8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Cara Mengatur Brightness / Kecerahan Layar Laptop Windows 10

May 29, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Ketika sedang menggunakan laptop, kecerahan layar laptop merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, kecerahan layar pada laptop dapat mempengaruhi kesehatan mata dalam jangka waktu penggunaan yang lama. 

Oleh karena itu, saat sedang menggunakan laptop, ada baiknya untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kondisi atau kebutuhan penggunaannya. Kesesuaian tingkat kecerahan layar laptop tentunya akan sangat mempengaruhi rasa kenyamanan pengguna saat sedang mengerjakan tugas ataupun bermain game. 

Nah, cara untuk mengatur kecerahan layar laptop pun terbilang cukup mudah, kamu dapat dengan bebas mengatur tingkat kecerahan mulai dari yang paling redup hingga yang paling terang. Bagi teman-teman yang masih belum tau cara mengatur kecerahan layar laptop windows 10, saya akan memberikan beberapa cara untuk dapat mengatur tingkat kecerahan pada layar laptopmu dengan mudah. Adapun caranya antaralain sebagai berikut:

#1. Melalui Control Panel

1. Cara pertama. silahkan kamu klik menu Start / Windows, kemudian cari dan pilih Control Panel.


2. Kemudian pilih Hardware and Sound.


3. Setelah itu, pada bagian Power Option pilih Adjust screen brightness.


4. Setelah itu akan muncul menu seperti gambar di bawah ini. Kamu bisa mengatur kecerahan layar laptopmu dengan menggeser slide Screen Brightness ke arah kanan maupun kiri. Jika kamu menggeser ke arah kanan maka akan meningkatkan kecerahan pada layar laptopmu, sebaliknya jika kamu menggeser ke arah kiri maka akan menurunkan kecerahan pada layar laptopmu.



#2. Melalui Icon Baterai

Cara kedua ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengklik icon baterai yang terletak di pojok kanan bawah taskbar. Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian kamu tinggal klik icon brightness yang ada.



#3. Melalui Display Setting

1. Cara ketiga, saat di desktop silahkan kamu klik kanan pada mouse, lalu pilih Display setting.


2. Setelah itu akan muncul menu seperti dibawah, kamu tinggal atur brightness sama seperti cara pertama.


#4. Melalui Keyboard Laptop

Cara terakhir merupakan cara yang paling simpel, kamu hanya perlu menekan tombol kombinasi FN + tombol yang ada simbol matahari. Karena saya menggunakan laptop Asus, maka tombol kombinasinya yaitu FN+F6 untuk meningkatkan kecerahan layar, dan FN+F5 untuk menurunkan tingkat kecerahan layar.

Perlu diketahui, untuk cara yang terakhir ini tergantung dari merk laptop itu sendiri. Sebab setiap laptop memiliki tombol kombinasi yang berbeda-beda, bahkan ada laptop yang menggunakan tombol kombinasi FN+Panah Atas untuk menaikkan kecerahan layarnya.



Itulah beberapa cara untuk mengatur brightness atau kecerahan layar laptop Windows 10. Semoga cara diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman semua yang masih bingung tentang cara mengatur brightness laptop. Jika teman-teman ada masih bingung, bisa tanyakan di kolom komentar ya.
View: - Tags: Teknologi