8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

6 Tipe Nen Dalam Serial Hunter X Hunter

October 27, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - 2 Comments

Hunter X Hunter merupakan manga shōnen populer karya Yoshihiro Togashi yang diterbitkan dalam majalah Weekly Shōnen Jump. Selain terkenal dengan plot cerita yang menarik, serial ini juga terkenal dengan penjelasannya yang sangat mendetail, khususnya dalam hal kekuatan. 

Seperti halnya manga pada umumnya, Hunter X Hunter juga memakai konsep energi kehidupan atau aura sebagai sumber kekuatan karakter-karakternya. Jika di serial Naruto aura disebut dengan Chakra, maka di serial Hunter X Hunter aura lebih sering disebut sebagai Nen. Nah, konsep Nen inilah yang menambah keseruan cerita serta menjadi daya tarik tersendiri bagi serial Hunter X Hunter.

Lantas apa itu Nen?

Nen dalam serial Hunter X Hunter adalah sebuah teknik yang memungkinkan makhluk hidup untuk menggunakan serta memanipulasi energi yang ada di dalam tubuh mereka sendiri. Kenapa dikatakan makhluk hidup? Karena sejauh ini pengguna Nen tidak hanya dari golongan manusia saja, tetapi semut Chimera pun bisa menggunakan Nen.

Ada dua cara untuk membangunkan Nen seseorang, yaitu dengan cara lambat dan cara instan. Maksud dari cara lambat disini yaitu seseorang harus berlatih secara manual untuk membuka dan menutup titik-titik auranya melalui meditasi, tujuannya supaya mereka bisa mengontrol aliran aura tersebut secara leluasa. Sedangkan cara instannya yaitu dengan menerima sebuah aliran aura dalam jumlah besar dari pengguna Nen yang berpengalaman,  tujuannya tak lain untuk memberikan dorongan pada titik-titik aura dan membukanya secara paksa. 

Terdapat empat teknik dasar yang wajib dikuasai untuk dapat menguasai Nen, yaitu Ten, Ren, Zetsu dan Hatsu. Apabila seseorang sudah menguasai Ten, Ren dan Zetsu maka tahap akhirnya yaitu menentukan tipe Hatsu, setelah itu barulah seseorang dapat dikatakan sebagai pengguna Nen. Sebab Hatsu merupakan aplikasi secara nyata dari pengguna Nen itu sendiri.

Terdapat enam tipe Nen pada serial Hunter X Hunter, dimana setiap individu terlahir dengan salah satu dari enam tipe Nen saja. Berikut adalah tipe-tipe Nen, yang terbagi dalam 6 jenis 

1. Kyoka (Enchancement) 

Nen tipe Kyoka atau Enchancement berada di bagan paling atas, sesuai dengan namanya, tipe ini memungkinkan seseorang untuk menambah efisiensi sebuah objek maupun tubuhnya menggunakan aura. Seseorang bertipe Kyoka sangat cocok dalam pertarungan jarak dekat, karena sudah pasti mereka unggul dalam segi fisik, baik dalam hal menyerang maupun bertahan. 

Pengguna Nen tipe Kyoka dikatakan memiliki sifat jujur serta memiliki tekad yang kuat. Adapun pengguna Nen tipe ini misalnya, Gon, Isaac Netero, Uvogin, Phinks, dan Nobunaga .


2. Houshutsu (Emission)

Nen tipe Houshutsu atau Emission berada di bagan kiri atas, tipe ini memungkinkan penggunannya untuk memanipulasi aura saat terpisah dari tubuhnya. Dalam hal ini seorang bertipe Houshutsu mampu melepaskan aura dari tubuhnya sehingga dapat digunakan sebagai senjata untuk menyerang. Tentunya tipe ini unggul dalam pertarungan jarak jauh. 

Pengguna Nen tipe Houshutsu dikatakan memiliki sifat yang tidak sabaran dan sering meledak-ledak. Adapun pengguna Nen tipe ini misalnya, Leorio, Franklin dan Razor.


3. Henka (Transmutation)

Nen Tipe Henka atau Transmutation berada di bagan kanan atas, merupakan kemampuan untuk mengubah properti aura lalu membentuknya menjadi benda lain atau atribut tertentu, dan hanya bisa dilihat oleh sesama pengguna Nen. Perlu diketahui bahwa tipe Henka hanya meniru komponen pembentukannya saja, bukan merubah aura menjadi benda yang ditiru. 

