8 Form Kamen Rider yang Sulit Dikendalikan

Afif Dalma
February 27, 2021
0 Comments

Serial Kamen Rider (khususnya era Heisei dan Reiwa) pastinya tak lepas dari yang namanya form (bentuk). Sebab, hampir setiap kamen rider memiliki berbagai macam form yang memungkinkan mereka mengakses kekuatan yang berbeda-beda. Tak hanya dari segi kekuatan, bentuk armor untuk setiap form pun berbeda dan tentunya unik. Selain itu, setiap form juga memiliki nama yang biasanya menggambarkan seberapa kuatnya form tersebut 

Form pada kamen rider umumnya dimunculkan agar si kamen rider bertambah kuat dan dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Namun dalam beberapa kasus, tak jarang kita melihat kamen rider yang kesulitan mengendalikan form miliknya. Form yang sulit dikendalikan ini masuk dalam kategori uncontrollable yang mana kebanyakan form tersebut didapat dari kekuatan terlarang ataupun kekuatan kegelapan. Berikut adalah 8 form kamen rider yang sulit dikendalikan, simak penjelasannya.


Kamen Rider Agito Burning

Burning form adalah super form milik kamen rider Agito yang merupakan perwujudan dari semangat juang Shouici yang berapi-api. Form ini meningkatkan kekuatan bertarung Agito sebanyak dua kali lipat dari Ground Form, bahkan Trinity Form. Namun kekuatannya yang luar biasa ini justru membuat tubuh Shouichi terbebani sehingga membuatnya kesulitan mengendalikan dirinya.

Hal ini dikarenakan kekuatan Burning form dipicu oleh amarah dan amukan dari Shouichi sendiri. Dengan demikian, kekuatan Burning form meningkat seiring bertambahnya kemarahan Agito. Walau begitu Shouici tetap berusaha mengendalikan form ini karena Burning Form menjadi batu loncatan Agito untuk mengakses final formnya yaitu Agito Shining Form.


Kamen Rider W Fang-Joker

Fang merupakan Gaia Memory khusus berbentuk dinosaurus yang diciptakan untuk melindungi Philip dan bertindak sebagai pengawalnya. Gaia Memory Fang memiliki dua bentuk, yaitu Live Mode (untuk menyerang dan bertahan) dan Memory Mode (untuk bertransformasi menjadi form Fang-Joker). Berbeda dengan form lainnya yang menggunakan tubuh Shotaro, untuk menggunakan form Fang-Joker, tubuh Philip yang harus jadi wadah utamanya.

Setiap awal transformasi ke bentuk Fang-Joker, Philip tidak bisa mengendalikan tubuhnya sendiri, yang menyebabkan dirinya mengamuk dan bertarung layaknya hewan liar. Bahkan Shotaro pun tidak bisa bergerak bebas saat menggunakan form ini, dan menjadi alasan mengapa ia tidak bisa menggonta-ganti Gaia Memory pada tubuh bagian kanan. Walaupun begitu, setelah Philip berhasil mengendalikan form ini, tanpa harus berganti Gaia Memory pun kekuatan kamen rider W Fang-Joker sudah begitu dahsyat.


Kamen Rider OOO Putotyra Combo

Putotyra combo merupakan final form dari kamen rider OOO yang memiliki kekuatan tempur sangat amat dahsyat. Untuk bertransformasi ke bentuk ini, Eiji Hino menggunakan tiga core medal yaitu Ptera, Tricera, dan Tyranno. Sama seperti combo lainnya yang memiliki kekuatan unik, Putotyra combo juga memungkinkan kamen rider OOO mengeluarkan sayap Pteranodon, tanduk Triceratops, serta ekor Tyrannosaurus.

Sebagai final form tentunya Putotyra combo sangatlah sakti dan kuat, namun sayangnya Eiji cukup kesulitan mengendalikan form tersebut, sehingga di setiap pertarungan, Eiji seringkali lepas kontrol dan menjadi brutal. Bahkan akibat terlalu sering menggunakan form ini, Eiji pun terkena efek samping yang mengubahnya menjadi sosok Greeed.


Kamen Rider Ryugen Yomotsuheguri Arms

Mitsuzane Kureshima aka Micchy menjadi salah satu karakter yang cukup dibenci pada serial kamen rider Gaim, terlebih lagi setelah ia membunuh Kouta dengan menggunakan kekuatan Lockseed Yomotsuheguri. Lockseed tersebut memungkinkan Micchy bertransformasi menjadi kamen rider Ryugen Yomotsuheguri Arms, super form milik kamen rider Ryugen dengan bentuk armor yang terlihat seperti gabungan Budou Arms dan Kiwi Arms namun dengan tambahan kekuatan Overlord.

