Makna Logo HUT ke-75 RI "Indonesia Maju" - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Makna Logo HUT ke-75 RI "Indonesia Maju"

August 15, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

 

Pada hari Senin 17 Agustus 2020 mendatang, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-75. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, ulang tahun ke-75 Indonesia akan dirayakan dengan cara berbeda, tak sama seperti di tahun-tahun sebelumnya. 

Berbicara tentang hari kemerdekaan Republik Indonesia, pastinya tak lepas dari perilisan logo sebagai salah satu bentuk perayaannya. Logo HUT ke-75 RI kali ini tentunya di desain oleh anak bangsa, dimana logo ini terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila dengan tema Indonesia Maju.

Meski begitu, logo Supergraphic HUT RI ke-75 dikritik oleh beberapa pihak karena dianggap menyerupai salib. Namun pihak Kementrian Sekretariat Negara (Kemensatneg) mengatakan bahwa penggunaan logo HUT ke-75 RI harus sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo yang telah diunggah di situs setneg.go.id.

Lantas apa makna dari logo HUT ke-75 RI ini? 

Makna Logo HUT ke-75 RI

Logo yang menunjukkan angka 75 ini memang terlihat sangat simple dan sederhana, namun terdapat makna yang terkandung didalamnya. Seperti bentuk perisai pada logo menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Selain itu logo ini juga menyimbolkan arti dari kesetaraan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progress nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Kemudian jika elemen-elemen pada angka 75 dipecah, maka akan ditemukan makna dari setiap pecahan-pecahan tersebut. Elemen pada bagian atas angka 7 yaitu tentang pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia. Elemen ini melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual bagi semua individu.

Lalu elemen dibagian badan angka 7 tentang progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur. Meskipun tidak bergaris lurus, namun progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal tanpa harus menjadi lurus dan kaku. 

Terakhir elemen yang terdapat dibagian badan angka 5 yaitu tentang regenerasi, kerja yang konsisten dan progress yang nyata dalam bekerja. Elemen menyerupai lingkaran hampir sempurna ini melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata. Selalu memperbaiki dan selalu mengejar target.

Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia. 

Bangga Buatan Indonesia menggunakan warna merah dan putih sebagai warna utama untuk menunjukkan perasaan bangga membeli produk lokal dan untuk menunjukkan kebersamaan dalam kesatuan.


Logo Supergraphic terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekontruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila. 

Untuk pengaplikasian supergraphic ini cukup fleksibel karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk.


Itulah makna dari logo HUT ke-75 Republik Indonesia. Apabila kamu ingin membaca pedoman visualnya secara lengkap, kamu bisa mengunjungi situs satneg.go.id. Jadi bagaimana menurutmu makna dari logo tersebut? Yuk berikan pendapatmu di kolom komentar.

View: - Tags: Pengetahuan