Kecanduan Gadget? Ini Cara Mengatasinya! - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Kecanduan Gadget? Ini Cara Mengatasinya!

February 15, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - 1 Comments

Di zaman modern seperti ini gadget sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi sebagian manusia. Selain diperlukan agar mendapatkan informasi terupdate secara mudah, gadget juga berfungsi sebagai pengusir rasa bosan dan jenuh. Dengan bermain game ataupun chatting menggunakan sosial media. 

Dan menurut sebuah survei, setiap orang rata-rata meraih gadget mereka 80 kali sehari. Bahkan lebih dari setengah individu berusia 18 sampai 24 tahun mencari kesenangan dengan bantuan sosial media. Semakin banyak waktu orang memainkan gadget, maka semakin tinggi resiko kecanduannya.

Kecanduan pada gadget atau smartphone bisa menyebabkan kemampuan konsentrasi kita berkurang lho. Pada era 2000-an, kemampuan konsentrasi manusia rata-rata adalah 12 detik, dan sekarang turun menjadi 7 detik. Belum lagi kemampuan interaksi sosial dan pengelolaan emosi kita yang semakin menurun. Untuk mengatasi candu tersebut, simak ulasan berikut :


1. Niat Untuk Berubah

Untuk melawan kecanduan gadget, pertama kamu harus memiliki niat yang kuat untuk tidak bergantung pada gadget. Bisa kamu bayangkan, berapa banyak waktu yang terbuang percuma karena gadget? waktu yang tersita untuk bermain game dan berselancar di instagram itu bukankah bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat lagi?.


2. Hapus Sumber Virusnya

Instagram, Facebook, Mobile Legends, Pabji, Tiktok, hapuslah aplikasi yang sekiranya menjadi virus utama yang membuat kamu rela memandangi gadget berjam-jam. Dengan terhapusnya aplikasi tersebut, bisa membantu untuk menciptakan rasa malas untuk melihat gadget. Intinya jadikalah gadget begitu membosankan agar tidak sering-sering dilihat. 


3. Perbanyak Sosialisasi

Perbanyaklah sosialisasi dengan keluarga, teman dan orang-orang disekitar kamu. Carilah topik pembicaraan yang menarik, untuk mengalihkan perhatianmu dari gadget. Jauhkan gadget dari pandanganmu sejauh mungkin keika kamu sedang berkumpul, makan atau berinteraksi dengan sesama.


4. Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Saat liburan tiba, tingkat kebosanan seseorang akan meningkat tajam. Disaat itulah gadget akan menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Padalah masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan, misalnya bersih-bersih rumah, membaca buku, menonton film dan masih banyak lagi.

Aktivitas seperti ini perlahan-lahan akan membuat kita larut dalam suasana, sehingga lupa dengan gadget. Kalau kamu punya solusi lainnya, silahkan komen dibawah ya.
View: - Tags: Informasi, Teknologi

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)