Kenali Perbedaan PS4 HEN dan PS4 Ori Sebelum Membeli PS4

Afif Dalma
November 30, 2020
0 Comments
Kenali Perbedaan PS4 HEN dan PS4 Ori Sebelum Membeli PS4

Pastinya teman-teman sudah mempersiapkan isi dompet sebelum perilisan global PlayStation 5 (PS5) di awal tahun 2021 nanti. Dengan hadirnya PS5 tentu akan berdampak pada penurunan harga generasi sebelumnya (PlayStation 4), dan pastinya ini merupakan momen yang sangat dinantikan oleh kamu yang belum kesampaian memiliki konsol PS4 di tahun ini. 

Sebelum membeli PS4, tentunya kamu harus tau bahwa PS4 memiliki tiga varian yaitu FAT, Slim, dan Pro. Selain itu PS4 juga dibedakan menjadi dua versi, yaitu versi original dan versi bajakan (HEN). Kamu bisa browsing untuk mengetahui perbedaan dari tiga varian PS4, karena poin yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu mengenai perbedaan PS4 HEN dan PS4 orginal. 

Untuk kamu yang hendak membeli PS4, mengetahui perbedaan PS4 HEN dan ori sangatlah perlu supaya kamu tidak salah pilih nantinya. Bagi yang masih awam mengenai PS4 tentunya akan cenderung memilih yang versi original ketimbang HEN, sementara untuk yang sudah paham pastinya lebih memilih versi HEN karena memiliki fitur yang lebih menggiurkan. 

Meski demikian, tetap saja keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas apa saja sih perbedaan PS4 HEN dan PS4 Ori? Yuk simak selengkapnya dibawah ini. 

Apa itu PS4 HEN?

HEN atau Homebrew Enabler merupakan metode jailbreak (crack) untuk memodifikasi firmware pada PS4. Tujuannya tak lain supaya PS4 bisa mengakses atau melakukan beragam hal yang tidak bisa dilakukan di versi originalnya, salah satunya seperti menginstall game tanpa harus membelinya (bajakan). 

Hal inilah yang membuat PS4 HEN menjadi prioritas utama khususnya bagi pemilik rental PS kebanyakan. Alasannya tak lain karena harga Blu-Ray game PS4 yang cukup mahal.

Kelebihan PS4 HEN

1. Install Game Bajakan


Seperti yang kita tahu, bahwa harga Blu-Ray disc PS4 bisa dibilang mahal, apalagi game-game eksklusifnya. Budget yang minim membuat kebanyakan orang lebih memilih PS4 HEN dibanding versi originalnya, sebab kamu cukup bermodalkan kuota internet untuk mendownload game-game yang diinginkan. 

Atau alternatif lainnya kamu bisa menggunakan jasa installasi game PS4 di toko game terdekat, dan pastinya biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan harga game originalnya.

2. Menggunakan Cheat dan MOD 


Cheat menjadi fitur yang cukup penting bagi sebagian orang, terutama saat mengalami kesulitan dikala bermain game favorit. Nah, PS4 HEN mendukung fitur cheat di beberapa judul game, tentunya fitur ini dapat dijadikan senjata terakhir apabila kamu merasa putus asa dan frustasi terhadap game yang sedang dimainkan. 

Selain cheat, kamu juga bisa menginstall MOD pada game-game tertentu, misalnya pada game Grand Theft Auto V (GTA V) kamu bisa merubah karakter Franklin menjadi Naruto dengan menggunakan MOD.

Kelebihan PS4 Original

1. Update Firmware dan Game


Keutungan utama menggunakan PS4 Original tentunya kamu akan selalu mendapatkan update  atau pembaharuan baik firmware maupun patch dari sebuah game. Perlu kamu ketahui, salah satu syarat untuk bisa memainkan game PS4 secara online adalah menggunakan firmware versi terbaru. 

Tak hanya itu, pembaharuan firmware juga sangat penting khususnya dalam menjaga kestabilan game saat dimainkan, serta untuk memperbaiki bug dan error yang terjadi di dalam game maupun di PS4 itu sendiri. 

2. Bermain Game Online

Fitur online menjadi nilai plus untuk PS4, maka tak heran jika banyak yang lebih memilih membeli versi original. Hal ini dikarenakan kamu bisa mengakses beragam fitur yang berkaitan dengan internet, salah satunya bermain game secara online

Terlebih lagi belakangan ini banyak game PS4 yang  memerlukan koneksi internet supaya bisa dimainkan, sebut saja seperti Genshin Impact, Fortnite, PUBG, dan Apex Legends. Tentunya game-game multiplayer online tersebut tidak akan pernah bisa kamu mainkan di PS4 HEN.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak kelebihan lainnya yang bisa kita peroleh, baik dari versi HEN maupun original. Namun, saya rasa penjelasan di atas sudah cukup untuk memberikanmu gambaran mengenai kekurangan dari masing-masing versi. Dengan begitu, saya berharap teman-teman bisa menentukan PS4 yang memang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)