Informasi

Kenapa sih Orang Jepang Lebih Suka Pake LINE dibanding WhatsApp?

Afif Dalma Afif Dalma
June 08, 2021
3 Comments
Home
Informasi
Kenapa sih Orang Jepang Lebih Suka Pake LINE dibanding WhatsApp?

Jika berbicara tentang aplikasi chatting, pastinya teman-teman setuju kalau WhatsApp (WA) merupakan aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia hingga saat ini. Selain karena mudah digunakan sebagai media komunikasi, ukuran aplikasinya pun terbilang ringan dan tidak begitu memakan banyak kuota data. Oleh karena itu hampir setiap pengguna gadget di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media utama dalam berkomunikasi satu sama lain.

Meskipun WhatsApp sangat populer di Indonesia dan di beberapa negara, ternyata di Jepang aplikasi ini tidak begitu diminati lho. Orang-orang di Jepang lebih suka menggunakan aplikasi LINE sebagai media komunikasi dibandingkan WhatsApp. 

Lantas kenapa sih orang Jepang lebih suka pake LINE dibandingkan WhatsApp?

Yap, alasannya tak lain karena privasi. Seperti yang teman-teman tau, kalau orang-orang Jepang sangat menjunjung tinggi yang namanya privasi, hal ini termasuk nomor telepon. Orang Jepang sangat terganggu apabila nomor teleponnya diketahui banyak orang. Hal inilah yang membuat WhatsApp dihindari oleh mereka karena nomor telepon pengguna akan ditampilkan secara gamblang.

Namun, jika menggunakan LINE, pengguna tidak perlu menampilkan nomor teleponnya. Pengguna cukup menggunakan ID Line untuk menambahkan kontak satu sama lain, dengan begitu pengguna tak perlu khawatir nomor teleponnya menyebar luas. Dan itulah mengapa orang-orang Jepang memutuskan untuk menggunakan LINE dibanding WhatsApp. 

Dari segi fitur pun LINE lebih unggul karena memiliki segudang fitur yang tak dimiliki WhatsApp. Nah, para remaja di Jepang sangat menyukai aplikasi yang komplit alias all in one. Di Jepang sendiri, LINE sudah berkembang jauh melebihi sebuah platform media sosial, sebab pengguna bisa mengakses beragam hal didalam aplikasi LINE.

Seperti adanya LINE Pay yang mana fitur ini sama seperti GoPay di Indonesia, lalu ada fitur LINE TV yang membuat pengguna bisa streaming film atau anime favorit, LINE Webtoon yaitu fitur untuk membaca komik (manga/manhwa), serta LINE Today yang membuat pengguna tak akan ketinggalan berita terkini dan yang pasti sumbernya terpercaya.

Selain itu, stiker-stiker lucu yang ada di aplikasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka, terutama para remaja di Jepang. Menurut mereka pengiriman pesan pada aplikasi LINE jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.

Jadi itulah alasan kenapa orang Jepang lebih suka menggunakan aplikasi LINE dibandingkan WhatsApp. Kalau teman-teman sendiri lebih suka yang mana nih? Berikan jawabanmu dikolom komentar ya.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

3 comments

  1. Unknown
    Unknown
    November 07, 2021
    Gw juga aneh sendiri sih, sama orang" di negara kita kenapa line kurang diminati dan rating line di indo bahkan kurang bagus
    1. Afif Dalma
      Afif Dalma
      November 08, 2021
      kalo dari pengalaman pribadi saya sih karena sekarang masih banyak orang yg pake hp spek kentang, sementara LINE itu makan memori + beratnya minta ampun. jadi daripada hp ngelag mending pindah ke WA.

      tapi pas tahun 2017 kebawah (sebelum WA terkenal) aplikasi LINE populer kok di Indonesia. meskipun populernya cuma dikalangan anak remaja doang sih wkwk
  2. M Rizki Prayogo
    M Rizki Prayogo
    January 10, 2021
    Wah keren gan, salam kenal. Kunjungi balik inetin.id
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)