30 Aturan Sosial Tidak Tertulis dalam Pergaulan Internasional - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

30 Aturan Sosial Tidak Tertulis dalam Pergaulan Internasional

March 01, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Dalam sebuah pergaulan, terdapat aturan-aturan sosial yang harus kamu terapkan supaya seseorang merasa betah dan nyaman saat berada disampingmu. Tak hanya dalam ruang lingkup pergaulan, aturan sosial juga harus kamu terapkan dalam bermasyarakat. Sebab dengan menerapkan aturan sosial yang berlaku, menunjukkan bahwa kamu memiliki etika yang baik, sehingga orang-orang akan respect terhadapmu.

Walaupun beberapa aturan sosial dibawah sangat jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, namun aturan ini berlaku dalam pergaulan internasional. Aturan sosial ini memang tidak tertulis dan terlihat sederhana, namun ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Berikut adalah beberapa aturan sosial yang tidak tertulis dalam pergaulan internasional.

1. Jangan menelepon seseorang secara terus menerus (lebih dari dua kali). Apabila mereka tidak mengangkat panggilan teleponmu, itu berarti mereka memiliki hal yang lebih penting untuk diperhatikan.

2. Ketika seseorang menjatuhkan sesuatu (makanan atau garpu) di lantai secara tidak sengaja, jangan menatap mereka. Ini juga berlaku untuk orang yang sedang bersin, batuk, atau bahkan kentut yang tidak terkendali, karena merupakan reaksi yang tidak disengaja.

3. Jangan pernah berdiri di samping orang yang sedang menggunakan wastafel karena hal tersebut akan membuat mereka merasa tak nyaman atau gelisah, sebaiknya kamu lewati mereka dan gunakan wastafel yang kosong.

4. Kembalikan uang yang telah kamu pinjam, kalau bisa sebelum orang meminjamkan ingat akan uang tersebut. Karena hal ini menunjukkan integritas dan karaktermu. Ini berlaku juga saat kamu meminjam payung, pena, atau kotak makan siang.

5. Jangan pernah memesan makanan mahal di menu ketika seseorang mentraktirmu makan. Jika mungkin kamu bisa minta mereka untuk memesan makanan untukmu.

6. Jangan pernah mengajukan pertanyaan seperti 'Oh jadi kamu belum menikah?' atau  'Apakah kamu tidak punya anak?' Demi Tuhan, itu bukan masalahmu .

7. Selalu buka pintu untuk orang yang mendatangimu. Kamu tidak akan menjadi kecil dengan memperlakukan seseorang dengan baik di depan umum.

8. Jika kamu sedang naik taksi dengan seorang teman, dan ia membayar sekarang, maka kamu juga harus membayarnya lain kali.

9. Selalu menghormati perbedaan pendapat politik.

10. Jangan pernah menyela pembicaraan orang.

11. Jika kamu menggoda seseorang, namun ia tidak menyukainya, hentikan dan jangan pernah melakukannya lagi.

12. Selalu ucapkan kata "terima kasih" saat seseorang membantumu.

13. Puji di depan umum. Mengkritik secara pribadi.

14. Jangan mengomentari berat badan seseorang. Cukup katakan "Kamu terlihat luar biasa." Jika mereka ingin berbicara tentang menurunkan berat badan, mereka akan melakukannya.

15. Apabila kamu akan melakukan penerbangan panjang atau naik kereta api, mandilah sebelumnya. orang disampingmu pasti akan menghargainya.

16. Ketika seseorang sedang menunjukkan foto pada ponsel miliknya, jangan pernah kamu geser ke kiri atau kanan. Karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan muncul selanjutnya.

17. Jika seorang kolega mengatakan bahwa mereka memiliki janji temu dokter, jangan tanya untuk apa, cukup katakan "semoga kamu baik-baik saja". Karena kamu dapat membuatnya tidak nyaman karena harus memberitahumu tentang penyakit mereka.

18. Perlakukan pembersih/OB dengan rasa hormat yang sama seperti CEO. Tidak ada seorangpun yang terkesan ketika kamu memperlakukan kasar seseorang di bawahmu, tetapi orang-orang akan memperhatikan saat kamu memperlakukan mereka dengan rasa hormat.

19. Jika seseorang berbicara langsung kepadamu namun kamu malah menatap layar HP, maka kamu dianggap tidak sopan.

20. Jangan pernah memberi saran sampai ada yang minta.

21. Jangan membuat rencana di depan mereka yang tidak kamu libatkan.

22. Jangan berbicara dengan seseorang apabila mereka sedang menggunakan headset/headphone.

23. Ketika kamu bertemu seorang kenalan setelah waktu yang lama, kecuali mereka ingin membicarakannya, jangan tanyakan umur dan gajinya.

24. Ketika seorang teman / kolega menawarkan makanan kepadamu, kamu bisa menolaknya dengan sopan sambil mengatakan TIDAK. Tapi, jangan menolaknya setelah kamu lebih dulu mencicipi atau menciumnya. Ini merupakan penghinaan bagi orang yang telah menawarkannya.

25. Ketika seseorang mulai berbicara tentang penyakit yang dideritanya, jangan mulai membicarakan penyakitmu.

26. Saat seorang kenalanmu memiliki perubahan penampilan drastis sepert, kenaikan / penurunan berat badan, titik botak, jerawat. jangan pernah mengomentarinya sampai mereka membicarakannya denganmu, karena mereka sudah tahu apa yang terjadi pada mereka.

27. Jangan pernah mencium bayi milik orang lain.

28. Jangan ikut campur urusan orang lain, pikirkan saja urusanmu sendiri kecuali jika ada sesuatu yang melibatkanmu secara langsung.

29. Jangan melihat sebuah posting di Facebook sebagai peluang untuk berdebat , bahkan jika postingan tersebut tidak sesuai dengan pandangan atau keyakinanmu.

30. Tetap rendah hati terhadap orang lain

Itulah beberapa aturan sosial yang tidak tertulis dalam pergaulan internasional. Apabila masih ada aturan lainnya yang kamu ketahui, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar. Semoga bermafaat.
View: - Tags: Pengetahuan