7 Keuntungan Memiliki Blog Pribadi yang Harus Diketahui

Afif Dalma
November 18, 2021
0 Comments
keuntungan dan manfaat punya blog pribadi

Kebanyakan orang beranggapan bahwa blog hanyalah sebuah media yang fungsinya memberikan suatu informasi kepada para pembaca. Alhasil anggapan tersebut membuat beberapa orang berpikir bahwa menjadi blogger itu tidak ada untungnya sama sekali. Sebab mereka harus mengorbankan banyak hal (waktu, uang, dll) hanya untuk menjawab rasa penasaran orang lain (pembaca). 

Jika melihat dari sudut pandang sebagai pembaca, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah.  Namun, sekarang coba posisikan diri kita di tempat yang sebaliknya, yaitu sebagai si pemilik blog alias blogger. Dengan begitu pandangan kita mengenai blog kemungkinan akan berubah 180 derajat. 

Karena dengan menjadi seorang blogger, banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Jadi tak heran kalau kini aktivitas blogging sudah berevolusi dari sebuah hobi menjadi profesi. Bahkan beberapa keuntungan tersebut saya rasakan sendiri. Berikut saya rangkum 7 keuntungan memiliki blog pribadi yang harus diketahui.

1. Mendapatkan penghasilan

Bukan rahasia umum lagi kalau memiliki blog bisa membuat kita memperoleh penghasilan. Inilah keuntungan utama yang kita dapatkan dengan menjadi seorang blogger. Walau begitu, untuk mendapatkan penghasilan dari blog itu gampang-gampang susah, karena perlu proses dan kerja keras yang nyata.

Banyak yang bertanya tentang bagaimana cara blog membayar kita. Pada umumnya, sebagian besar penghasilan blogger itu berasal dari iklan yang dipasang di blog. Dalam hal ini, blogger menjadi publisher dan bekerja sama dengan penyedia layanan iklan seperti Google Adsense, MGID, AdNow, Adsterra, dan lain sebagainya.

Selain menjadi publisher adsense, masih ada alternatif lain supaya bisa berpenghasilan dari blog. Seperti misalnya membuat konten sponsor/promosi dari suatu bisnis atau layanan. Atau bisa juga dengan memanfaatkan program afiliasi yang memungkinkan kita mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian melalui link atau banner yang telah dipasang.

2. Mengasah skill menulis

Kita semua tahu kalau kemampuan menulis (writing) menjadi salah satu modal penting yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Sebab kita dituntut untuk bisa menyampaikan sebuah tulisan yang dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Namun bukan berarti skill writing wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjadi blogger.

Malahan beberapa teman blogger yang saya kenal awalnya tidak punya skill writing yang bagus. Saya sendiri bahkan tidak punya skill menulis sama sekali saat pertama kali terjun ke dunia blog. Namun seiring berjalannya waktu, dengan rajin menulis artikel kemampuan menulis saya perlahan mulai meningkat. 

Tentunya ini menjadi suatu hal yang positif. Karena mengalami sebuah peningkatan dapat membuat kita lebih percaya diri. Dengan begitu, alih-alih hanya menulis artikel untuk blog sendiri, kita menjadi lebih tertantang untuk mencoba hal baru. Seperti misalnya membuka jasa content writer, atau bahkan mencoba menulis sebuah buku/novel.

3. Meningkatkan kebiasaan membaca

Selain mengasah skill menulis, menekuni aktivitas blogging ternyata juga mampu meningkatkan kebiasaan membaca. Sebab setiap kali kita ingin menulis sebuah artikel, pastinya kita akan mencari referensi terlebih dahulu dengan membaca artikel milik orang lain. Hal ini tentu menjadi suatu keuntungan yang positif. 

Karena dengan membaca kita bisa belajar banyak hal baru dan tidak memuat satu bidang saja. Selain itu, keseringan membaca juga membuat kita jadi lebih teliti, setidaknya dalam menghindari typo saat menulis artikel.

