8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Kuliah atau Kerja?

March 20, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - 2 Comments

Setelah lulus dari SMA atau sederajat pertanyaan seperti "Kuliah atau kerja?" menjadi hal yang lumrah, karena memang jalan hidup selanjutnya ditentukan oleh jawaban dari pertanyaan tersebut. Namun butuh banyak pertimbangan untuk bisa menentukan jawabannya, sebab kedua pilihan tersebut memiliki nilai plus nya tersendiri.

Jika kuliah, peluang mendapat pekerjaan bisa lebih besar. Ilmu yang di dapatkan dari kuliah tentu  tingkatannya lebih tinggi dari SMA atau sederajat. Otomatis kita dapat menambah pengetahuan tentang hal-hal yang belum kita dapatkan  saat masih di SMA. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari pegawai-pegawai dari lulusan universitas-universitas atau institusi lainnya. Jadi peluang untuk bekerja memang lebih besar.

Sementara apabila lebih memilih untuk bekerja, kita pastinya akan mendapat pengalaman kerja. Adanya sebuah  pengalaman kerja ini tentunya dapat memberikan sebuah pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan demgam mereka yang masih duduk dibangku kuliah. Mendapatkan sebuah pengalaman kerja, artinya kita selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya.

Lantas apakah setelah lulus kuliah akan menjamin dapat pekerjaan langsung? Semua itu belum dapat dikatakan terjamin. Lulusan universitas atau institusi pendidikan belum tentu dapat bekerja. Banyak sekali sarjana-sarjana yang bekerja bukan pada tempat seharusnya, mereka kadang bekerja dimana ijazah sarjana tidak terpakai, bahkan ada sarjana-sarjana yang tidak mendapat pekerjaan. Karena memang saat ini banyak perusahaan yang selain mencari lulusan perguruan tinggi juga pengalaman bekerja. Pengalaman bekerja itulah yang biasanya belum didapatkan oleh lulusan perguruan tinggi. Kalau kita kuliah pun belum tentu juga kita dapat menyelesaikannya dengan baik, terkadang mahasiswa banyak yang IP nya rendah hal itu pun akan mempengaruhi kesempatan dari bekerja. Apalagi jika kita salah masuk jurusan, bisa-bisa malah tidak lulus dari perguruan tinggi.

Terus gimana kalau bekerja dulu? tidak ada salahnya setelah lulus SMA atau sederajatnya kita langsung bekerja. Bahkan banyak yang beranggapan kuliah itu tidaklah penting, yang penting bagaimana cara kita agar mendapatkan pekerjaan.  Banyak perusahaan-perusahaan yang mencari Fresh Graduate atau lulusan-lulusan muda. Jadi banyak kesempatan untuk bekerja. Banyak orang sukses diluar sana yang hanya lulusan SMA atau sederajat, karena dari bekerja itulah pengalaman kita menjadi banyak untuk dapat dipelajari. Tapi biasanya, jika kita bekerja dengan mengandalkan ijazah SMA, kita tidak akan mendapatkan posisi yang tinggi dalam sebuah perusahaan karena memang untuk posisi atas biasanya pihak perusahaan mencari pegawai-pegawai yang tingkat pendidikannya lebih tinggi.

Oleh karena itu, kita harus bisa menentukan pilihan kita dari sekarang. Karena pilihan tersebut bisa jadi akan menentukan masa depan kita. Jika ingin berkuliah, carilah program studi yang sesuai dengan minat dan bakat. Dan apabila ingin berkerja, carilah sebuah pekerjaan yang bisa membuat kita berkembang dan memberikan banyak pengalaman.

View: - Tags: Pengetahuan
  1. Saya mau nanganin ya mas memang benar kuliah lulus belum tentu langsung dapat peluang perkejaan, kuliah itu menurut saya peribadinya ya mas kuliah itu untuk merubah pola pikir,dari yang enggak tau jadi tau kalau kita kuliah kuliah juga menurut saya untuk biar tau kita selama ini kita yang bodoh apa kita yang di bodoh" ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap. saya setuju dengan pendapat agan, karena pada dasarnya menuntut ilmu sangatlah penting dan memang harus diutamakan.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)