8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Kenapa sih Orang Jepang Lebih Suka Pake LINE dibanding WhatsApp?

September 07, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment


Jika berbicara tentang aplikasi chatting, pastinya teman-teman setuju kalau WhatsApp (WA) merupakan aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia saat ini. Selain karena mudah digunakan sebagai media komunikasi, ukuran aplikasinya pun sangat ringan dan irit kuota. Oleh karena itu hampir setiap pengguna gadget di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi satu sama lain.

Meskipun WhatsApp sangat populer di Indonesia dan di beberapa negara, ternyata di Jepang aplikasi ini tidak begitu diminati lho. Orang-orang di Jepang lebih suka menggunakan aplikasi LINE sebagai media komunikasi dibandingkan WhatsApp. 

Lantas kenapa sih orang Jepang lebih suka pake LINE dibandingkan WhatsApp?

Yap, alasannya tak lain karena privasi. Seperti yang teman-teman tau, kalau orang-orang Jepang sangat menjunjung tinggi yang namanya privasi, hal ini termasuk nomor telepon. Orang Jepang sangat terganggu apabila nomor teleponnya diketahui banyak orang. Hal inilah yang membuat WhatsApp dihindari oleh mereka karena nomor telepon pengguna akan ditampilkan secara gamblang.

Namun, jika menggunakan LINE, pengguna tidak perlu menampilkan nomor teleponnya. Apabila ingin menambahkan kontak cukup dengan ID Line saja, sehingga mereka tak perlu khawatir nomor teleponnya menyebar luas. Dan itulah mengapa orang-orang Jepang memutuskan untuk menggunakan LINE dibanding WhatsApp. 

Dari segi fitur pun, LINE memiliki segudang fitur yang tak dimiliki WhatsApp. Nah, para remaja di Jepang sangat menyukai aplikasi yang komplit alias all in one. Di Jepang sendiri, LINE sudah berkembang jauh melebihi sebuah platform media sosial, sebab pengguna bisa mengakses beragam hal didalam aplikasi LINE.

Seperti adanya LINE Pay yang mana fitur ini sama seperti GoPay di Indonesia, lalu ada fitur LINE TV yang membuat pengguna bisa streaming film atau anime favorit, LINE Webtoon yaitu fitur untuk membaca komik (manga/manhwa), serta LINE Today yang membuat pengguna tak akan ketinggalan berita terkini dan yang pasti sumbernya terpercaya.

Selain itu, stiker-stiker lucu yang ada di aplikasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka, terutama para remaja di Jepang. Menurut mereka pengiriman pesan pada aplikasi LINE jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.

Jadi itulah alasan kenapa orang Jepang lebih suka menggunakan aplikasi LINE dibandingkan WhatsApp. Kalau teman-teman sendiri lebih suka yang mana nih? Berikan jawabanmu dikolom komentar ya.

View: - Tags: Informasi