Benarkah Rasa Takut Bisa Mengundang Setan Datang?

Afif Dalma
December 24, 2019
16 Comments


Setiap manusia pasti mempunyai rasa takut akan sesuatu. Rasa takut ini biasanya muncul disaat manusia mengalami kejadian yang berbahaya ataupun kejadian yang bisa mengancam keselamatan dirinya. Perasaan takut tentunya merupakan hal yang wajar dan manusiawi bagi setiap orang. Tentu selama rasa takutnya tersebut nggak berlebihan.

Sama halnya ketika kamu takut terhadap hal-hal yang berbau mistis, khususnya sesuatu yang tak kasat mata. Tentu saja wajar kalau kamu takut dengan "mereka" (setan), sebab setan seringkali digambarkan sebagai sosok makhluk yang berperawakan menyeramkan. Seseorang yang memiliki ketakutan terhadap makhluk halus atau setan disebut dengan istilah Phasmophobia

Apabila kamu memang takut dengan hal-hal tak kasat mata, hal pertama untuk membentengi diri dari rasa takut tentunya dengan selalu berdoa supaya. Sebab ada beberapa orang yang mengatakan kalau rasa takut yang berlebihan terhadap setan justru menjadi undangan bagi mereka untuk datang menghampirimu. 

Masa sih? Yuk simak artikel berikut.

1. Kamu percaya bahwa mereka ada di sekitarmu


Rasa takut terhadap setan biasanya muncul secara tiba-tiba ataupun muncul di waktu-waktu tertentu, misalnya saat sedang sendirian di rumah, di tempat gelap atau di tempat angker. Dan ketika rasa takutmu ini muncul, maka secara gak sadar kamu percaya bahwa mereka memang ada di sekitarmu dan sedang mengawasi gerak-gerikmu.

2. Setan bisa merasakan rasa takutmu


Setan merupakan makhluk tak kasat mata, mereka dapat berada di mana saja bahkan bisa saja di belakangmu. Untuk itu ada baiknya supaya kamu tidak menunjukkan rasa takutmu terhadap mereka. Sebab dikatakan bahwa setan dapat merasakan rasa takutmu lewat energi negatif yang kamu pancarkan akibat rasa takut. Kalaupun kamu takut, kamu harus bisa mengatasi rasa takutmu supaya tidak memancarkan aura negatif yang berlebihan

3. Rasa takutmu adalah undangan bagi mereka


Secara kasat mata, kita memang tidak akan pernah tahu dimana mereka berada. Namun setan gak akan datang dengan mudahnya apabila kamu enggak membuka diri kepada mereka. Membuka diri disini maksudnya bukan mencoba berinteraksi dengan setan, tetapi saat kamu merasakan takut yang berlebihan berarti kamu membuka diri supaya mereka datang menghampirimu.

4. Setan akan merasa dirinya lebih kuat darimu


Apabila ketakutanmu sudah berada dipuncak, maka sama saja kamu memberikan sebuah energi untuk mereka dan membuat mereka berfikir bahwa kamu lemah, karena belum diapa-apain aja kamu udah ketakutan duluan. Alhasil bisa jadi setan mulai berani mengganggumu, entah gangguan kecil maupun gangguan yang luar biasa, bahkan tak menutup kemungkinan setan juga akan menampakkan wujud indahnya. 

5. Rasa takut dapat membuatmu berhalusinasi


Rasa takut yang berlebihan juga dapat membuatmu berpikir yang enggak-enggak, sehingga pikiran tersebut terus membayang dan membuatmu berhalusinasi dan mengada-adakan sesuatu yang memang tidak ada. Seperti misalnya kamu melihat Pocong, padahal itu cuma guling yang sedang digantung di luar kamar, ataupun kamu merasa melihat Kuntilanak padahal itu cuma baju putih yang melayang tertiup angin di ruang tamu.


Oleh karena itu, mulai sekarang marilah kita buang jauh-jauh rasa takut tersebut. Bagaimana caranya? Yaitu dengan selalu berfikir positif, dan jangan lupa untuk selalu membentengi diri dengan iman yang kuat ya. Menurutmu kalian gimana teman-teman, apakah benar rasa takut itu bisa membuat setan mendekat? Yuk bagikan pendapatmu serta pengalamanmu di kolom komentar.
  1. Nurul Sufitri

    Hihihihiiiiiiiiiii aku nih termasuk orang yang penakut wkwkwkwkwk :) Apalagi kalau lagi sendirian di rumah pas malam hari ih ngeri. Kata tetangga2ku, depan rumahku yang kebun seluas 7.000 m2 itu ada kuntilanaknya :( Alhamdulillaah sih mereka ga pernah menampakkan diri ke keluargaku. Oooog, begitu ya, kalau setan ternyata bisa mencium rasa ketakutan kita?

