8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Resmi Jadi Arsitek Baru Timnas, Dapatkah Shin Tae-yong Beri Perubahan?

December 29, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment


Shin Tae-yong akhirnya resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Tim Merah Putih. usai dirinya menandatangi kontrak bersama PSSI di stadion Pakansari, Cibinong, pada hari sabtu (28/12/2019).  Shin dikontrak oleh PSSI selama 4 tahun dengan harapan dapat membawa perubahan bagi timnas Indonesia.

Pelatih berusia 49 tahun berkebangsaan Korea Selatan ini memiliki rekam jejak dengan membawa Seongnam Ilhwa Chunma (sekarang Seongnam FC) menjadi juara Liga Champions Asia 2010. Tak hanya itu, karirnya sebagai seorang pelatih juga terbilang cukup berprestasi dengan membawa Korsel berlaga di Piala Dunia 2018.

Berkat pengalaman dan prestasinya tersebut, tak heran jika PSSI tertarik untuk menggunakan jasa Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia. Seperti yang kita tahu, saat ini timnas Indonesia sedang sangat terpuruk, khususnya di laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam lima pertandingan, Indonesia belum meraih satupun kemenangan. 

Kehadiran Shin Tae-yong diharapkan dapat mengangkat kembali wajah Indonesia di tiga laga tersisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Shin Tae-yong baru akan melatih pada bulan Januari tahun depan. Dirinya akan mengumpulkan 60 pemain yang terdiri dari pemain senior dan kelompok umur. Dari keenam puluh pemain, ia akan mengambil beberapa nama untuk masuk dalam skuad timnas Indonesia.


Tak hanya timnas senior, Shin juga bakal melakukan seleksi untuk timnas U-20 guna persiapan berpentas di Piala Asia 2020 dan Piala Dunia 2021. Shin mengatakan bahwa kekurangan para pemain Indonesia terletak pada fisik dan mental, dan ia akan mencari solusi untuk masalah tersebut.

Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong digadang-gadang bakal menjadi era baru timnas. Hal ini dikarenakan Shin bakal menggabungkan pemain senior dan pemain U-23, serta tidak terlalu bergantung pada pemain naturalisasi. Dibawah komandonya, Shin juga bakal mencoret para pemain yang bermain dengan egois. Dirinya membutuhkan pemain yang memiliki semangat tinggi untuk membela Indonesia dan bisa bekerjasama dengan tim.

Tentunya dengan durasi 4 tahun, Shin Tae-yong diharapkan dapat membuat Indonesia disegani dan dapat kembali bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand, hingga bersaing dengan negara-negara Asia lainnya. Lantas perubahan seperti apa yang akan Shin berikan kepada timnas Indonesia? Mari kita nantikan bersama.
View: - Tags: Timnas