Benarkah Kepribadian Ganda itu ada? - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Benarkah Kepribadian Ganda itu ada?

August 20, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - 2 Comments

Kalau bercerita mengenai kepribadian ganda, siapa sih yang gak penasaran sama gangguan mental yang satu ini? Tentunya kalian penasaran bukan, tapi ada juga beberapa orang yang gak percaya dengan gangguan tersebut. Banyak film yang menceritakan mengenai orang yang memiliki kepribadian ganda, dimana orang yang awalnya memiliki kepribadian baik tiba-tiba berubah menjadi pribadi yang jahat, dan beberapa saat kemudian kepribadiannya berubah lagi menjadi seperti biasanya.

Cerita mengenai orang yang memiliki kepribadian ganda tentunya cuma ada di film. Namun banyak yang berpikir bahwa kepribadian ganda adalah sesuatu yang nyata. Gangguan ini bisa disebabkan akibat trauma berat di masa kanak-kanak, atau juga karena kekerasan fisik, seksual, emosional yang dialami secara berulang-ulang. Tapi benarkah jika seseorang bisa memiliki kepribadian ganda? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu kepribadian ganda?

Kepribadian ganda atau istilahnya Dissociative Identity Disorder (DID) merupakan bentuk dari kondisi psikologis yang terbelah yang menghasilkan kurangnya koneksi dalam pikiran seseorang, baik ingatan, perasaan, identitas, maupun tindakan. Hal ini disebabkan oleh trauma yang disebabkan si penderita. Alhasil terbentuklah kepribadian lain yang dengan nama, usia, jenis kelamin, hobi, dan kebiasaan yang jauh berbeda dari pribadi aslinya.


Seorang psikiater (Colin Ross di Charter Hospital of Dallas tahun 1989) pernah melakukan sebuah survei yang memberikan banyak bukti pendukung bahwa kepribadian ganda bukanlah sebuah kepura-puraan. Kebanyakan para penderita kepribadian ganda memiliki 16 kepribadian. Berbagai kepribadian itu berasal dari pasien dengan berbagai usia, jenis kelamin, ras dan bahkan spesies.

Untuk dapat mendiagnosa orang yang berkepribadian ganda bukanlah suatu perkara yang mudah. Meskipun kepribadian ganda seseorang dapat diidentifikasi dari berubah-ubahnya tulisan tangan, pola suara, ukuran plus minus pada kacamata dan alergi. Dan menurut sebuah gagasan mengenai kepribadian ganda, dikatakan bahwa terdapat perbedaan biologis pada penderita DID dalam laju pernapasan, pola gelombang otak dan konduktansi kulit, serta ukuran gairah yang diterima.

Lantas apakah kepribadian ganda itu benar-benar ada?

Di zaman yang semakin berkembang, tentu banyak orang yang ragu jika gangguan mental ini benar-benar ada. Bahkan para ahli sekalipun mengatakan untuk memahami perkembangan dari kepribadian ganda itu benar-benar sulit, bahkan mustahil. Tentunya hal tersebut membuat gangguan kepribadian ganda menjadi masalah kontroversial di kalangan pakar kesehatan mental. Mereka juga mempercayai kalau gangguan mental merupakan suatu kategori penyakit kejiwaan tersendiri. Adapun yang mengatakan bahwa kepribadian ganda hanyalah orang yang ahli dalam berakting, sehingga cukup sering gangguan kepribadian ganda dianggap sebagai gangguan yang mengada-ngada.

Lalu bagaimana denganmu, apakah kamu percaya dengan gangguan kepribadian ganda? Yuk berikan pendapatmu di kolom komentar.
View: - Tags: Pengetahuan

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)