6 Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris yang Harus Kamu Ketahui!

Afif Dalma
December 04, 2021
12 Comments

Mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris sangatlah penting, karena dengan begitu kamu jadi tahu level mana yang sudah dicapai. Selain itu, hal tersebut juga dapat memudahkanmu dalam melihat progres pembelajaranmu selama ini, apakah meningkat atau justru stuck disitu-situ saja.

Sebab kita semua tahu bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang pada dasarnya penting untuk dipelajari. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika kamu fasih berbahasa Inggirs, sebut saja seperti mempermudahmu dalam memperoleh beasiswa atau mencari sebuah pekerjaan.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengukur tingkat kemahiran bahasa seseorang, misalnya dengan menggunakan standar CEFR. Umumnya bahasa Inggris itu punya dua level yaitu Beginner dan Intermediate. Sementara dalam CEFR terdapat 6 tingkatan yang dikelompokkan ke dalam 3 level berbeda. Lantas apa saja tingkatannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu CEFR?

Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) merupakan standar yang diakui secara internasional untuk menaksir tingkat kemampuan berbahasa seseorang. Standar ini diakui secara luas di seluruh Eropa, dan semakin umum di seluruh dunia. CEFR diberlakukan untuk beberapa bahasa, termasuk salah satunya bahasa Inggris. Standar ini dapat mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang, mulai dari tingkat Basic, Independent, hingga Proficient.

tingkat kemampuan bahasa inggris CEFR

Level Bahasa Inggris Basic

A1 Beginner

Beginner merupakan tingkat paling dasar dalam CEFR, dimana seseorang hanya mampu memahami dan menggunakan kalimat sederhana yang biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari, seperti perkenalan diri, berbicara tentang hobi, dan tentang dirinya sendiri. Meski begitu mereka hanya mampu berbicara secara perlahan dan masih terbata-bata.

A2 Elementary

Tingkat selanjutnya masih termasuk level pemula. Mereka yang berada pada tingkat ini mampu memahami ucapan orang lain, serta mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, namun cakupan bahasannya masih sangat terbatas. Misalnya seseorang yang dapat memahami cuplikan film tanpa melihat subtitle, kemudian bercerita tentang film tersebut ke orang lain.


Level Bahasa Inggris Independent

B1 Intermediate

Naik ke level yang lebih tinggi, dimana pada level ini seseorang mampu berbahasa Inggris dengan membahas topik yang lebih luas lagi dibandingkan level sebelumnya. Misalnya ketika sedang membahas minat tertentu, mereka mampu meresponnya dengan baik, seperti memberikan pendapat dan kritikan. Atau ketika mengikuti wawancara kerja menggunakan bahasa Inggris, mereka mampu menjawab semua pertanyaan dengan cukup lancar.

B2 Upper-Intermediate

Pada tingkat Upper-Intermediate atau menengah atas, seseorang sudah bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar, bahkan mampu berbicara spontan dengan orang asing. Seseorang yang sudah mencapai tingkat ini bisa dibilang terampil berbahasa Inggris, sebab mereka mampu berbicara dengan jelas dan detail mengenai minat atau topik tertentu.


Level Bahasa Inggris Proficient

C1 Advanced

Selanjutnya masuk ke level tertinggi, yaitu pada tingkat Advanced. Saat seseorang sudah menduduki tingkat ini, artinya mereka mampu menggunakan bahasa Inggris secara fleksibel dan efektif untuk tujuan sosial, misalnya untuk kepentingan akademis dan profesional. Walaupun begitu mereka terkadang masih kesulitan ketika mendapati kosakata atau situasi yang benar-benar baru.

C2 Proficiency

Proficiency merupakan tingkat tertinggi di CEFR. Seseorang yang sudah mencapai tingkat ini bisa dibilang setara dengan native speaker atau penutur asli. Itu artinya mereka mampu berinteraksi menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dan mampu mengekspresikan dirinya secara spontan di berbagai situasi dan kondisi.

Cara mengukur kemampuan bahasa Inggris

Setelah mengetahui tingkatan-tingkatannya, selanjutnya kamu harus tahu cara mengukur kemampuan bahasa Inggris. Biasanya tingkat kemahiran bahasa Inggris dapat diukur melalui berbagai test khusus seperti di bawah ini.

1. TOEFL

Test of  English as a Foreign Language (TOEFL) merupakan test yang paling umum digunakan di Indonesia. Test ini biasanya dipakai ketika mendaftar ke universitas atau perusahaan multinasional, dengan skor yang dibutuhkan menurut persyaratan adalah sekitar 550. Terdapat empat bagian yang diujikan, yaitu listening, reading, writting, dan speaking.

