Teknologi

PS5 Rilis November 2020, Berapa Kira-Kira Harganya?

Afif Dalma Afif Dalma
February 25, 2020
0 Comments
Home
Teknologi
PS5 Rilis November 2020, Berapa Kira-Kira Harganya?

Menurut beberapa informasi yang beredar, PlayStation 5 (PS5) dikabarkan bakal rilis pada bulan November tahun 2020. Walaupun pihak Sony sendiri sampai saat ini belum membeberkan mengenai kapan tanggal pasti konsol generasi terbaru tersebut akan dirilis ke publik. 

Sebagai konsol penerus PS4 tentunya Sony memasukan beragam fitur baru dengan menggunakan teknologi terkini ke dalam PS5. Tujuannya tak lain untuk lebih memaksimalkan performa dari PS5 serta memberikan kenyamanan kepada pengguna saat mereka sedang memainkan PS5.

Di bagian hardware, PS5 kabarnya menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya, sehingga membuat loading di PS5 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan PS4. Selain itu Sony juga dikabarkan turut melengkapi PS5 dengan kartu grafis AMD Ryzen terbaru yang mampu mendukung resolusi 8K.

Sementara untuk fiturnya, PS5 memungkinkan penggunanya untuk memainkan game-game lawas, mulai dari PS4 hingga PS1. Hal ini membuat Sony harus mengeluarkan setidaknya USD 450 atau sekitar Rp 6,2 juta untuk biaya produksi satu unit PS5. 

Tentu saja biaya tersebut belum termasuk dengan biaya riset, promosi, dan distribusi. Apabila ditambah dengan biaya penunjang lainnya, harga jual PS5 diperkirakan bakal lebih tinggi dari biaya produksinya. Meski begitu, pihak Sony sendiri masih berupaya untuk menurunkan biaya produksi PS5.

Salah satu sumber mengatakan bahwa konsol PS5 akan dibanderol seharga USD 500 atau setara Rp 7 Juta. Tentu saja  harganya pasti akan lebih mahal dari PS4 saat baru pertamakali diluncurkan, yang saat itu seharga USD 400 atau setara Rp 5,5 Juta. 

Tapi yang perlu digaris bawahi yaitu dengan banderol harga tersebut, tentunya cukup membuat Sony kesulitan untuk bisa bersaing dengan Microsoft, mengingat Microsoft juga tengah mempersiapkan perilisan Xbox Series X yang dirilis berdekatan dengan perilisan PS5. 

Walaupun begitu, keputusan mengenai berapa harga PS5 masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Sony sendiri. Nah, maka dari itu apabila kamu berencana membeli PS5, kamu bisa mulai menabung dari sekarang.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)