Pengetahuan

Mengenal Quantum Realm atau Dunia Kuantum dalam Fisika

Afif Dalma Afif Dalma
August 10, 2021
2 Comments
Home
Pengetahuan
Mengenal Quantum Realm atau Dunia Kuantum dalam Fisika



Bagi kalian yang pernah nonton film Ant-man pasti tidak asing lagi dengan yang namanya quantum realm. Terus kalian tau gak sih, apa itu quantum realm atau dunia kuantum? Nah.. kalo belum tau yuk simak artikel ini. Namun disini saya bukan membahas quantum realm versi Ant-man lho, tetapi quantum realm menurut para ilmuwan.

Lantas apa sih quantum realm atau dunia kuantum itu?

Dunia kuantum (quantum realm) adalah dunia energi, tidak terlihat tetapi ada dan terasa, halus dan sangat berperan dalam kehidupan kita. Secara umum dunia kita adalah realita atau kenyataan. Dimana kenyataan tersebut disusun dari kumpulan benda-benda yang ada di sekeliling kita. Contoh benda-benda yang ada di sekeliling kita misalnya kursi, buku, meja, lemari, tas, dll. Nah, benda juga bisa dikatakan sebagai suatu materi. 

Kemudian jika kita melihat benda atau materi tersebut lebih dalam lagi maka kita akan menemukan yang namanya molekul, contohnya seperti air minum. Di dalam air minum ada yang namanya molekul, dibalik molekul ada atom, dibalik atom dalam dunia ilmiah menyebutnya sebagai partikel, ada inti atom dan ada ada elektron yang mengelilinginya. Kemudian dibalik partikel itu masih terdapat suatu zat yang para ilmuwan sebut sebagai "quantum". 

Level quantum ini sudah tidak terlihat lagi, namun terasa getarannya. Quantum secara sederhana adalah paket-paket energi. Energilah yang menyusun semua materi yang ada di alam semesta. Jadi susunan materi itu dari dunia kenyataan-benda-molekul-atom-partikel-quantum-energi-super energi.


Memahami Quatum bagi orang yang awam fisika memang sungguh tidak mudah. Namun ahli-ahli fisika menyimpulkan beberapa hal mengenai dunia kuantum, antaralain :

1. Segala yang ada di dunia ini bukan berasal dari benda padat tapi berasal dari ruang hampa, yang berupa energi yang tak tampak dan bergetar. Segalanya yang kita lihat bukanlah benda padat seperti yang terlihat.

2. Setiap benda padat terdiri dari molekul-molekul dan molekul-molekul itu terdiri dari atom-atom. Seluruh dunia fisik dimana kita berada termasuk diri kita sendiri adalah terdiri dari bukan apa-apa kecuali energi yang bergetar. Fenomena ini mencipatakan sebuah illusi yang membuat persepsi yang seolah-olah benda padat itu merupakan kenyataan, padahal sebenarnya bukan.

3. Para ilmuwan menemukan bahwa realitas obyektif (kenyataan) sesungguhnya tidak lebih dan hanyalah merupakan ilusi.

4. Saat Roh menguasai tubuh fisik secara sempurna maka dalam diri manusia tersebut berlaku hukum Fisika Quantum. Dalam hukum fisika quantum tidak ada lagi jarak dan waktu. Dan alam semesta ini hanyalah vibrasi energi.

5. Ilmuwan telah membuktikan dalam “teori kuantum superposisi”, bahwa suatu benda bisa berada di dua dimensi yang berbeda pada waktu yang sama.

6. Kesadaran kuantum adalah teori kesadaran yang mendasari keterhubungan semua orang dan segala sesuatu dan didasarkan pada fakta bahwa medan kuantum dapat menjangkau segala sesuatu bahkan yang jauh di ruang angkasa.

7. Pada kecepatan cahaya, masa lalu, masa kini, dan masa depan semua bisa ada secara bersamaan. Jika seseorang bisa melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya, mereka akan menjadi abadi.

8. Manusia bergerak menuju suatu tingkatan kesadaran yang semakin tinggi dan pada akhirnya berada dalam posisi paralel / selaras dengan sumbernya. Manakala keselarasan itu terjadi, hal yang ada dalam alam pikirannya, bisa terwujud berupa materi.

9. Waktu mengalir baik maju dan mundur secara simetris dan relatif – sebuah konsep yang membuat perjalanan waktu menjadi mungkin.

10. Lanza berpendapat bahwa beberapa alam semesta dapat eksis secara bersamaan. Dalam satu alam semesta, tubuh bisa mati. Dan di dimensi yang lain kesadaran terus ada, kemudian bermigrasike alam semesta ini. Ini berarti bahwa orang mati saat bepergian melalui terowongan yang sama berakhir tidak di neraka atau di surga, tetapi di dunia yang sama seperti yang dihuni sebelumnya (berreinkarnasi).

11. Lanzajuga berpendapat bahwa kehidupan tidak berakhir ketika tubuh mati,

12. Teori biocentrisme menyiratkan bahwa kematian kesadaran sama sekali tidak ada., Umumnya orang mengidentifikasikan dirinya dengan tubuh mereka, maka ketika tubuhnya mati, mereka mengira kesadarannya juga mati. Tubuh pasti akan binasa, cepat atau lambat, tetapi kesadaran abadi

13. Fisika quantum juga menegaskan bahwa setiap interaksi antara individu dengan semua makluk akan mempengaruhi segala sesuatu di alam semesta ini.


Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Quantum Realm atau dunia kuantum menurut ilmu fisika. Semoga penjelasan diatas bisa membuat teman-teman paham tentang dunia kuantum tersebut.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

2 comments

  1. Unknown
    Unknown
    April 14, 2021
    Gara gara nonton seishun buta yarou,gua malah jadi belajar Quantum realm,makasih Aobuta
  2. Ridsal
    Ridsal
    March 14, 2019
    Jadi belajar fisika nih. Kalau gak salah pernah juga dipelajari yang berhubungan dengan asal mula terciptanya planet. Bermula dari energi, lalu membentuk partikel. Pembentukan terus terjadinya hingga sampai membentuk kabut yang lama-kelamaan terbentuk planet. Jadi masuk akal juga ilmuwan bilang alam kita tidak nyata kalau melihatnya dari dunia kuantum..
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)