Mengenal Apa itu Framework PHP CodeIgniter

Afif Dalma
Afif Dalma

Di dalam pemrograman web, istilah framework memang sudah tidak asing lagi, karena framework hampir selalu digunakan oleh web developer ketika membangun sebuah website. Framework (kerangka kerja) sendiri merupakan sebuah fondasi yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan web developer dalam melakukan pemrograman (membangun website). Dengan menggunakan framework, web developer dapat membangun sebuah website dengan lebih cepat dan terstruktur.

Ada beberapa macam framework PHP yang sering digunakan oleh para web developer untuk membangun dan mengembangkan website mereka seperti, Laravel, CodeIgniter, Yii, Symfoni, dan lain sebagainya. Namun yang akan saya bahas pada artikel kali ini adalah framework PHP CodeIgniter, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu CodeIgniter?

CodeIgniter atau yang sering disebut CI adalah framework PHP open source yang mengusung konsep MVC (Model, View, Controller). Secara garis besar konsep MVC ini merupakan sebuah metode untuk membuat website dengan memisahkan Data (Model) dari tampilan (View) serta cara memprosesnya (Controller). 

CodeIgniter pertama kali dirilis pada tanggal 28 April 2006 oleh Rick Ellis yang merupakan seorang musisi sekaligus programmer. Hingga saat ini Codeigniter sudah mencapai versi 3.1.11, dengan situs resmi yang beralamat di codeigniter.com/ 

Framework CodeIgniter saat ini cukup populer dan sering digunakan oleh para web developer dalam membangun sebuah website. Tentu hal ini dikarenakan CodeIgniter memiliki sejumlah keungulan dibandingkan dengan framework PHP lainnya. Framework PHP CodeIgniter juga sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang masih pemula.

Keunggulan CodeIgniter 
  • Framework ringan dan tidak memakan banyak ruang
  • Konfigurasi yang sederhana
  • Mudah dipahami dan dipelajari, terutama bagi pemula
  • Dokumentasinya cukup lengkap 
  • Memiliki banyak komunitas yang dapat membantu
  • Syntax program terstruktur dan rapih

Cara Install CodeIgniter

Apabila teman-teman tertarik ingin mempelajari framework PHP CodeIgniter, kamu harus menginstall frameworknya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, download terlebih dahulu frameworknya disini.

Setelah di download, ekstrak filenya yang masih berbentuk zip ke dalam direktori komputer kalian. Untuk pengguna Widows yang menggunakan xampp maka ekstrak di C:/xampp/htdocs/codeigniter dan untuk pengguna Linux ekstrak di direktori /var/www/html/codeigniter.

Jika langkah diatas sudah terpenuhi, maka kalian tinggal menjalankannya lewat browser dengan menuliskan alamat http://localhost/codeigniter atau sesuai dengan nama direktori tempat kalian menginstallnya tadi. Apabila berhasil maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Comments : Mengenal Apa itu Framework PHP CodeIgniter