Form ini sangat kuat karena menambahkan daya serang, kecepatan, serta kelincahan Ryugen. Sayangnya, meskipun Yomotsuheguri Arms sangat kuat, form ini justru malah menghambat penggunanya untuk mengeluarkan kekuatan penuhnya seratus persen. Ini disebabkan ketidakcocokan Lockseed dengan pengguna, sehingga Micchy harus menahan rasa sakit yang luar biasa ketika menggunakan form tersebut.


Kamen Rider Mach Type Deadheat

Shift Deadheat merupakan gabungan antara Shift Car dan Signal Bike, yang mana kamen rider Mach dan Drive akan bertransformasi menjadi type Deadheat jika menggunakan shift tersebut, namun form ini lebih dominan sebagai super form Mach. Shift Deadheat sendiri sejatinya diciptakan untuk melawan Roidmude 002 (Heart), dan memungkinkan penggunanya mengakses Dead Zone untuk mendapat peningkatan kekuatan, pengguna juga dapat menahan efek dari medan akselerasi super berat.

Namun terdapat kelemahan dan resiko saat menggunakan form ini, yaitu waktu penggunaannya terbatas dan membuat pengguna lepas kendali lalu menyerang orang-orang disekitarnya. Satu-satunya cara untuk menghentikan amukan Deadheat yaitu dengan melepaskan Shift secara paksa, atau menyerang si pengguna menggunakan gerakan finishing. Hanya Go yang bisa mengendalikan form ini hingga meningkatkan Dead Zone dan mengakses mode berserk dari form Deadheat.  


Kamen Rider Build Hazard Form

Hazard form merupakan salah satu super form milik kamen rider Build yang sangat kuat, karena form ini memungkinkan Sento untuk meningkatkan level Hazardnya, serta mengevolusi Best Match milik Build ke tingkat yang lebih tinggi, oleh karena itu form ini dilabeli Super Best Match. Sayangnya saat menggunakan Hazard form, Sento harus menanggung resiko lepas kontrol dan menyerang siapa saja yang berada disekitarnya. 

Untuk berubah ke bentuk Hazard form, Sento menggunakan perangkat kecil yang bernama Hazard Trigger, yang sejatinya merupakan perangkat terlarang. Meski begitu, Sento tetap berupaya mengendalikan form ini, karena Hazard form memiliki peran penting bagi Build demi bisa mengakses form lainnya yang lebih kuat, seperti Rabbit-Rabbit/Tank-Tank dan final form Build Genius.


Kamen Rider Zero-One MetalCluster Hopper

MetalCluster Hopper merupakan super form Kamen Rider Zero-One yang kekuatannya berasal dari satelit Ark. Saat menggunakan form ini, armor Zero-One terbentuk dari belalang robotik yang menempel pada tubuhnya. Uniknya belalang robotik yang bernama Cluster Cells ini mampu menempel dan melepaskan diri sesuka hati dari tubuh Zero-One. Saat terpisah dari tubuh Zero-One, Cluster Cells mampu membentuk struktur lain seperti perisai dan senjata untuk melancarkan serangan.

Saat pertamakali menggunakan form ini, Aruto tidak bisa mengedalikan tubuhnya sama sekali, dikarenakan pikirannya terjebak atau lebih tepatnya tersegel di satelit Ark, alhasil tubuhnya bergerak sesuai kehendak Ark dan menyerang siapa saja yang ada di sekitarnya. Untungnya kekuatan jahat Ark dapat dinetralisir dengan menggunakan Progrise Hopper Blade yang membuat kesadaran Aruto dipindahkan secara paksa ke satelit ZEA sehingga Zero-One berhasil mengendalikan tubuhnya kembali.


Kamen Rider Saber Primitive Dragon 

Menjadi super form kedua Saber setelah Dragonic Knight, Primitive Dragon merupakan form yang didapatkan Touma melalui kekuatan buku terlarang yang dicuri Storious dari markas selatan Sword of Logos. Kekuatan buku terlarang tersebut memancar keluar hingga akhirnya buku tersebut berubah menjadi Primitive Dragon Wonder Ride Book. Untuk menggunakan form ini, Touma harus memasukkan Ride Book Brave Dragon ke dalam Ride Book Primitive Dragon. 

Karena kekuatannya berasal dari buku terlarang, form ini sangat sulit untuk dikendalikan, Touma pun sampai kehilangan kesadaran saat berubah menjadi Brave Primitive Dragon. Seperti namanya, ketika menggunakan form ini Saber berpenampilan layaknya naga purba dengan motif tengkorak, gaya bertarungnya pun sangat brutal seperti hewan buas (primitif) bahkan cara Saber memegang pedang Rekka juga cukup unik sebab yang dipegang justru bilahnya, bukan gagang pedangnya.



Demikianlah artikel mengenai 8 form kamen rider yang sulit dikendalikan. Sebenernya masih ada beberapa kamen rider lagi yang memiliki form kategori uncontrollable, tetapi menurut saya dari sekian banyaknya hanya 8 form ini lah yang paling sulit dikendalikan di masing-masing serialnya. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)