4. Sebagai portofolio online

Tak jarang kita mendengar bahwa orang yang memiliki blog punya kesempatan besar untuk bisa memperoleh pekerjaan ataupun beasiswa. Walaupun menjadi blogger tidak menjamin kesuksesan kita, tetapi setidaknya kita berkesempatan untuk bisa memperoleh karir yang bagus.

Karena seperti yang kita tahu, saat ini kebanyakan perusahaan sudah tidak lagi melihat ijazah dan nilai (IPK), melainkan bagaimana rekam jejakmu di dunia digital. Untuk hal ini, blog menjadi portofolio yang cukup penting karena kita dianggap sebagai seseorang yang punya nilai (value).

Hal ini juga berlaku dalam bidang pendidikan, khususnya ketika ingin melamar beasiswa. Saya punya seorang kenalan sesama blogger yang diterima di Universitas Negeri di Jawa Barat karena berprestasi di dunia blogging. Beliau sudah berkali-kali memenangi kompetisi blog, dan namanya pun cukup dikenal oleh teman-teman sesama blogger. 

5. Memperluas jaringan pertemanan

Dengan menjadi seorang blogger, secara tak langsung kita dituntut untuk mempelajari banyak hal. Tentunya untuk mempelajari sesuatu yang belum dimengerti, kita harus bertanya kepada orang lain yang lebih paham dan berpengalaman. Dengan kata lain, bergabung kedalam sebuah komunitas atau forum blogger adalah solusi yang tepat.

Blogger yang bijak tentunya senang jika memiliki kenalan sesama blogger. Dengan begitu terciptalah jaringan pertemanan yang luas. Tak hanya dengan sesama blogger, kita juga harus memiliki hubungan yang baik dengan semua pembaca blog. Karena pada dasarnya blog merupakan media penghubung kita dan orang lain (pembaca).

Dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas, tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi kita nantinya. Apalagi kalau kita punya citra positif di mata publik, tak menutup kemungkinan mereka juga bakal memberikan dampak positif terhadap kita. Jalinlah hubungan sebaik mungkin, dan bangunlah jaringan seluas mungkin.

6. Belajar strategi marketing

Marketing yang saya maksud disini bukan merujuk pada usaha atau bisnis, melainkan strategi kita sebagai blogger untuk bisa mendapatkan banyak traffic. Karena bagi seorang blogger punya blog bertraffic tinggi menjadi sebuah goal tersendiri. Selain itu, kesuksesan seorang blogger juga dilihat dari sebarapa banyak pengunjung blognya.

Tentunya untuk mendatangkan banyak pengunjung itu tidaklah mudah, terutama bagi mereka yang baru terjun ke dunia blogging. Perlu adanya strategi marketing yang tepat supaya blog kita bisa menarik minat banyak orang.

Tanpa disadari, kita pun akhirnya mempelajari strategi tersebut. Salah satu contohnya yaitu dengan membuat konten click bait yang membuat orang lain penasaran dan akhirnya pergi mengunjungi blog kita. Mempelajari strategi marketing secara tak langsung membuat kita menjadi orang yang kreatif.

7. Dianggap keren

Semua orang pastinya mau dianggap keren, terlebih lagi sama gebetan. Selain dianggap punya value, menjadi blogger juga membuat kita terlihat keren loh. Setidaknya itu yang saya rasakan saat ini. Sebab tidak semua orang sanggup terjun ke dunia blog. Selain karena banyak hal yang harus dipahami dan dipelajari, mengurus blog juga cukup menyita waktu.

Namun dianggap keren bukan berarti membuat kita jadi besar kepala. Sebaliknya, kita justru harus bisa membuktikan bahwa kita memang layak dianggap demikian. Caranya tentu saja dengan memberikan dampak positif. Dalam hal ini kita bisa menulis artikel yang informatif dan bermanfaat bagi banyak orang.


Saya harap penjelasan di atas mampu membangkitkan minat teman-teman terhadap dunia blogging. Karena keuntungan yang kita peroleh tak hanya terbatas pada tujuh poin diatas saja. Setiap blogger punya definisi yang berbeda mengenai manfaat/keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ngeblog. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)