8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

July 08, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - 1 Comments

Menjadi mahasiswa merupakan suatu kebanggan tersendiri, apalagi bagi mereka yang menjadi mahasiswa di perguruan tinggi yang sudah lama diidam-idamkan serta jurusan yang mereka kuasai. Selain bangga, hal tersebut pastinya membangkitkan semangat untuk belajar bukan?

Tetapi kamu perlu tahu, bahwa untuk memilih jurusan kuliah ternyata tidaklah mudah lho. Banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan, agar nantinya tidak salah jurusan. 

Bagaimana nantinya kalau sampai salah jurusan? Tentunya studi yang kamu lakukan pasti tidak akan berjalan dengan baik dan kuliah pun dilakukan dengan setengah-setengah. Hati dan pikiran yang tidak fokus akan berdampak buruk terhadap nilai yang didapat kelak. Tentunya kamu gak ingin hal itu terjadi kan?

Simak ulasan tentang tips dalam memilih jurusan kuliah berikut ini.

1. Apa yang kamu sukai dan kuasai.

Tips pertama adalah melihat dan mengetahui tentang apa saja yang benar-benar kamu sukai atau bidang apa saja yang kamu kuasai. Gak harus mengenai mata pelajaran, tapi aspek lain yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan materi pelajaran. Misalnya kamu senang dengan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis atau kamu menguasai strategi pemasaran karena sering membantu orangtua berjualan, maka memilih jurusan akuntansi atau manajemen adalah hal yang tepat.

2. Kalau perlu ikuti cita-cita kamu

Banyak mahasiswa yang mengesampingkan hal ini, demi memilih jurusan yang 'katanya' akan menjamin pekerjaan setelah lulus, nyatanya mereka malah sama sekali tidak mengerti tentang jurusan tersebut. Jadi apa salahnya jika kamu mengambil jurusan demi menggapai cita-citamu? Dengan masuk ke dalam jurusan yang sejalan dengan cita-citamu, tentunya kamu akan berusaha semaksimal mungkin demi meraih hasil yang memuaskan bukan?

3. Peluang kerja

Tujuan akhir semua mahasiswa setelah lulus tentunya mendapat sebuah pekerjaan yang layak. Jangan lupa untuk memperhatikan jurusan yang kamu pilih. Apakah nantinya jurusan tersebut memberi peluang kerja yang cukup besar atau tidak. Namun, jangan sampai kamu memaksakan masuk ke sebuah jurusan karena jurusan tersebut dirasa memiliki peluang kerja sangat besar.

Karena faktanya ada banyak pekerjaan yang dijalani tanpa harus menyesuaikan dengan jurusan atau pendidikan yang didapat. Tapi setidaknya hal ini akan membuat upaya kamu untuk mendapatkan pekerjaan jadi lebih mudah ketika sudah lulus kuliah nanti.

4. Jangan ikut-ikutan orang lain

Jangan pernah memilih jurusan karena jurusan tersebut banyak dipilih oleh teman-temanmu. Karena bisa saja nantinya jurusan tersebut cocok untuk temanmu, namu sangat tidak cocok denganmu. Oleh sebab itu jika kamu ingin sukses maka kamu harus menentukan sendiri jalanmu, karena yang membuat kamu sukses adalah dirimu sendiri, bukan teman-temanmu. 

5. Ketahui akreditas jurusan

Salah satu hal penting saat kamu ingin memilih jurusan adalah melihat tingkat akreditasnya. Akreditas bisa memberikan indikasi bahwa jurusan tersebut memiliki kredibilitas terpercaya. Selain itu, tingkat akreditas juga mempengaruhi penilaian disaat kamu ingin melamar kerja, ataupun saat kamu ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

6. Biaya kuliah

Nah tips yang satu ini juga perlu diperhatikan. Kamu harus melihat untuk jangka waktu yang panjang, biaya apa saja nantinya harus kamu keluarkan. Perlu kamu ingat, pendidikan di universitas membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika dirasa orangtua mu kesulitan untuk membiayai kuliah, jangan sampai kamu membebani orangtua, apalagi hanya karena ingin berkuliah di universitas ternama.  


Nah, dari ke-enam kunci diatas kamu pasti bisa menemukan jurusan kuliah yang tepat. Memilih jurusan kuliah itu bukanlah hal yang mudah, karena jika kamu salah memilih, maka akan berdampak pada dirimu sendiri lho. Jadi pilihlah jurusan kuliahmu dengan bijak ya.

View: - Tags: Informasi
  1. Min saya mempunyai kendala lokasi tempat kuliah di inginkan, jauh dari tempat saya berada.. Akan tetapi saat ini saya mengambil jrusan kulia yg sama namun di unversitas terdekat dari tempat saya tinggal.. Kira-kira apakah berpengaruh untuk hasil dan ilmu wawasan, pengetahuan ??

    Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)