Mengapa Kamu Mudah Merasa Bosan? Ternyata Ini Penyebabnya

Afif Dalma
February 22, 2019
0 Comments

Setiap orang pastinya pernah dan sering mengalami perasaan bosan. Perasaan bosan sendiri dapat terjadi ketika pikiran menginginkan sebuah perubahan, mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup serta keadaan yang monoton dari waktu ke waktu.

Merasa bosan memanglah suatu hal yang wajar, namun perlu juga dibatasi supaya gak keluar dari batas wajar. Sebab, kalau kamu terus menerus merasa bosan, hal tersebut tidak baik untuk kehidupanmu, karena segala aktivitas dan kegiatan yang ingin kamu kerjakan bisa terhambat nantinya.

Rasa bosan muncul karena beragam faktor dan keadaan. Sehingga timbulan jenis-jenis kebosanan, seperti misalnya bosan dengan pacar, bosan dengan pekerjaan, bosan dengan kuliah, bahkan sampai bosan dengan hidup. Lantas tahukah kamu kenapa kamu sering bosan? apa penyebab krusial yang sering buat kamu bosan?

Berikut adalah hal-hal yang "biasanya" menjadi penyebab kamu mudah merasa bosan :


1. Terlalu sering melakukan hal yang sama

Melakukan hal yang sama secara berulang-ulang tentunya sangat membosankan. Misalnya dalam perkuliahan, ketika kamu masih menjadi mahasiswa baru kamu pastinya senang dan ingin segera menjalani proses perkuliahan. Namun begitu memasuki tahun ketiga dan keempat, perasaan bosan mulai muncul dan timbul rasa malas yang luar biasa untuk kuliah.

Tapi sebenarnya itu semua bisa kamu akali dengan cara mencari hal-hal baru yang bisa menjadi alternatif pengusir rasa bosan yang kamu rasakan. Contohnya jika kamu sedang bekerja dikantor, bisa kamu barengi dengan bernyanyi kecil sambil bekerja.


2. Tidak tahu apa yang sedang kamu lakukan


Mengerjakan suatu hal yang kamu sendiri gak tahu untuk apa, tentu membuat hari-harimu menjadi hampa dan jadi merasa bosan. Kamu bekeja terus-menerus tanpa tahu untuk apa? Kuliah setiap hari tanpa ada tujuan yang ingin dicapai. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu membuat planning supaya segala hal yang kamu kerjakan memiliki arah yang jelas. Contohnya yaitu dengan mengerjakan hal-hal pokok (utama) sebelum mengerjakan hal-hal baru. Dengan begitu dapat menghindarimu dari rasa bosan.


3. Yang kamu lakukan bukan hal yang kamu sukai


Melakukan hal yang kita sukai secara terus-menerus saja bisa membuat bosan, apalagi hal yang gak kita sukai? Pasti bosannya sudah level maksimal. Salah satu tujuan kita hidup adalah untuk merasa bahagia kan? Walaupun seringkali ada pengorbanan sebelum perasaan bahagia itu datang.

Pastikan saja apa yang kamu lakukan dan kerjakan adalah hal yang sedang kamu sukai. Dengan begitu kamu akan terhindar dari kebosanan dan pekerjaan yang kamu lakukan akan terselesaikan dengan hasil yang memuaskan, karena apa? Karena kamu menikmati prosesnya.


4. Berada di lingkungan yang salah

Kenali kamu orang yang seperti apa. Kalau nggak terbiasa dengan keramaian, maka jangan memaksa untuk tetap berada di situasi tersebut. Kita semua berlatar belakang berbeda sehingga gak semua bisa berada dilingkungan yang sama. Misalnya ketika kamu masih kuliah kamu adalah anak yang pemalas dan selalu telat datang ke kampus, sementara di tempat kamu bekerja kamu diharuskan untuk disiplin, tentu kamu akan merasa tertekan dan tidak nyaman.


5. Mencoba menjadi diri orang lain


Ketika kamu berusaha menjadi orang lain, kamu akan kehilangan kehidupanmu yang sebenarnya. Hal ini tentu membuatmu jadi nggak bisa tampil apa adanya untuk menikmati hari-hari dalam hidupmu, sehingga akhirnya jatuh dalam rasa jenuh dan bosan. Sudah seharusnya kamu gak menjadi diri orang lain, karena setiap orang berhak menjadi diri nya sendiri. Nikmatilah hari-hari dalam hidupmu sebagai dirimu sendiri.


6. Tidak ada penyemangat


Hidup tanpa penyemangat sudah pasti akan membosankan. Sebab, dengan adanya penyemangat, maka kamu jadi punya sebuah alasan ketika ingin mengerjakan atau melakukan sesuatu. Dengan begitu, apa yang kamu lakukan jadi memiliki suatu tujuan yang jelas. Maka cobalah untuk mencari penyemangat, entah itu teman, fasilitas, ataupun pacar.


Bosan atau tidaknya yang kamu rasakan, itu semua tergantung bagaimana caramu menjalani hidup. Apakah kamu menikmati nya atau tidak. Jalankan saja dengan perasaan iklas, atau kamu bisa mencari solusinya agar rasa bosanmu tidak mempengaruhi perkembangamu dalam menjalani hidup.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)