Shin Tae-yong atau Luis Milla? Dua Kandidat Kuat Pelatih Timnas Indonesia - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Shin Tae-yong atau Luis Milla? Dua Kandidat Kuat Pelatih Timnas Indonesia

November 26, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - 1 Comments

PSSI sebelumnya telah mengumumkan dua kandidat kuat yang akan mengisi kekosongan kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Dua kandidat tersebut antaralain adalah Shin Tae-yong dan Luis Milla Aspas. Pelatih baru tim merah-putih akan diumumkan paling lambat pada awal bulan Desember 2019.

Seperti yang kita tahu, saat ini Tim Nasional sepak bola Indonesia sedang menjalani laga kualifikasi piala dunia 2022. Indonesia tergabung di dalam grup G bersama Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Dalam lima laga yang telah dimainkan pada ajang kualifikasi piala dunia ini, Indonesia belum sekalipun meraih kemenangan, Tim yang di nahkodai oleh Simon McMenemy ini menjadi tim underdog setelah menelan 5 kekalahan beruturt-turut.

Hal tersebut tentunya membuat kecewa para pecinta sepak bola di tanah air, yang akhirnya mendesak Simon McMenemy untuk segera melepas statusnya sebagai arsitek Timnas Indonesia. PSSI yang mendengar hal tersebut langsung mengambil tindakan cepat dengan memecat Simon McMenemy dan mengumumkan kandidat pelatih baru.

Publik sepakbola Indonesia tentunya masih sangat asing dengan nama Shin Tae-yong. Shin merupakan mantan pelatih Timnas Korea Selatan. Shin pernah menahkodai tim berjuluk Taeguk Warriors itu pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Walaupun gagal untuk lolos dari fase grup, Korea Selatan mencatat sejarah dengan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0. Tak hanya sampai disitu, prestasi Shin Tae-yong lainnya yaitu pernah membawa Timans Korsel U-20  melaju ke babak final di Piala Dunia U-20 2019 Polandia.


Beberapa saat lalu Shin Tae-yong sendiri sudah memenuhi panggilan dari PSSI untuk mempresentasikan visi dan misinya sebagai calon pelatih Timnas Indonesia. Pelatih yang berusia 49 tahun ini juga turut menyampaikan program kepelatihan serta berdiskusi mengenai sepak bola Indonesia di hadapan Ketua Umum PSSI dan jajaran pengurus PSSI lainnya. Apabila dirinya dipercaya menukangi Timnas Indonesia, Shin berjanji akan membawa beberapa staf pelatih yang membantunya membawa Kosel tampil di Final Piala Dunia U20 di Polandia tahun 2019. 

Sementara kandidat lainnya yaitu Luis Milla yang sampai saat ini belum juga bertemu dengan PSSI. Luis Milla tentunya sudah sangat dikenal oleh publik sepak bola tanah air. Ia pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2017 hingga pertengahan tahun 2018. Kala itu kiprahnya bersama tim Garuda harus terhenti karena PSSI tidak memperpanjang kontraknya saat setelah gelaran Asian Games 2018. 


Walaupun Luis Milla belum mendapatkan torehan prestasi yang cukup berharga kala melatih tim Garuda, tetapi dirinya mampu membawa angin segar bagi skema permainan dalam Timnas Indonesia. Luis Milla mampu menghibur para pecinta sepak bola tanah air dengan taktik yang diterapkannya.

Kedua pelatih tersebut tentunya memiliki pengalaman, prestasi serta visi dan misinya masing-masing. Namun apabila disuruh memilih, maka saya lebih cenderung ke Shin Tae-yong. Sebab pelatih dari Asia "mungkin" lebih memahami tipikal permainan kita dibandingkan pelatih asal Eropa. Kita juga dapat berkaca pada sepakbola Vietnam yang saat ini dinahkodai oleh pelatih asal Korsel yaitu Park Hang Seo. Sudah banyak sekali prestasi yang diraih oleh Park bersama tim yang berjuluk The Golden Star tersebut.

Baik Shin Tae-yong ataupun Luis Milla yang nantinya menjadi pelatih Timnas Indonesia, tentunya para pecinta sepak bola di tanah air sangat mengharapkan pelatih baru ini dapat membawa kemajuan bagi persepakbolaan Indonesia kedepannya. 

Lantas menurutmu siapakah yang cocok untuk menukangi Timnas Indonesia saat mengarungi Piala AFF 2020 dan kualifikasi Piala Asia 2023 nanti?
View: - Tags: Timnas

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)