√ 3 Cara Lock Sinyal 4G LTE di Semua Tipe Android

Afif Dalma
November 24, 2020
0 Comments

 

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Semua Tipe Android - Jaringan 4G yang naik turun memang menjadi masalah pada saat ini, terlebih lagi ketika kita sedang menjalankan aktivitas penting yang memerlukan koneksi internet, tentu hal ini dirasa sangat mengganggu. 

Seperti yang kita tahu, saat ini jaringan 4G menjadi prioritas bagi provider atau penyedia jasa komunikasi telepon seluler di Indonesia. Sehingga ketika jaringan dialihkan ke H+ atau 3G maka kita akan merasakan perbedaannya, khususnya dari segi kecepatan internet. 

Adapun penyebab sinyal tidak stabil, misalnya posisi tower yang berada cukup jauh, sedang berada di dalam ruangan tertutup sehingga ponsel kurang mendapatkan sinyal, minimnya sinyal yang dipancarkan oleh BTS dan lain sebagainya.

Sayangnya beberapa ponsel smartphone yang saat ini tidak secara otomatis mengunci jaringan 4G, alhasil ketika sinyal 4G tidak stabil maka secara otomatis ponsel menurunkan jaringan ke 3,5G(H+), 3G, bahkan 2G. Hal ini cukup mengganggu karena dalam beberapa kasus walaupun sinyal sudah kembali stabil, jaringan tidak secara otomatis beralih kembali ke 4G.

Namun jangan khawatir, karena setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengunci jaringan 4G LTE, baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tidak. Berikut tutorial lengkap mengenai bagaimana cara Lock sinyak 4G LTE di semua tipe android.

1. Lock Sinyal 4G LTE via Pengaturan Ponsel

Cara yang pertama ini cukup mudah, cukup pergi ke menu pengaturan ponsel android kemudian ikuti langkah dibawah ini.

1. Silahkan kamu buka menu Settings/Pengaturan/Setelan.
2. Kemudian cari Connections/Koneksi.
3. Pilih Mobile Networks/Jaringan Seluler kemudiah ubah ke LTE Only.

Namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua smartphone memiliki pilihan jaringan LTE Only, dan untuk mengatasi hal ini, kamu harus menggunakan cara kedua seperti dibawah ini.

2. Lock Sinyal 4G LTE via Dial Pad

Cara kedua juga bisa dikatakan mudah, karena kamu cukup melakukan panggilan via aplikasi Telepon yang ada di smartphone android milikmu, dan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masukan kode *#*#4636#*#* pada kolom dial pad.
2. Setelah kode diatas dimasukan maka secara otomatis akan diarahkan ke menu Pengujian Telepon.
3. Kemudian pilih Informasi Perangkat.
4. Cari Set Preferred Network Type ubah ke LTE Only

Apabila cara kedua masih tidak berhasil (menu pengujian telepon tidak muncul), maka kamu harus menggunakan cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan.

3. Aplikasi 4G LTE Switcher 

Cara ketiga atau cara terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama 4G LTE Switcher. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Playstore, cara penggunaannya pun cukup mudah.

1. Buka aplikasi 4G LTE Switcher.
2. Cari Set Preferred Network Type ubah ke LTE Only
3. Tutup aplikasi.

Cara yang terakhir ini sudah dipastikan work 100% untuk semua jenis ponsel android. Dengan begitu kamu bisa mengakses internet di jaringan 4G LTE tanpa harus takut sinyal naik turun. Namun perlu diketahui dalam beberapa kasus jika ponsel berada pada jaringan  LTE Only, ponsel tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon maupun SMS.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)