainnya di ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021, dengan begitu mungkin hasil yang diraih dapat dijadikan sebagai obat penghilang rasa kekecewaan dari timnas senior yang menuai hasil tak memuaskan di ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Dan tentunya kita sebagai masyarakyat Indonesia dan pecinta sepak bola harus turut ikut serta untuk membuat ajang Piala Dunia U-20 ini berjalan dengan lancar tanpa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. 

Lantas apakah Piala Dunia U-20 2021 akan menjadi panggung bagi timnas Indonesia sebagai tuan rumah? Ayo berikan komentarmu!

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

2 comments

  1. Tatung Mustari
    Tatung Mustari
    October 31, 2019
    Indonesia juara. Mampir juga di blog saya Hahuwa Blog
  2. SodikinKW
    SodikinKW
    October 31, 2019
    Mantap indonesia maju
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)