Teknologi

Cara Mengaktifkan VPN di Google Chrome Gratis Terbaru 2021

Afif Dalma Afif Dalma
August 12, 2021
0 Comments
Home
Teknologi
Cara Mengaktifkan VPN di Google Chrome Gratis Terbaru 2021

Cara Mengaktifkan dan Memasang VPN di Chrome - Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, pastinya teman-teman sudah gak asing lagi dengan yang namanya VPN. Walaupun saya rasa sebagian besar orang hanya mengenal VPN sebagai alat untuk mengakses situs-situs yang dilarang di negaranya (situs ilegal). Karena alasan tersebut, banyak orang yang mencari cara untuk dapat tetap mengakses situs atau web yang diblokir, dan VPN lah yang menjadi jawabannya.

Padahal sebenarnya ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu peroleh ketika menggunakan VPN. Selain itu, VPN juga menyediakan beragam fitur server yang membuat pengguna bisa mengakses server luar negeri. Untuk melakukan hal tersebut, tentunya kamu harus mengaktifkan VPN di browsermu terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengaktifkan VPN di Google Chrome Gratis Terbaru 2021.


Kenapa harus pasang VPN di Google Chrome?

Pada dasarnya VPN (Virtual Private Netwrok) merupakan sebuah tool keamanan yang berfungsi untuk melindungi identitas kita di internet dengan menggunakan koneksi virtual jaringan private tanpa ada koneksi nyata yang tersimpan, yang mana hal tersebut sudah disediakan oleh server VPN itu sendiri. 

Umpamanya jika kamu berselancar di internet tanpa menggunakan VPN, sama saja seperti kamu memperlihatkan KTP-mu ke semua orang. Dengan begitu semua orang bisa mengetahui lokasi, hingga data pribadi milikmu. Hal ini tentunya bisa mengundang pencuri (dalam hal ini peretas) masuk dan mengacak-ngacak rumahmu.

Nah, disinilah peran VPN sebenarnya, yaitu untuk menyamarkan KTP milikmu sehingga kamu tak perlu khawatir karena sedang menggunakan identitas palsu. Dengan begitu kamu bisa mengakses beragam situs yang dilarang dan diblokir. Namun perlu diingat bahwa kecepatan koneksi internet mempengaruhi akses ke server VPN. Maka dari itu sangat disarankan kamu memiliki jaringan internet yang stabil ketika ingin menggunakan VPN. 


Cara memasang VPN di Google Chrome

Untuk memasang VPN di Google Chrome, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan ekstensi browser. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama buka Google Chrome di komputermu.

2. Klik titik tiga dipojok kanan atas, pilih More tools > Extensions.


3. Selanjutnya klik tombol menu disebelah kiri atas kemudian klik Open Chrome Web Store.


4. Pada kolom search, ketikkan "Zenmate Free VPN".

5. Kemudian klik Add to Chrome untuk memasang VPN di ekstensi browser. 

6. Setelah itu akan muncul notifikasi, pilih Add extension untuk mengkonfirmasi pemasangan.

7. Jika berhasil maka akan terlihat logo VPN yang telah diinstall di pojok kanan atas browser. 

8. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya cukup mengklik gambar perisai, dan tunggu hingga logo di pojok kanan atas berubah menjadi warna hijau.

9. Selamat! VPN berhasil diaktifkan, sekarang kamu bisa berselancar ke situs-situs yang kamu inginkan.


Bagaimana, cukup mudah bukan memasang dan mengaktifkan VPN di Google Chrome? Tentu dengan adanya VPN ini diharapkan mampu memberikan kemanan serta kemudahan saat sedang mengakses berbagai situs web di internet.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)