Informasi

Ranking Kompetisi Merosot, Indonesia tak Lagi Dapat Jatah Liga Champions Asia?

Afif Dalma Afif Dalma
January 30, 2020
0 Comments
Home
Informasi
Ranking Kompetisi Merosot, Indonesia tak Lagi Dapat Jatah Liga Champions Asia?

Bali United menutup asa untuk tampil di Liga Champions Asia edisi 2020 setelah kalah telak 5-0 dari wakil Australia, Melbourne Victory di babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia. Pada babak kualifikasi pertama Bali United berhasil mengalahkan Tampines Rovers dengan skor 5-3. 

Kekalahan tersebut membuat Bali United tak bisa menjaga harapannya untuk dapat berpartisipasi di kompetisi paling bergengsi se Asia itu. Walaupun gagal, Bali United tetap akan mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2020 bersama PSM Makassar yang saat ini tengah menjalani laga play-off melawan Lalenok United

Sementara itu untuk Liga Champions Asia edisi tahun depan, Indonesia sudah tidak dapat mengirimkan wakilnya lagi karena tak dapat jatah baik untuk direct slot maupun play-off.  Ini dikarenakan ranking kompetisi Indonesia merosot ke peringkat 13 di wilayah timur dan ke 28 se Asia, sementara untuk dapat mengirimkan wakilnya di LCA wajib untuk menempati posisi 12 besar di wilayahnya.

Indonesia sebelumnya berada di peringkat 11 wilayah Timur, namun setelah AFC mengupdate ranking terbaru kompetisi di Asia pada November 2019 lalu, Indonesia terisingkir dari 12 besar wilayah Timur. Hal ini disebabkan karena klub-klub Indonesia yang berlaga di kompetisi LCA (kualifikasi) dan AFC sebelumnya belum mampu memberikan prestasi yang memungkinkan untuk mendongkrak peringkat AFC.

April 25 SC vs Hanoi FC

Disisi lain wakil Korea Utara, April 25 Sport Club (SC) menunjukkan performa apiknya di AFC Cup dalam 3 tahun terakhir dengan sukses melaju ke Inter-Zone Play-off semifinal AFC edisi 2017, 2018, dan behasil melaju ke babak Final di edisi 2019. Hal ini membuat peringkat Korea Utara naik drastis ke posisi 7 wilayah Timur sehingga menggeser peringkat Indonesia. 

Sementara itu di kawasan ASEAN, ranking kompetisi Thailand tetap kokoh di peringkat 8 Asia, diikuti oleh Filipina dan Vietnam yang peringkatnya melonjak ke peringkat 13 dan 16 Asia. Peringkat kompetisi Indonesia terus merosot sejak tahun 2015, tak lain karena federasi PSSI sempat dibekukan oleh FIFA.

Untuk memperbaiki peringkat tersebut, wakil Indonesia harus bisa berbicara banyak di AFC Cup tahun ini. Di AFC Cup Bali United tergabung dalam Grup G Zona ASEAN bersama Ceres Negros (Filipina), Than Quang Ninh (Vietnam), dan Preah Khan Reach Svay Rieng FC (Kamboja)/Master7 FC (Laos). Skuad asuhan Teco ini diharapkan dapat melewati babak fase grup walaupun terbilang cukup berat.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)