Gampang! Begini Cara Mendapatkan Saldo Google Play Gratis 2022

Afif Dalma
February 03, 2022
0 Comments
Cara Mendapatkan Saldo Google Play Secara Gratis

Di zaman modern seperti sekarang ini, mendapatkan penghasilan secara online bukan lagi hal yang mustahil. Bahkan penghasilan tersebut bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma tanpa harus keluar modal dan bersusah payah. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menghasilkan uang di internet, termasuk juga mendapatkan saldo (credit) Google Play secara gratis.

Teman-teman yang suka bermain game android pastinya sudah tak asing lagi dengan Google Play Store (dulu bernama Android Market). Pasalnya platform yang satu ini berfungsi sebagai toko media digital yang sudah terinstal secara otomatis di smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. 

Saldo tersebut bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi yang masih berhubungan dengan Play Store. Dalam hal ini kamu bisa membelanjakan saldo tersebut untuk membeli game atau aplikasi berbayar, e-book, film, musik dan lain sebagainya.

Apa itu Google Opinion Rewards?

Seperti namanya, Google Opinion Rewards merupakan aplikasi survei berbasis android yang dikembangkan oleh pihak Google. Aplikasi ini pertamakali dirilis pada tahun 2016, yang mana saat itu hanya bisa diakses di negara Swiss saja. Namun seiring berjalannya waktu, pihak Google pun mulai merilis aplikasi ini ke negara-negara lainnya, termasuk Indonesia yang baru mendapatkan akses beberapa waktu yang lalu.  

Cara mendapatkan Google Play Credit gratis

mendapatkan uang dengan google opinion rewards

Google Opinion Rewards bukan hanya sekedar aplikasi survei biasa. Pasalnya, pertanyaan yang disuguhkan terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak waktu untuk menjawabnya. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan reward apabila berhasil menjawab setiap survei yang diberikan. 

Reward tersebut berupa saldo Google Play dengan nominal antara Rp 1.500 hingga Rp 13.300. Nantinya saldo yang sudah terkumpul tersebut juga bisa ditarik ke rekening ATM kamu. Lantas bagaimana cara mendapatkannya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pergi ke Play Store dan unduh aplikasi Google Opinion Rewards, atau Google Survei Berhadiah jika menggunakan bahasa Indonesia.  

2. Setelah aplikasi terinstal, buat akun baru dengan menggunakan email. Usahakan gunakan email yang terhubung dengan smartphone agar lebih mudah nantinya.

3. Kemudian kamu akan diminta mengisi beberapa data, seperti namalokasi, umur, gender, dan bahasa. Perlu diingat, nantinya Google akan memberikan survei yang relevan dengan data yang kamu berikan.

4. Jika akun berhasil dibuat, maka secara otomatis kamu akan disuguhkan dengan survei yang tersedia, beserta informasi mengenai nominal saldo yang akan didapatkan.

5. Setelah selesai mengisi survei, saldo secara otomatis akan masuk ke akun Google Play milikmu.

Kekurangan Google Opinion Rewards

Meski aplikasi ini bernama Google Opinion Rewards, nyatanya terkadang pihak Google menyuguhkan survei tanpa reward sama sekali. Selain itu, kamu juga tidak bisa memilih jenis survei yang akan kamu isi, paling parahnya jadwal survei yang diiberikan sangat tidak menentu dan benar-benar random.

Kalau kamu lihat gambar di atas, selama bulan Januari 2022 kemarin, hanya ada tujuh survei yang diberikan oleh Google. Tentunya hal ini bisa dipahami, mengingat orang yang mengisi survei jumlahnya jutaan dan berasal dari seluruh dunia. Sehingga pihak Google pun hanya memberikan survei di waktu-waktu tertentu saja.

Tetapi jangan khawatir, pada momen-momen tertentu kamu bisa mendapatkan lebih banyak reward. Misalnya ketika Google meluncurkan aplikasi baru, tentunya mereka akan melakukan survei demi mengetahui tanggapan, reaksi, tingkat kepuasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Dan yang paling harus kamu ingat, yaitu reward dari aplikasi ini hanya berlaku untuk setahun saja. Jika kamu tidak menggunakan saldo tersebut sampai melewati tanggal kadaluarsa, maka saldo tersebut akan hangus. Jadi sebaiknya saldo Google Play yang sudah terkumpul langsung segera digunakan saja,

Terlepas dari itu, Google Opinion Rewards sangatlah worth it digunakan untuk kamu yang ingin mencari penghasilan tambahan. Meskipun saldo atau uang yang didapatkan tidak banyak, tapi setidaknya kalau dikumpulkan selama beberapa bulan jumlahnya cukup lumayan.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)