2. TOEIC

Selanjutnya ada Test of English for International Communication (TOEIC) yang biasa digunakan untuk melamar pekerjaan di luar negeri. Namun ada juga beberapa perusahaan di Indonesia yang mewajibkan calon karyawannya memiliki sertifikat TOEIC. Minimal skor yang diperlukan untuk melamar di perusahaan dalam negeri minimal 400-500, sementara untuk perusahaan luar negeri biasanya memerlukan skor minimal 600. Test ini memiliki dua bagian, yaitu listening dan reading.

3. IELTS

Hampir sama seperti TOEFL, International Englsih Language Testing System (IELTS) merupakan test bahasa Inggris yang biasanya digunakan untuk keperluan kuliah, kerja, atau imigrasi. Soal yang diujikan pun sama seperti TOEFL yaitu listening, structure, dan reading. Sementara untuk skornya sendiri menggunakan skala 0 - 9, dengan skor rata-rata 6,5 atau 7.

  1. Siti Mustiani

    Menarik mas, meskipun saya tau bahwa kemampuan bahasa inggris itu ada tingkatannya, tapi saya taunya yang standar2 saja. Dan disini saya melihat lebih detail penjelasannya. Pernah juga lihat tabelnya di beberapa lembaga kursus bahasa inggris.

    Kalau mengukur saya pribadi pernah beberapa kali mencoba TOEFL dan IELTS tapi kalau TOEIC belum pernah.

    Reply
  2. Khoirur Rohmah

    Oh, aku baru paham terkait level seseorang dlm menguasai bahasa inggris itu ada beberapa tingkatan ya, jika menggunakn standar CEFR tsb
    Entah kalau aku ada di tingkatan mana nih, keknya yg beginner degh :'(
    Btw aku baru nyobain tes kemampuan yg TOEFL aja nih, mas. itu pun nilainya jauuuh banget dr 550 hehehe
    Thanks for sharing ya

    Reply
  3. MTB

    Terimakasih Mas Afif sharing informasinya. Saya pikir dulu level bahasa Inggris itu suka-sukanya lembaga kursus aja, ternyata sudah standar internasional ya, hehe.

    Reply
  4. Naqiyyah Syam

    Ilmu yang bermanfaat banget, walau sadar Bahasa Inggrisku masih banyak perlu upgrade, dulu sih suka zaman SMP dan SMA, mau masuk Jurusan B.Inggris tidak diizinkan.

    Reply
  5. Kyndaerim

    Komplit ya ternyata, dari stabdar sampai yg lancar buanget. Dan aku kira tools nya cuma ada TOEFL aja, hihi..

    Reply
  6. Nurul Mutiara R.A

    Waduh, ternyata level-levelnya banyak juga ya. Aku malah tahunya kalau belajar Bahasa Inggris tuh tentang TOEFL sama IELTS doank lho Kak. Nambah informasi banget sih ini

    Reply
  7. Ipeh Alena

    Waktu masih les bahasa inggris, aku agak enggak paham sama level-level kayak gini. Dulu taunya cuma dari tipe buku sama kelas yang direkomendasiin. Ternyata, emang sesuai sama kemampuan yaa setiap level ini. Sampai sekarang belum pernah coba tes yang lain selain TOEFL. Pengen coba tapi rada-rada enggak pede gitu

    Reply
  8. Rani Retnosari Mantriana

    Kalo tes bahasa Inggris yang penilaiannya pake standar CEFR ini jadinya kita bisa tau lebih detail ya kemampuan kita ada di tingkatan mana. Btw jadi serasa diingatkan nih kemampuan bahasa Inggris ku yang udah jarang diasah.

    Reply
  9. Indra DP

    Aku selama ini kalo belajar bahasa Inggris langsung chat sama orang bule di telegram hehehe..
    Dan kampretnya, meski pake Inggris belepotan, tapi si orang bule itu paham yg aku maksud wkwk

    Reply
  10. Renayku

    Level bahasa Inggrisku udah masuk advance. Tnyata ada yg paling tinggi yaitu selevel sama native speaker ya. Aku baru tau nih. Makasi infonya, bermanfaat sekali.

    Reply
  11. BlogSabda.com

    saya belum pernah ngambil tes khusus untuk tahu level b. inggris saya, tapi kalau dirasa-rasa sih udah berada di B2 (upper intermediatte) karena bisa spontan ngomong bahasa inggris sama orang asing. bahkan ngga jarang suka bergumam n mikir pakai b. inggris, hehe

    Reply
  12. Andrie K.

    Wahh aku pengen banget tuh dapetin salah satu hasil dari test kemampuan bahasa inggrisnya seperti toefl, dan ielts. Soalnya kepake banget kalau mau daftar kerja atau mau studi lanjut

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)