8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Desainer Grafis di Era Teknologi

August 06, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Pesatnya perkembangan teknologi tentu membawa berbagai dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Seperti halnya desain grafis atau komunikasi visual yang memiliki keterkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Ini dibuktikan lewat sebuah survei yang menyatakan bahwa hampir 90 persen informasi yang masuk ke otak kita adalah gambar (visual), dimana orang-orang merespon sebuah informasi lebih baik lewat visual ketimbang sebuah teks saja. 

Tentu hal diatas tak terpisahkan dari sepak terjang para desainer grafis yang menggeluti dunia desain. Namun tahukah kamu, bahwa saat ini aktivitas desain grafis instan makin marak. Berbagai penggunaan desain siap pakai seperti template atau mockup telah menggantikan desain yang benar-benar dimulai dari nol dan riset yang dianggap mahal dan bertele-tele. Dan pada akhirnya desain makin tidak dipandang sebagai proses mencari solusi, melainkan hanya sekedar make-up atau dekorasi belaka.

Sehingga banyak orang yang beralih profesi menjadi desainer grafis. Fenomena ini merupakan manifestasi dari perkembangan teknologi dalam bidang desain, dan dalam konteks desain ini, siapapun bisa menjadi seorang desainer. Bahkan hanya bermodalkan sebuah gadget saja seseorang sudah bisa mendesain melalui sebuah aplikasi desain instan yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis.


Karena pekerjaan desain yang semakin dipermudah, pastinya ini akan berimbas kepada para desainer grafis, yang lama kelamaan posisi desainer tidak harus dipegang oleh orang yang berlatar belakang desain, yang penting memiliki pemikiran terbuka dan kreativitas tinggi.

Sangat berbeda disaat teknologi belum berkembang begitu pesat, dimana kala itu orang-orang atau perusahaan harus menggunakan jasa desainer grafis untuk membuat desain proyek yang mereka inginkan. Walaupun begitu, di zaman sekarang masih banyak orang yang membutuhkan jasa dari desainer grafis. Namun tetap saja masih ada orang yang beranggapan bahwa pekerjaan seorang desainer grafis itu terlihat mudah dan enteng. 

Mungkin kedepannya desain bukan lagi sebuah bidang yang berdiri sendiri, karena keberadaannya makin lama makin tak terlihat sebab desain melebur dengan bisnis, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Oleh karena itu apabila kamu berkeinginan menjadi seorang desainer grafis, kamu tentunya harus mengasah keterampilanmu dalam hal teknologi serta mengantongi berbagai macam pengetahuan tentang bidang-bidang baik didalam maupun diluar desain, supaya kamu bisa bersaing di era teknologi seperti sekarang ini. 


View: - Tags: Pengetahuan