Skuad Golden Dawn Diratain? Review Black Clover Chapter 238 - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya -->
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Skuad Golden Dawn Diratain? Review Black Clover Chapter 238

February 02, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Setelah berakhirnya arc reinkarnasi, Black Clover sudah memasuki dua arc baru (arc 10 dan 11) yang sampai saat ini belum diberi judul (menurut Black Clover Fandom).  Dalam arc baru tersebut, manga karya Tabata Yuki ini kerap kali menghadirkan cerita yang selalu membuat para penggemar Black Clover penasaran. Disaat yang bersamaan, sang author juga justru menjawab rasa penasaran tersebut, terutama di beberapa chapter terbaru, seperti mengenai terungkapnya identitas asli Yuno.

Sebenarnya saya ingin mengulas lebih kompleks mengenai dua arc baru tersebut, namun supaya postingan ini sesuai dengan judulnya, maka kali ini saya hanya akan mengulas mengenai chapter 238 yang dirilis beberapa waktu lalu. Sebelum mengulas lebih dalam lagi, perlu diingat artikel ini mengandung spoiler keras, terutama bagi yang hanya menonton animenya saja. 

Saya ingatkan lagi, bagi yang tidak mau terkena spoiler, harap jangan membaca artikel ini!


Arc terbaru (arc 11) mengambil latar setelah timeskip selama setengah tahun (6 bulan) setelah arc ke-10. Cerita dalam arc kali ini berfokus pada aliansi antara kerajaan Clover dan Heart. Aliansi ini dibentuk dengan tujuan mengalahkan kerajaan Spade yang dipimpin oleh The Dark Triad


The Dark Triad sendiri merupakan tiga penyihir kuat yang saat ini memimpin kerajaan Spade. Tetapi mereka bukanlah pemimpin asli kerajaan Spade. Beberapa tahun yang lalu Dark Triad berhasil merebut kekuasaan kerajaan Spade dari keluarga kerajaan yang sebenarnya, Grinberryall. Setelah berhasil menduduki kerajaan Spade, Dark Triad menggunakan rasa takut untuk dapat mengendalikan rakyat kerajaan Spade.

Kekuatan dari ketiga anggota Dark Triad sendiri bukan main, masing-masing dari mereka memiliki kekuatan sihir yang setara dengan kekuatan Iblis. Bahkan salah satu anggota Dark Triad, yaitu Zenon dikatakan mampu mengakses kekuatan Iblis hingga 80%. Adapun dua anggota Dark Triad lainnya adalah Dante dan Vanica yang saat ini masih belum diketahui kekuatannya.

Black Clover chapter 238 sendiri merupakan lanjutan dari chapter sebelumnya, dimana markas ksatria sihir Golden Dawn berhasil disusupi oleh Zenon dan dua anggota Dark Disciples. Mereka berhasil membantai habis-habisan skuad Golden Dawn, tujuan dari penyerangan ini yaitu untuk mendapatkan kekuatan penyihir tingkat arcane, yang tak lain adalah sihir pohon dunia milik William Vangeance.

Chapter kali ini dibuka dengan pertemuan antara Zenon dengan anggota Golden Dawn yang tersisa. Disini Yuno mengenali wajah Zenon berkat ingatan yang ditunjukkan oleh Ralf. Seperti yang telah diungkap, bahwa Yuno merupakan pangeran kerajaan Spade yang diasingkan ketika masih bayi, ia mendapat ingatan mengenai masalalu dirinya berkat kekuatan sihir Ralf.


Setelah berhasil mengalahkan William Vangeance, tanpa basa basi Zenon langsung menyerang Yuno, Klaus dan Litoile menggunakan sihir tulangnya. Alhasil Klaus dan Litoile langsung K.O dalam sekali serang, sementara Yuno masih memberikan sedikit perlawanan kepada Zenon.

Meskipun Yuno menggunakan mode Spirit Dive, Zenon tidak sedikitpun tertegun dengan kekuatannya. Bahkan Spirit of Zephyr milik Yuno pun tak dapat menembus pertahanan tulangnya. Well disini Zenon mengatakan bahwa Yuno termasuk Stage Zero, bagi yang belum tau Stage Zero merupakan tingkatan sihir paling atas/kuat, sementara Stage Nine merupakan tingkatan sihir yang paling bawah alias terlemah.


Mendapati hal tersebut, Zenon justru meledek Yuno dan mengatakan bahwa Yuno masih terlalu lemah. Zenon pun langsung menggila dengan mengeluarkan 55 persen kekuatan Iblisnya. Hal ini tentu saja membuat Yuno terkejut dan ketakutan.

Dan dibagian terakhir Black Clover chapter 238, Ralf yang menghampiri markas Golde Dawn diperlihatkan dengan keadaan Yuno yang babak belur akibat pertarungannya dengan Zenon, dengan pedang Zenon yang tertancap di bagian tubuh Yuno. Dengan ini berarti Zenon berhasil meratakan skuad Golden Dawn tanpa ada anggota yang tersisa.

Dengan keadaan tersebut, kemungkinan Yuno bakal mendapat power up lagi nih supaya dapat menghadapi Dark Triad, karena sepertinya Yuno mengambil peran penting dalam arc kali ini sebagai pangeran kerajaan Spade dan sebagai wakil kapten dari Golden Dawn, dirinya juga harus  membalaskan dendam rekan-rekannya serta menyelamatkan sang kapten dari tangan Dark Triad.

View: - Tags: Manga