8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Review Shingeki no Kyojin Chapter 122 "From you, 2000 Years ago"

October 05, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Yosh.. Setelah penantian selama sebulan akhirnya manga Shingeki no Kyojin update lagi. Sebelumnya pada panel terakhir Shingeki no Kyojin chapter 121 kita diperlihatkan dengan Eren  yang mencoba menghentikan laju Ymir Fritz dari perintah Zeke. Lantas bagaimana kelanjutannya di chapter terbaru ini? Skuy langsung aja simak ulasan Shingeki no Kyojin chapter 122 di bawah ini, karena misteri-misteri yang ada di dalam cerita ini sudah mulai terungkap satu per satu.

Apa saja hal yang terjadi dan terungkap pada Shingeki no Kyojin chapter 122?


1. Sejarah Ymir Fritz


Ymir Fritz ternyata memiliki masa lalu yang terbilang amat kelam dan tragis sebagai seorang budak, pasalnya pada chapter 122 kita di suguhkan dengan flashback masa kecil Ymir Fritz sebagai seorang budak. Namun ternyata para budak lainnya sepertinya tidak menyukai Ymir, hal ini terbukti ketika sang raja somplak mengancam para budak hanya karena kehilangan babi-babinya, para budak yang takut akan ancaman raja somplak akhirnya secara serentak menuduh Ymir sebagai pelaku dari pelepasan babi milik si raja somplak.

Ymir yang memahami posisinya sontak langsung bersujud meminta maaf kalo gak ia terjatuh karena kecewa dengan para budak lainnya karena menuduhnya, entah gue juga gak tau, namun yang pasti dia seperti rela akan situasinya karena ia tau gak bakal bisa melawan. Dan si raja somplak ini memberikan hukuman kepada Ymir, yaitu membebaskannya, yap membebaskannya seperti Ymir membebaskan babi-babi milik si somplak. Ymir berlari ke hutan sambil di panahi oleh anak buah si somplak hingga tubuh Ymir penuh dengan luka sampai-sampai ia menangis.

2. Asal Muasal Kekuatan Titan


Lagi-lagi Hajime Isayama memberikan sebuah kejutan, kali ini mengenai asal muasal kekuatan titan. Padahal kita sudah hampir percaya bahwa kekuatan titan merupakan hasil dari perjanjian Ymir dengan iblis, namun sepertinya itu salah. Ymir mendapatkan kekuatan titan setelah memasuki pohon misterius, dan tenggelam (?) di dalam pohon tersebut, hingga akhirnya ia menyatu/menyentuh sesuatu (para fans menyebutnya organism) dan membuatnya bertransformasi menjadi titan yang pertama di bumi. 

Titan Ymir berperawakan menyeramkan dengan ukuran sebesar Colossal, bahkan mungkin lebih besar lagi, tetapi kekuatan sejatinya tidak dijelaskan secara rinci pada chapter ini, titan Ymir dikatakan hanya membuka jalan, membajak tanah, membangun jembatan, dan memerangi kaum Marley.

3. Kaum Eldian Pantas disebut Iblis?



Kekuatan titan Ymir akhirnya disalahgunakan oleh raja somplak, bahkan ia sampai meluncurkan aksi bejatnya dengan membuat anak bersama Ymir, dengan alih-alih sebagai hadiah atas kerja kerasnya, padahal mah cuma mau kencan total doang :v. Mereka pun dikaruniai 3 orang anak yaitu Maria, Rose, dan Shina yang kita kenal sebagai nama tembok di pulau Paradise.

Tak lama setelah itu, Ymir mati karena sebuah insiden, sehingga si raja somplak ini merasa kehilangan (kehilangan senjata tempurnya). Dan juga kematian Ymir tak membuat raja somplak ini kapok, malahan otaknya tambah geser dengan menyuruh ketiga anaknya memakan daging mayat ibunya yang sudah dimutilasi. 

Hal tersebut menjadi jawaban tentang bagaimana cara Ymir sebagai shifter pertama mewariskan kekuatan titannya. Namun saya masih penasaran, kok ketiga anak ini bisa dapet kekuatan titan dengan cara seperti itu? Hmmmm. Mungkin saja seluruh bagian tubuh Ymir sudah terkontaminasi (terkontaminasi gak lu) dengan sesuatu/organism yang menempel atau menyatu pada dirinya, sehingga ketiga anak ini sama aja memakan organism tersebut.

Lantas apakah cara ini juga digunakan untuk mewariskan kekuatan titan kepada anak-cucu mereka bertiga? Hanya Hajime yang tau.

Lalu sebelum si somplak ini mati, ia berpesan kepada ketiga anaknya untuk mewariskan titan Ymir sampai ke cucu-cucunya, ia mengatakan bahwa "mereka (Eldian?) harus terus memimpin dan kemempimpinan kita tidak akan pernah berakhir". Oh iya, setelah melihat flashback Ymir, mengenai shifter titan yang hanya memiliki waktu 13 tahun, sepertinya hal itu didasarkan oleh kematian Ymir yang mati setelah 13 tahun menggunakan kekuatan titannya.

4. Rencana The Rumbling berhasil?


Seperti kata Grisha bahwa rencana Zeke tidak akan pernah berhasil, padahal tinggal sedikit lagi Zeke bisa memerintahkan Ymir menggunakan kekuatan koordinat. Namun sayangnya Eren dapat menggagalkan perintah tersebut dan menghentikan laju Ymir dengan mengatakan bahwa dirinya akan mengkahiri dunia dan membebaskan Ymir dari statusnya sebagai budak. Entah Eren bersungguh-sungguh atau tidak, tapi disini Ymir menangis setelah mendengar kata-kata yang Eren lontarkan.

Memasuki penghujung chapter kita pun dilihatkan kembali dengan dunia luar yang ternyata perjalanan Eren dan Zeke di dunia path hanya sepersekian detik di dunia luar. Eren yang kepalanya terpenggal malah mengeluarkan sesuatu seperti organism yang menempel/menyatu pada Ymir. Bersamaan dengan itu tembok di pulau Paradise mulai beruntuhan dan chapter kali ini ditutup dengan siluet wujud titan kolosal dinding serta Eren yang sedang bertransformasi menjadi titan. 

Penutup

Chapter kali ini sudah cukup untuk menjawab misteri-misteri yang muncul saat serial ini masih berada di arc-arc sebelum timeskip, walaupun dengan terpecahkannya misteri tersebut justru malah menimbulkan sebuah tanda tanya lagi. 

Sebut saja seperti organism jenis apa yang bisa menciptakan kekuatan maha dahsyat seperti kekuatan titan? Atau mengenai peran seperti apakah yang akan dimainkan oleh Annie Leonhart mengingat hingga saat ini dirinya tak kunjung ditampilkan. Hajime Isayama sungguh terlalu dalam membuat para fansnya berspekulasi mengenai Attack on Titan.

Lantas tragedi apalagi yang akan terjadi setelah ini? Akankah seluruh dunia rata dengan tanah? Atau hal mengejutkan lainnya akan terjadi? Mari kita nantikan.
View: - Tags: Shingeki no Kyojin