    Reply
  2. nurul rahma

    Memang terwajib membentengi diri dgn banyak doa, ya.
    Baca al-Ma'tsurat (doa2 yg dicontohkan Rasul) tiap pagi dan petang
    Makasiii tipsnya

    Reply
  3. Bondan Murdani Soleh

    Ya benar berpikiran positif dan merasa super jika sendirian adalah obatnya.
    kita adalah makhluk ang punya banyak keutamaan.

    Reply
  4. Aisyah Dian

    Beneer sekali, semakin Kita merasa takut entahlah kenapa sayup-sayup Makin terdengar sesuatu yang Tak seharusnya Kita dengar, ternyata setan bisa mencoum aroma ketakutan Kita ya

    Reply
  5. Priyo Harjiyono

    duh sepertinya aku kesasar di artikel ini kak, aku sendiri percaya hantu setan itu ada tapi ya gak mau takut2 banget meski sejak kuliah hobi pulang di atas jam 1 malem, mana lewat makam diatas puncak gunung

    Reply
  6. Agustina Purwantini

    Astagaaaa kukira semua orang takut setasn, gak ada isyilah khudus psikooginya, eeeh ternyata kokya ada isyilah khususnya

    Reply
  7. Agustina Purwantini

    Ya Tuhan, maafkeeeun, banyak typo.

    Reply
  8. Mugniar

    Singkatnya, jangan gampang merasa takut ya ... soalnya ada tuh yang rasa takutnya berlebihan kan ya. Kalau merasa takut tiba2, diusahakan ditepis. Berdoa, untuk umat Islam memang jadi jalannya.

    Reply
  9. Ihsan Subhan

    horor banget ini, dari judulnya juga sudat tercium aroma mistisnya. Tapi gak jadi soal. Ini lebih baik. ada yang lebih horor dari ini; kalo lagi sayang-sayangnya, tiba-tiba dia ngilang tanpa kabar... :)

    Reply
  10. Listiorini Ajeng Purvashti

    Kalau menurutku rasa takut hal gini lebih banyak karena halusinasi sih kayanya, beda dengan org yang memang bisa melihat mereka~

    Reply
  11. Rozi Piliang

    Dulu, aku seorang yng penakut. Kalau mau buang air tengah malam, aku sanggup tahan sampai pagi.. memang betul, rasa taku akan mebuat kita berhalusinasi.

    Reply
  12. NataHsu

    Untung baca blognya pagi-pagi, suka kepikiran saya tuh kadang wkwk. Tapi bener sih, harus punya pikiran positif biar lebih damai.

    Reply
  13. Andrie K.

    Keberadaan mereka memang mungkin ya ada saja, tapi tetap harus kuat lah dengan diri sendiri, yang penting iman kita bisa kuat dan teguh menghadapi hal itu baik dalam situasi sendiri sekalipun..

    Reply
  14. Finaira Kara

    Valak membuatku terkejut.
    Aku sendiri percaya keberadaan mereka di sekitar, ya kan dunia memang isinya hal ghaib juga. Tapi aku jarang takut sih, kecuali pas nonton film horor sendirian tengah malam. Btw, di rumahku tuh sering ada 'tamu' yang jadinya bikin aku kayak ya percaya, tapi enggak takut.

    Reply
  15. Dian Restu Agustina

    Ngalamin sendiri, berdua sama suami nginep di penginapan jadoel dibangun sejak zaman Belanda,. Suami santuy pas tiba, tapi kok saya berasa merinding ya. Beneran semalaman ga bisa tidur dong, takut dan terasa aura yang ga biasa di sekitar. Hingga bisa merem sebentar dan pagi datang. Shock kami, makanan yang di atas kulkas dipindah ke meja, terus ada benda berpindah tempatnya, padahal kami yakin ada di sana tadi malam. Kami pun memutuskan pindah penginapan, meski harusnya di situ dua malam.

    Reply
  16. unggulcenter

    Bisa jadi sih.. krn kta hrsnya cuma takut pada Tuhan. Eniwei gambar2 ilustrasinya nyeremin banget wkwkwkwk

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)