Walaupun begitu, tipe Henka tak hanya sebatas meniru suatu zat atau komponen saja, melainkan juga dapat memberikan sifat tertentu pada komponen tersebut. Misalnya Hisoka yang meniru dan menggabungkan sifat karet dan getah, sehingga Bungee Gum miliknya lebih fleksibel dan lengket dibandingkan komponen aslinya. 

Pengguna Nen tipe Henka dikatakan memiliki mood yang sering berubah-ubah dan penuh tipu muslihat. Adapun pengguna Nen tipe ini misalnya, Killua, Hisoka, Feitan, Machi dan Bisky.

.

4. Sousa (Manipulation)

Nen tipe Sousa atau Manipulation berada di bagan kiri bawah, merupakan kemampuan yang memungkinkan penggunanya mengontrol makhluk hidup maupun benda mati. Kemampuan seorang tipe Sousa cenderung sangat rumit karena membutuhkan kondisi tertentu yang harus dicapai sebelum si pengguna mampu mengontrol targetnya. Meskipun begitu, tipe Sousa tidak bisa mengontrol kemauan seseorang, melainkan hanya tubuhnya saja.

Pengguna Nen tipe Sousa dikatakan memiliki sikap logis dan argumentatif. Adapun pengguna Nen tipe ini misalnya, Shalnark, Illumi, dan Kalluto


5. Gugenka (Conjuration)

Nen tipe Gugenka atau Conjuration berada di bagan kanan bawah, merupakan kemampuan yang memungkinkan pengguna menciptakan benda secara fisik dengan menggunakan aura. Apabila seorang tipe Gugenka berhasil menguasai Nennya, maka ia dapat memunculkan dan menghilangkan benda ciptaannya semaunya. 

Gugenka adalah satu-satunya penggunaan Nen yang bisa menciptakan benda-benda secara nyata (fisik), sehingga seorang yang bukan pengguna Nen pun bisa melihat dan menyentuhnya. Benda yang diciptakan melalui pengguna Gugenka bisa memiliki kemampuan khusus dengan syarat atau kondisi tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya Chain Jail milik Kurapika yang memiliki kemampuan khusus, namun kekuatannya hanya dapat digunakan ketika berhadapan dengan Genei Ryodan.

Pengguna Nen tipe Gugenka dikatakan memiliki emosi yang datar dan selalu serius. Adapun pengguna Nen tipe ini misalnya, Kurapika, Kite, Shizuku, dan Kortopi


6. Tokushitsu (Specialization)

Nen tipe Tokushitsu atau Specialization berada di bagan paling bawah, merupakan kemampuan Nen yang unik dan berbeda-beda antar sesama penggunanya. Seorang Tokushitsu dikatakan istimewa karena memiliki kemampuan yang sulit dijelaskan dan tidak dapat dihubungkan dengan kelima tipe Nen lainnya.

Meski begitu terdapat kasus dimana seorang bertipe Tokushitsu mampu menguasai lima kategori Nen sekaligus atau ada pula yang memiliki kemampuan spesial dan tidak ada sangkut pautnya dengan kelima tipe Nen. Dalam hal kasus pertama, seorang Tokushitsu mampu mengeluarkan 100% potensi dari kelima tipe Nen. Sehingga diperolehlah kasus kedua, dimana mereka dapat menciptakan kemampuan-kemampuan spesial yang berbeda dan unik. Hal-hal spesial yang berhubungan dengan kehidupan, kematian, aura, waktu, takdir atau nasib, pikiran dan lainnya dapat dilakukan oleh seorang Tokushitsu.

Pengguna Nen tipe Tokushitsu dikatakan memiliki penampilan kharismatik dan independen. Adapun pengguna Nen tipe ini misalnya, Kurapika (mode kurta), Chrollo Lucilfer, Neon Nostrade, dan Pakunoda


Nah itulah penjelasan tentang 6 tipe Nen dalam serial Hunter X Hunter. Menurut teman-teman, tipe Nen mana yang paling menarik? Yuk tulis di kolom komentar.

View: - Tags: Anime, Manga
  1. Henka menurut gua yang paling badass apalagi goodspeed mode killua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, masing-masing tipe nen tentu punya keunggulan tersendiri. Kalau ane sendiri lebih prefer ke gugenka

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)