Pengetahuan

Apa itu Mimpi Sadar atau Lucid Dream?

Afif Dalma Afif Dalma
May 27, 2020
0 Comments
Home
Pengetahuan
Apa itu Mimpi Sadar atau Lucid Dream?

Teman-teman semua pastinya pernah mengalami yang namanya 'mimpi'. Ketika sedang bermimpi, kebanyakan orang akan sulit untuk menyadari bahwa mereka sedang bermimpi. Namun, ada juga orang yang sadar saat sedang bermimpi, bahkan mereka bisa mengendalikan mimpi tersebut. Nah, fenomena mimpi sadar ini disebut dengan istilah Lucid dream.

Lucid dream merupakan suatu fenomena mimpi yang cukup menarik, maka tak heran jika kebanyakan orang yang pernah mengalami lucid dream, pasti ingin mencobanya lagi.

Pengertian lucid dream sendiri yaitu suatu fenomena dimana seseorang menyadari bahwa dirinya sedang bermimpi. Tidak seperti mimpi pada umumnya yang memiliki alur cerita yang kurang jelas, dalam lucid dream, seseorang mampu mengendalikan mimpi dan membuat jalan ceritanya sendiri.

Dalam konteks ini, orang yang sedang mengalami lucid dream mampu untuk mewujudkan hal apapun yang mustahil dapat dilakukan di dunia nyata, misalnya terbang atau berkunjung ke planet lain. Orang yang melakukan lucid dream disebut sebagai lucid dreamer. Sementara orang yang bebas menjelajahi mimpi disebut dengan istilah Oneironaut.

Walaupun begitu, untuk dapat mengendalikan mimpi dan menjadi seorang lucid dreamer terbilang cukup sulit. Ini dikarenakan mengendalikan mimpi di lucid dream tidak bisa dilakukan hanya dengan sekali percobaan, kita perlu melakukannya berulang-ulang hingga benar-benar menguasai alam mimpi di lucid dream.

Jangan lupa untuk terus berpikir rasional, karena apabila kamu sedang bermimpi dan muncul suatu hal yang tidak rasional seperti bertemu seseorang yang sudah meninggal ataupun makhluk lain, kamu akan langsung sadar kalau hal tersebut hanyalah mimpi.

Berdasarkan cara mencapainya, lucid dream dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu Dream Initiated Lucid Dream (DILD) dan Wake Initiated Lucid Dream (WILD). DILD merupakan kondisi dimana seseorang sadar bahwa sedang bermimpi, hal ini biasanya terjadi di tengah-tengah mimpi dan sifatnya kebetulan. Sementara WILD merupakan kondisi dimana seseorang sengaja untuk melakukan mimpi sadar dengan melalui beberapa tahapan sebelum tidur.

Itulah penjelasan singkat mengenai lucid dream. Untuk tahapan-tahapan lucid dream seperti yang sudah disinggung diatas, akan dijelaskan di artikel berikutnya.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)