8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Tips Belajar Photoshop Bagi Pemula

August 07, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Siapa sih yang gak kenal dengan software bernama Photoshop? Hampir semua orang kenal dengan aplikasi yang identik dengan editing foto ini. Dengan Photoshop, kamu bisa melakukan berbagai macam hal yang berkaitan dengan desain, seperti memanipulasi gambar ataupun membuat desain poster. Selain itu, Photoshop juga memungkinkanmu untuk mennghasilkan pundi-pundi rupiah lho.

Hal tersebut tentunya membuat teman-teman berkeinginan untuk mempelajari aplikasi Photoshop. Namun, bagi yang baru pertamakali menggunakan aplikasi ini, tentu akan merasa kesulitan karena kamu bakal dipusingkan dengan berbagai macam fitur dan tools yang tersedia didalamnya. Tapi tenang saja, dalam artikel ini saya akan membagikan tips belajar Photoshop bagi pemula.

Lantas apa saja sih tipsnya?

1. Kenali workspace atau ruang kerja Photoshop


Pertama-tama tentu saja kamu harus kenali dulu workspace (ruang kerja) pada aplikasi Photoshop. Ketika membuka aplikasi Photoshop, maka akan muncul tampilan utama seperti gambar diatas. Nah, kamu hanya perlu memahami empat bagian penting yang ada di tampilan utama Photoshop, yaitu :
  • Menu Bar. Bagian ini berada di paling atas workspace. Pada menu bar terdapat beberapa menu seperti File, Edit, Image, dan lain sebagainya. Fungsi dari menu bar yaitu untuk memberikan perintah seperti membuat lembar kerja baru, membuka file, menyimpan file, dan perintah-perintah lainnya.
  • Tool Bar. Bagian ini berada di samping kiri workspace. Tool Bar atau biasa disebut ToolBox berisi berbagai macam tools yang membantumu dalam melakukan editing.
  • Workspace. Bagian ini merupakan tempat untuk melakukan proses editing atau project baru. 
  • Pallete. Bagian ini berada di samping kanan workspace. Pallete merupakan bagian Photoshop yang berisi informasi-informasi dari dokumen aktif atau beberapa perintah untuk memanipulasi objek (gambar dan text).

2. Pahami penggunaan ToolBox


Tool Bar atau ToolBox merupakan bagian yang sangat penting karena berisi peralatan-peralatan yang dapat kamu gunakan untuk mengolah gambar. Peralatan pada ToolBox berbentuk sebuah logo kecil dengan fungsi yang berbeda-beda. Setiap gambar yang akan kamu olah pastinya menggunakan tool yang tersedia di ToolBox, oleh karena itu kamu harus paham tentang fungsi dari peralatan yang ada di bagian ini.

3. Pahami fitur di Menu Bar

Selain ToolBox, menu bar juga memiliki peran penting di Photoshop. Selain untuk membuka dan menyimpan file, di dalam menu bar juga terdapat berbagai macam fitur yang harus kamu pahami. Misalnya kamu ingin melakukan editing foto, maka kamu harus paham fitur dari Image Adjusment yang berfungsi untuk melakukan manipulasi pada photo, seperti merubah tonasi warna, melakukan koreksi warna, merubah pencahayaan, bayangan, kontras, dan sebagainya. Selain itu, masih banyak fitur-fitur pada menu bar yang dapat kamu gunakan, kamu bisa langsung explore fitur-fitur tersebut, dan mempraktekkannya langsung.

4. Mencoba membuat desain

Jika kamu merasa sudah memahami dasar-dasar dari Photoshop, selanjutnya kamu bisa mencoba membuat desain, tak harus original buatan sendiri, kamu bisa membuat desain dengan mengikuti tutorial ataupun dengan mencari referensi-referesnsi desain orang lain yang ada di internet, misalnaya di situs-situs desain, sosial media ataupun forum editing. 

Demikianlah artikel mengenai tips belajar Photoshop bagi pemula. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua yang ingin belajar Photoshop. Apabila terdapat kesulitan, teman-teman bisa komen dibawah ya :)
View: - Tags: Pengetahuan