Mengenal Penyihir Tingkat Arcane di serial Black Clover

Afif Dalma
Afif Dalma

Saat ini manga Black Clover sudah memasuki arc Spade Kingdom, dimana dalam beberapa chapter terbarunya, diceritakan bahwa ketiga anggota Dark Triad (Zenon, Dante, dan Vanica)  sedang melakukan perburuan terhadap para penyihir tingkat arcane. Nah, lantas apa itu penyihir tingkat arcane atau arcane stage mages? Yuk simak ulasannya dibawah ini. 

Sebelum membahas tentang penyihir tingkat arcane, saya akan menjelaskan sedikit mengenai istilah magic stage (tingkatan sihir). Magic stage merupakan sistem yang digunakan untuk mengukur tingkat kekuatan sihir seseorang. Terdapat 10 tingkatan sihir, dimana tingkatan sihir tertinggi berada pada stage 0, sementara stage 9 merupakan tingkatan yang paling rendah. Istilah magic stage sendiri digunakan di kerajaan Heart (sebagai pencetus), Spade, dan Clover.


Lantas apa sih gunanya stage ini? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, magic stage atau tingkatan sihir ini berfungsi untuk mengukur kekuatan sihir seseorang. Semakin kecil angka magic stagenya, maka semakin kuat pula penyihir tersebut. Prinsip dibalik magic stage yaitu bahwa satu penyihir tingkat tinggi lebih berharga di medan pertempuran daripada puluhan penyihir tingkat rendah. Adapun penyihir yang termasuk dalam kategori stage zero misalnya Yuno, Vanica, dan Gadjah.

Namun selain sepuluh stage tersebut  ternyata masih ada satu tingkatan misterius lainnya yaitu arcane stage (tingkat arcane). Kehadiran para penyihir tingkat arcane ini membuat Dark Triad pergi menyerang dan memburu mereka. Dark Triad terlihat begitu terobsesi dengan penyihir arcane stage, emangnya siapa sih mereka? 

Mereka yang digolongkan sebagai arcane stage, merupakan penyihir yang memenuhi satu dari ketiga kondisi atau aturan. Yaitu, penyihir yang memiliki sihir unik dan bisa dibilang menentang kenormalan (1), penyihir yang kekuatannya tidak bisa dikategorikan sebagai stage zero hingga stage nine (2), kekuatan sihirnya berpotensi mengalahkan iblis (3). Well, penjelasan ini saya ambil dari beberapa sumber salah satunya dari reddit.


Adapun penyihir arcane stage yang diketahui memenuhi aturan pertama yaitu Yami Sukehiro, William Vangeance, dan Vanessa Enoteca. Sementara penyihir arcane stage yang diketahui memenuhi aturan kedua yaitu Asta dan Secre Swallowtail, hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Loropechika karena sihir mereka tidak dapat dikategorikan kedalam stage zero hingga stage nine. Sementara di chapter 244, Grey dikatakan masuk dalam kategori arcane stage, namun belum diketahui ia memenuhi aturan keberapa. 

Motivasi Dark Triad dalam mengumpulkan para penyihir arcane stage sendiri akhirnya terkuak di chapter terbaru. Dante dan adik-adiknya bertujuan untuk membuka gerbang dunia bawah (neraka) dan membaut para iblis bisa muncul ke dunia manusia dengan memanfaatkan sihir kegelapan milik Yami serta sihir pohon dunia milik Vangeance. 

Comments : Mengenal Penyihir Tingkat Arcane di serial Black Clover