Pengertian dan Fungsi Bookmark pada Web Browser

Afif Dalma
Afif Dalma

Ketika kamu sedang berselancar di internet dan berkunjung ke sebuah situs web, tak jarang kamu ingin mengunjungi situs tersebut di lain waktu. Mungkin kalau alamat(URL) situs tersebut pendek, kamu bisa dengan mudah mengingatnya, namun bagaimana jika alamat situs tersebut cukup panjang dan sulit diingat?  Gampang kok caranya, tinggal tulis aja di buku catatan, atau simpan halaman tersebut di notepad komputer kita. 

Cara tersebut memang bisa kamu terapkan sih, tapi terkesan ribet, bagaimana jika kamu punya puluhan situs yang ingin dikunjungi lagi, tentu cara tersebut tidak begitu efektik. Untungnya web browser seperti Mozilla, Chrome ataupun Opera menyediakan sebuah fitur yang memudahkan pengguna ketika ingin menyimpan/menandai sebuah situs, yaitu Bookmark.

Mungkin bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia internet sudah tak asing lagi dengan fitur yang satu ini. Tetapi beberapa orang mungkin masih awam mengenai fitur bookmark ini, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian dan fungsi bookmark pada web browser.

Pengertian Bookmark

Bookmark merupakan fitur pada web browser yang digunakan untuk menyimpan alamat situs web untuk dikunjungi di masa mendatang. Fitur bookmark tentu sangat membantu para pengguna browser, karena kamu tidak perlu susah payah menghafal alamat web yang ingin dikunjungi lagi nantinya. Tak hanya sekedar menyimpan alamat web, kamu juga bisa mengelompokkan alamat web tersebut sesuai dengan tema atau topik tertentu. Tentunya ini dapat menghemat waktumu ketika ingin mengunjungi situs tertentu.

Untuk menggunakan fitur bookmark kamu hanya perlu mengklik tombol CTRL + D atau kamu bisa mengklik icon bintang yang berada di sebelah kanan address bar browser. Apabila sebuah alamat web sudah di bookmark maka situs tersebut akan diwakili oleh favicon (favorite icon) dan deskripsi singkat dari situs web tersebut. 

Cara menambahkan Bookmark di Google Chrome

1. Jalankan Google Chrome atau web browser lainnya, kemudian buka situs web yang sering kamu kunjungi.


2. Kemudian klik icon bintang yang ada di sebelah kanan address bar website atau pencet kombinasi keyboard CTRL + D. Ubah nama default sesuai dengan keinginanmu, kamu juga bisa menentukan folder dari bookmark yang sedang dibuat. Jika sudah klik done.


3. Maka nama situs yang baru saja kamu tambahkan akan muncul beserta favicon, dan terletak dibagian bawah address bar. 


4. Bookmark berhasil dibuat.


Itulah artikel tentang pengertian dan fungsi bookmark pada web browser. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua yang masih bingung tentang fitur bookmark. 

Comments : Pengertian dan Fungsi Bookmark pada Web Browser