Pengetahuan

Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Afif Dalma Afif Dalma
August 10, 2021
14 Comments
Home
Pengetahuan
Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Sifat iri dan cemburu terhadap orang lain memanglah manusiawi, dan sudah melekat dalam diri setiap orang. Sepanjang hidupnya setidaknya satu kali seseorang pernah memiliki rasa iri terhadap orang lain, entah iri dalam hal pekerjaan, impian, uang, jodoh, maupun hal lainnya. Akibat rasa iri inilah muncul pikiran untuk membandingkan dirinya dengan orang tersebut.

Sikap membandingkan diri sendiri dengan orang lain kerap kali dipandang sebagai suatu hal yang negatif karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental, dikarenakan dapat membuat seseorang menjadi insinyur insecure ketika bertemu orang-orang disekitarnya. 

Meski begitu, ada juga hal positif yang ditimbulkan dari sikap membandingkan diri tersebut, seperti misalnya memberikan motivasi terhadap seseorang agar selalu bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan, ataupun membuat seseorang menjadi lebih bersyukur atas apa yang ia miliki hingga saat ini.

Namun tetap saja membandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan sebuah tindakan yang percuma dan sia-sia. Percuma karena hanya akan menambah beban pikiran, sia-sia karena hanya membuang-buang waktu saat memikirkan hal tersebut. 

Oleh karena itu ada baiknya kita untuk menghentikan kebiasaan tersebut, Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan agar dapat berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.


1. Jauhi orang-orang yang membuatmu insecure

Salah satu faktor utama yang menjadi pemicu timbulnya rasa membandingkan diri dengan orang lain tak lepas dari yang namanya pergaulan. Semakin luas pergaulan yang dijalin, maka akan semakin banyak orang yang kita temui. Tentunya dari sekian banyaknya manusia tersebut, pastinya ada satu dua orang yang membuat kita merasa insecure walaupun hanya karena alasan yang sepele, dari segi penampilan misalnya. Nah, sebelum hal itu terjadi, segera jauhi orang-orang yang dapat membuat kita merasa tidak nyaman. 


2. Batasi kegiatan di sosial media

Media sosial juga menjadi faktor pemicu timbulnya rasa membandingkan diri, sebab secara tidak langsung hampir setiap saat kita dibombardir dengan postingan individu yang seolah-olah memperlihatkan bahwa mereka memiliki kehidupan yang selalu perfect dibandingkan kehidupan yang kita miliki. 

Alhasil secara tidak langsung juga kita sering membandingkan momen yang kita miliki dengan sorotan orang lain. Dampak dari hal tersebut misalnya kita jadi tidak pede ketika ingin mengupload foto diri sendiri ke media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Daripada merasa tertekan ada baiknya untuk kita membatasi kegiatan saat berselancar di sosial media.


3. Terima keadaan saat ini dan terus bekerja keras

Tak jarang orang-orang suka membandingkan kehidupannya dengan kehidupan mewah para artis atau miliarder. Tentunya jika terus larut dalam perasaan iri akan membuat kita lupa bersyukur dan malah membenci diri sendiri, "toh mustahil kita bisa jalan-jalan keluar negeri karena kita bukan artis". 

Sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut, ada baiknya kita untuk terus melakukan apa yang kita bisa, namun tetap diiringi dengan doa dan kerja keras. Walaupun cukup sulit untuk bisa menjalani kehidupan seperti artis yang kita dambakan, tak menutup kemungkinan kita dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan artis tersebut, tentunya berkat doa serta jerih payah yang telah kita lakukan.


4. Tentukan tujuan hidup dan nikmati prosesnya

Pastinya setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing, dan untuk meraih tujuan hidup tersebut tentu tidaklah mudah, bahkan penuh dengan lika liku. Disaat kita membandingkan diri dengan orang lain yang berhasil mencapai tujuan hidupnya, kita cuma tahu hasil yang didapatkan, sayangnya kita tidak pernah tau proses apa saja yang sudah mereka lalui. Sehingga walaupun kita berhasil menggapai tujuan yang sama tapi kita tidak begitu menikmatinya, sedangkan mereka bahagia karena memang itu tujuan hidupnya.

Oleh karena itu bisa dibilang memiliki tujuan hidup dapat menyelamatkan kita dari sikap ingin membandingkan diri dengan orang lain. Misalnya kita punya tujuan hidup memiliki rumah sebelum umur 30 tahun tentu akan sama dengan sebagian besar orang. Tetapi kita hanya perlu fokus pada tujuan kita dan menikmati prosesnya, sebab jika tujuan kita benar-benar terwujud maka kita bisa dengan bangga menikmati hasilnya. Sedangkan jika mengikuti tujuan hidup orang lain belum tentu kita bangga, justru perasaan dan pikiran akan merasa selalu kurang sebelum kita mampu membuat orang lain segan.


5. Ketahui bahwa hidup orang lain tak selalu berjalan mulus

Seperti yang sudah disinggung diatas, pada dasarnya kita melihat kehidupan orang lain hanya dari satu sudut pandang, yaitu hanya melihat keberhasilan yang telah mereka raih. Sehingga kita tidak pernah tahu menahu tentang kehidupan pribadinya. Mungkin orang lain bisa jalan-jalan ke luar negeri karena harus mengobati penyakit yang sulit disembuhkan di negaranya. Orang lain punya rumah mewah mungkin karena itu merupakan penghargaan atas hasil kerja kerasnya, sebab dulunya pernah tinggal di jalanan. Oleh karena itu, kita juga harus bisa melihat dari sudut pandang lainnya, bahkan bisa jadi orang lain justru membandingkan kehidupan miliknya dengan kehidupan kita, siapa yang tahu.

