Urutan Menonton Serial Anime Toaru - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Urutan Menonton Serial Anime Toaru

February 09, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - 4 Comments

Serial anime Toaru menjadi salah satu seri anime yang cukup populer di kalangan para pecinta anime. Diadaptasi oleh studio J.C Staff dari light novel karangan Kazuma Kamachi yang berjudul Toaru Majutsu no Index (A Certain Magical Index) sebagai cerita utamanya. Serial ini juga memiliki cerita sampingan seperti  Toaru Kagaku no Railgun (A Certain Scientific Railgun) dan Toaru Kagaku no Accelerator (A Certain Scientific Accelerator) yang juga sudah mendapat adaptasi anime.

Walaupun seri Toaru begitu populer, tak sedikit pula teman-teman pecinta anime yang kurang menyukai anime ini. Terlepas dari ceritanya yang cukup sulit untuk dipahami karena menyangkut sains dan kepercayaan agama, jalan cerita dalam seri ini pun terbilang cukup lambat, sehingga kebanyakan orang kerap kali mengatakan bahwa Toaru series merupakan anime yang membosankan.

Tetapi setelah rilisnya Toaru Majutsu no Index III dan Toaru Kagaku no Accelerator, serta Toaru Kagaku no Railgun T yang sedang tayang pada musim ini, kepopuleran seri anime Toaru justru semakin melejit, sehingga teman-teman yang belum pernah menonton anime Toaru dibuat kepo dan mencoba menontonnya.

Bagi teman-teman yang ingin nonton, tapi masih dipusingkan dengan alur cerita dalam seri Toaru jangan khawatir, karena di artikel kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Urutan Menonton Serial Anime Toaru, simak ulasannya dibawah ini.

Sinopsis Toaru

Secara garis besar, seri Toaru berkisah tentang konflik yang terjadi antara sisi sihir dan sains yang berlatar di sebuah kota maju bernama Academy City (Gakuen Toshi) yang juga menjadi pusat ilmu sains. 

Academy City memiliki kurikulum khusus untuk meneliti serta mengembangkan kemampuan Esper. Oleh karena itu siswa-siswi di kota tersebut dikategorikan dengan level (0-5) untuk menandakan kekuatan Esper mereka.

Sementara itu sisi sihir sangat bertentangan dengan ilmu sains, sehingga dunia sihir dirahasiakan dari ranah publik. Adapun dunia sihir ini berkaitan erat dengan ajaran kekristenan, serta berbagai macam mitos dan legenda yang ada dalam ajaran tersebut. 

Toaru Majutsu no Index


Toaru Majutsu no Index (A Certain Magical Index) merupakan cerita utama dari serial Toaru, dimana tokoh utamanya merupakan seorang esper level 0 bernama Kamijou Touma. Kisah dalam Toaru Majutsu no Index bermula ketika Touma bertemu dengan seorang biarawati dari gereja Inggris bernama Index Librorum Prohibitorum. Pertemuanya dengan Index membuat Touma terseret kedalam konflik yang terjadi di sisi sihir.

Toaru Kagaku no Railgun


Toaru Kagaku no Railgun (A Certain Scientific Ralgun) merupakan spin-off dari seri utamanya. Tokoh utama dalam seri ini adalah Misaka Mikoto, seorang esper level 5 dan merupakan esper terkuat peringkat ketiga dari tujuh esper terkuat di Academy City. Seri Railgun berfokus pada sisi sains dan mengisahkan tentang petualangan Misaka bersama teman-temannya.


Toaru Kagaku no Accelerator


Toaru Kagaku no Accelerator (A Certain Scientific Accelerator) juga merupakan seri spin-off. Di seri Index dan Railgun Accelerator pernah menjadi villain, maka disini Accelerator adalah tokoh utamanya. Mengambil latar setelah dirinya dikalahkan oleh Kamijou Touma, esper terkuat peringkat pertama ini terjerumus kedalam konflik sisi sihir dan sains secara bersamaan.

Urutan Nonton Toaru Series

Meskipun serial Railgun dan Accelerator merupakan cerita sampingan, timeline keduanya tetap berkaitan dan bersinggungan dengan serial Index di beberapa arc. Nah, untuk dapat menikmati serial ini tanpa dibuat pusing dengan alurnya, teman-teman bisa memilih beberapa cara untuk dapat menonton serial Toaru.

Pertama, kalian bisa mengikuti Toaru series sesuai dengan tahun/tanggal rilisnya. Dengan begitu maka urutannya.
1. Toaru Majutsu no Index 
2. Toaru Kagaku no Railgun 
3. Toaru Majutsu no Index II 
4. Toaru Kagaku no Railgun S
5. Toaru Majutsu no Index Movie: Endymion no Kiseki (hanya selingan)
6. Toaru Majutsu no Index III 
7. Toaru Kagaku no Accelerator 
8. Toaru Kagaku no Railgun T.

Kedua, kalian bisa mengikuti seriesnya secara terpisah berdasarkan judulnya masing-masing. Saya sarankan untuk menonton seri Index terlebih dahulu supaya mengenal karakter sampingannya.
1. Toaru Majutsu no index
2. Toaru Majutsu no Index II
3. Toaru Majutsu no Index III
4. Toaru Majutsu no Index Movie: Endymion no Kiseki (hanya selingan)
4. Toaru Kagaku no Railgun 
5. Toaru Kagaku no Railgun S
6. Toaru Kagaku no Railgun T
7. Toaru Kagaku no Accelerator

Ketiga, kalian bisa mengikuti Toaru series sesuai dengan timeline/alur ceritanya. Tetapi saya kurang menyarankan cara ini, karena cukup rumit sebab harus bolak balik nonton serial Railgun > Index.

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa lihat gambar diatas, apabila masih kurang jelas teman-teman bisa juga kunjungi laman ini. Disitu sudah tertera lengkap mengenai timeline dalam serial anime Toaru.

Nah gimana nih, teman-teman sudah tertarik kah untuk menonton serial anime Toaru? Yuk buruan nonton sebelum serial anime ini bertambah lagi.

View: - Tags: Anime
  1. kalo lu sesuai apa bang nnton nya?

    ReplyDelete
  2. Gw sih baru nonton railgun s1 s2 sama index s1. Tp menurut gw lebih baik nonton yg railgun s1 dulu, krn disitu Touma nya belum hilang ingatan. Trs railgun s2 sm index s1 ceritanya agak berdampingan. Tp saran gw nonton railgun s2 dulu krn di index s1 ndak terlalu jelas alasan kenapa misaka terbelit proyek "Sisters" dan penjelasannya ada di seri railgun s2

    (s1, s2 itu mksdnya season 1, season 2)

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)