Penjelasan Tentang Path - Shingeki no Kyojin - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Penjelasan Tentang Path - Shingeki no Kyojin

August 16, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Memasuki chapter terakhir, satu per satu misteri yang ada di Shingeki no Kyojin akhirnya mulai terungkap, salah satunya yaitu kenapa Eren Kruger bisa mengetahui Mikasa dan Armin. Hal tersebut dapat terjadi karena ingatan yang diakses oleh titan shifter tidak hanya ingatan milik para pendahulunya, tetapi bisa juga mengakses ingatan shifter dimasa depan. Mereka terhubung oleh sesuatu tak kasat mata yang disebut dengan Path (jalur).

Path berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan beberapa hal seperti ingatan, kehendak, bahkan para titan. Path hanya bisa diakses oleh subjek Ymir yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi titan (shifter). Dan hal ini bisa menjelaskan mengapa kekuatan dari sembilan titan akan di wariskan secara acak apabila terdapat seorang shifter mati tanpa dimakan, itu karena mereka (subjek Ymir) terhubung oleh path.


Jalur tersebut tampaknya diperkuat oleh hubungan darah, seperti ingatan tentang Sumpah Karl Fritz untuk meninggalkan perang, ingatan tersebut hanya diwariskan kepada keluarganya sendiri. Kemungkinan hal tersebut berlaku bagi keluarga Ackerman, yang juga terhubung satu sama lain melalui sebuah jalur, dengan mendapatkan pengalaman pertempuran semua Ackerman masa lalu ketika mereka terbangun.

Selain sebagai penghubung, path merupakan tempat berasalnya kekuatan titan, daging dan tulang yang membentuk tubuh titan, serta sebagai titik koordinat, perintah dari jeritan titan. Ketika jalur dilintasi, titik tersebut dikenal sebagai "koordinat", dan Founding Titan adalah koordinat yang membuat semua subjek Ymir dan para titan saling terhubung. Ia memiliki kemampuan untuk mengubah kenangan Subjek Ymir, mengubah komposisi tubuh subjek Ymir, mengubah subjek Ymir menjadi titan (bahkan menjadi kolosal), dan memerintahkan semua Titan lainnya. 


Menurut Tom Xaver, subjek Ymir merupakan bagian dari tubuh Titan Pendiri, di mana pun mereka berada. Dan di dalam path sendiri, koordinat dimanifestasikan sebagai suatu pilar cahaya raksasa yang bercabang seperti pohon. Tempat tersebut dihuni oleh sesosok anak kecil yang ternyata merupakan wujud dari Ymir Fritz. 

Ymir Fritz mendiami tanah itu sebagai seorang gadis kecil yang membawa sebuah ember. Ia mampu menciptakan apa pun dari tanah yang ada di dunia path. Ia merupakan penyebab dari transformasi dan regenerasi Titan, karena dialah yang membentuk tubuh mereka setiap kali kekuatan para Titan dipanggil. Yang membuat saya terkejut tak lain karena wujud asli dari Ymir Fritz merupakan seorang budak tanpa keinginan, bukan merupakan seorang raja. 



Menurut penjelasan Zeke, Ymir Fritz hanyalah seorang budak yang hanya menurut pada masternya (orang yang memiliki darah bangsawan). Jika perwujudan Ymir Fritz hanyalah seorang budak, lantas mengapa dia membuat perjanjian dengan iblis guna mendapatkan kekuatan titan? Ada sebuah teori mengatakan bahwa iblis yang dimaksud adalah Eren Yeager, dan Ymir Fritz adalah anak dari Historia Reiss.


Artinya mungkin saja akhir dari cerita Shingeki no Kyojin akan menjadi sebuah plot twist. Hal tersebut bisa saja terjadi, sebab path sendiri melampaui ruang fisik, bahkan melampaui ruang waktu juga. Seperti Eren Kruger yang memiliki kenangan tentang Mikasa dan Armin bahkan sebelum mereka dilahirkan. Atau saat Eren kecil dan Grisha yang bisa melihat Eren dan Zeke yang sedang mengunjungi ingatan milik Grisha. Walaupun saya sendiri masih bingung arti path sebenarnya, apakah sebagai jalur penghubung atau sebuah tempat berkumpulnya subjek Ymir. Berikan pendapatmu.
View: - Tags: Shingeki no Kyojin