***

Itulah beberapa cara untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Daripada kita sibuk memandingkan sana-sini, lebih baik kita tampil apa adanya, bukan ada apanya. Sebab setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, daripada meratapi kekurangan yang kita punya, lebih baik kita bersyukur atas kelebihan yang kita miliki.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

14 comments

  1. Marfa Umi
    Marfa Umi
    August 12, 2021
    Makin gede makin ngeh kalau seringkali bahkan tanpa sadar tuh membandingkan diri, gawat kalau bikin insecure terus-terusan dan nggak fokus sama diri sendiri. Berbaik hati ke diri sendiri dan belajar menerima bisa menjadi langkah awal untuk belajar menghargai tanpa menilai dengan cara membandingkan
  2. Nunu Amir
    Nunu Amir
    August 11, 2021
    nice sharing mba. jd reminder buat diri sendiri
  3. Dewi Rieka
    Dewi Rieka
    August 11, 2021
    Setuju sih, membandingkan diri dengan orang lain hanya akan jadi beban padahal setiap orang beda target dalam hidup dan garis startnya berbeda, jalani saja impian kita..
  4. jejakuntung
    jejakuntung
    August 11, 2021
    kurangi medsos, fokus pada tujuan dan nikmati prosesnya. bener juga tuh, baru nengok ke samping kalau karya kita sudah komitmenmen dengan potensi diri kita dan tunjukan karya yang terbaik yang kita miliki. maka dengan begitu kita akan percaya pada diri sendiri dan hidup lebih optimis...
  5. Syahri
    Syahri
    August 11, 2021
    Tiap diri kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa yg orang miliki belum tentu diapun memiliki apa yg kita miliki. Jadi hidup tidaklah perlu iri dgn keadaan orang lain. Biarlah kita menjadi diri sendiri ya mas
  6. Ghozaliq
    Ghozaliq
    August 11, 2021
    Artikel yang menarik Kak, bisa jadi refleksi diri sendiri juga untuk tidak membandingkan orang lain juga.
    Yuk mari hargai diri sendiri pada setiap proses dan tujuannya, :)
  7. Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri
    August 11, 2021
    Setiap orang tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rumput tetangga sering terlihat lebih hijau dibandingkan rumput di halaman sendiri. Yang penting kita berusaha yang terbaik aja, berdoa dan ikhtiar. Bangga sama diri sendiri itu jauh lebih penting.
  8. Elisa
    Elisa
    August 11, 2021
    Saya duluuu banget pas awal-awal ngeblog, pernah tuh lihat blognya teman-teman penuh pencapaian, ada yang dapat award ini award itu, akhirnya saya insecure dan bener-bener menjauh dari medsos, mau update tulisan di blog pun merasa nggak guna.. Tapi dengan berjalannya waktu saya introspeksi diri dan belajar menerima "kenyataan" akhirnya bisa legowo dan mulai sedikit curhat di blog sampe lega hehehe.. Terima kasih sharingnya ya, Kak.
  9. Diah Kusumastuti
    Diah Kusumastuti
    August 11, 2021
    Banyak hal ya yang bisa membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Namun banyak pula cara untuk menghindarinya. Setuju dengan poin-poin di atas. Aku pernah juga mengalaminya, namun saat memutuskan untuk menghindari pertemanan yang dapat memicu sikap membandingkan, ya alhamdulillah jadi lebih tenang hidupku :)
  10. ranimutiaraa
    ranimutiaraa
    August 11, 2021
    Nice topic🙌 Saya juga selalu mengusahakan supaya tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena selain hanya membuat saya merasa down, kadang-kadang hal" seperti ini juga bisa membuat kita menjadi lebih mudah iri dengan orang lain
  11. Show more
  12. Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    August 10, 2021
    Begini, ya. Kadangkala kita memang jadi pembunuh semangat bagi diri sendiri, terutama bila mudah baperan liat kesuksesan orang.
  13. diarypelajar.com
    diarypelajar.com
    August 10, 2021
    tentukan tujuan hidup, bener banget kita semua start di titik yang berbeda2 ada yang mudah karena berbagai faktor dan yang harus berjuang keras, tulisan ini sangat mengispirasi trimakasih terlah berbagi. Semangat capai dream kalian gaiiss.
  14. Inaya Basari
    Inaya Basari
    August 10, 2021
    Nice sharing. Faktanya memang kita nggak bisa sama sekali lepas dari upaya membandingkan diri sendiri dgn orang lain, khususnya yg seangkatan. Tp biasanya kala saya diubah ke hal positif, kalau lihat teman seangkatan udah bisa lanjut S2, saya jd terpacu untuk sekolah lagi, contohnya...
    1. Afif Dalma
      Afif Dalma
      August 10, 2021
      benar sekali mas, tinggal dari kitanya sendiri gimana cara menyikapinya.. mau membandingkan diri untuk dijadikan sebuah motivasi atau justru untuk bikin minder diri sendiri. makasih kunjungannya btw
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)