10 Cara Terbaik Menghasilkan Uang Secara Online di Tahun 2021

Afif Dalma
Afif Dalma

Saat ini hampir setiap orang pasti memiliki smartphone atau komputer. Selain karena kebutuhan komunikasi, perkembangan zaman juga menuntut orang-orang untuk terus up to date alias gak ketinggalan zaman. Namun tahukah kamu, bahwa di zaman sekarang kita bisa menghasilkan uang hanya dengan bermodalkan ponsel pintar atau laptop saja. Sayangnya masih banyak orang yang belum tau tentang hal ini.

Ada banyak sekali cara untuk bisa menghasilkan uang dari internet, namun pada artikel kali ini saya hanya akan membagikan 10 cara paling umum untuk dapat menghasilkan uang secara online. Tapi perlu diingat, yang namanya menghasilkan uang pastinya gak akan segampang membalikkan telapak tangan, namun itu semua tergantung niat dan usahamu. Oleh karena itu bagi teman-teman yang sedang membaca artikel ini, saya harap kalian bisa memanfaatkan gadget kalian semaksimal mungkin.


1. Membuat Blog

Ngeblog merupakan salah satu cara paling umum untuk dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika kamu punya pasion dalam hal tulis-menulis atau memang punya hobi menulis, kamu bisa memanfaatkannya dengan cara membuat situs blog/web dan menulis artikel sebanyak mungkin. 

Cara supaya blog milikmu bisa menghasilkan, tentunya kamu harus memonetisasi situs blog/web milikmu terlebih dahulu ke berbagai jaringan iklan yang tersedia, misalnya Google Adsense. Selain itu, apabila situs blog milikmu sudah ramai pengunjung, maka tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan iklan kerjasama dari pihak tertentu. 


2. Membuat Channel YouTube

Saat ini banyak sekali anak muda yang bercita-cita menjadi YouTuber. Bukan tanpa alasan mereka ingin menjadi YouTuber, sebab penghasilan dari YouTube terbilang sangat menjanjikan, terlebih lagi jika kamu terus konsisten terhadap channel YouTube yang sudah dibangun.

Namun sebelum membangun channel YouTube, pikirkan terlebih dahulu topik atau konten yang ingin kamu upload ke channel YouTube milikmu, jangan lupa tentukan target penonton yang ingin dituju. Nantinya jika channel YouTube milikmu sudah memenuhi syarat dan ketentuan dari pihak YouTube, maka kamu bisa memonetisasi channelmu dengan Google Adsense.


3. Freelancing

Freelancer menjadi opsi yang tepat bagi kamu yang punya skill tertentu namun gak mau ribet bangun Blog dan YouTube. Karena dengan menjadi freelancer, kamu bisa menghasilkan uang dengan menyediakan layanan (jasa) seperti jasa desain web, penulis artikel, edit foto, edit video, dan lain sebagainya.

Nantinya kamu bisa memposting jasa apa yang ingin kamu jual melalui beberapa situs freelancer seperti fiverr.com, upwork.com, freelancer.in, dll. Atau jika kamu punya banyak kenalan, teman dan koneksi, kamu bisa memposting jasa yang ingin kamu tawarkan lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya.


4. Bisnis E-Commerce

Memulai bisnis e-commerce menjadi salah satu peluang besar untuk dapat menghasilkan uang. Untuk memulai bisnis e-commerce pun tak membutuhkan biaya sewa toko atau tempat, sehingga kamu bisa melakukannya dari rumah hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet. Namun tentunya kamu harus memiliki produk yang ingin dijual, pastikan kualitas produk tersebut bagus supaya orang lain tertarik untuk membelinya.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah membuat akun penjual terlebih dahulu di situs-situs e-commerce yang tersedia, setelah itu barulah kamu mengunggah produk untuk dijual. Adapun beberapa situs e-commerce yang bisa kamu gunakan misalnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dll. Atau jika kamu ingin mengirim barang ke luar negeri bisa menggunakan Amazon, eBay, snapdeal, dll.


5. Bergabung dengan Afiliasi

Saat ini, sudah banyak orang yang menghasilkan banyak uang dengan afiliasi marketing. Afiliasi sendiri merupakan suatu metode pemasaran dimana seseorang akan mendapatkan komisi setelah berhasil mempromosikan atau menjual produk milik si penjual. Bergabung dengan afiliasi memungkinkanmu mendapat uang tanpa harus keluar modal.

Namun sebelum itu, tentunya kamu harus bergabung terlebih dahulu dengan program afiliasi yang tersedia di internet. Ada beberapa program afiliasi yang bisa kamu ikuti, baik di dalam negeri mauupun di luar negeri. Setelah itu, barulah kamu menjual produk mereka dengan membagikan tautan produk agar mendapat komisi.


6. Menjual Aplikasi atau Program

Apabila kamu punya keahlian di bidang pemrograman (ngoding), ada banyak sekali peluang untuk dapat menghasilkan uang dengan bermodalkan skill tersebut, salah satunya yaitu dengan menjual aplikasi atau program. 

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan program untuk mempermudah pekerjaan mereka, maka tak heran jika sebuah perusahaan berani membayar banyak hanya untuk dibuatkan sebuah aplikasi atau program. Tak hanya perusahaan, kamu juga bisa menjual program buatanmu ke anak-anak kuliah, biasanya mereka membutuhkan program untuk dijadikan referensi tugas akhir, atau bahkan tugas akhir itu sendiri. 


7. Ikut Survei Berbayar

Cara lainnya untuk bisa menghasilkan uang secara online yaitu dengan cara mengikuti survei berbayar yang disediakan oleh beberapa situs web miliki suatu perusahaan. Biasanya perusahaan tersebut membutuhkan survei guna mendapatkan data mengenai produk yang harus mereka kembangkan nantinya. 

Mekanismenya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyelesaikan survei dan ada beberapa langkah juga yang harus diselesaikan. Intinya, setelah kamu mengikuti arahan yang diberikan, barulah kamu bisa mendapatkan uang. Namun perlu kamu ingat, kalau cara ini tidak menjanjikan penghasilan besar seperti yang lainnya.


8. Membuka Kursus Online

Jika kamu punya keahlian dalam suatu bidang maka kamu bisa memanfaatkan keahlianmu dengan membuka kursus online untuk dapat menghasilkan uang. Terlebih lagi dalam situasi seperti saat ini, yang mana semua hal serba online. Dalam situasi ini pun kursus online semakin marak dilakukan, sebab orang-orang tidak keberatan mengeluarkan uang demi mendapatkan pengetahuan.

 Ada banyak sekali platform pembelajaran yang menyediakan program untuk menjadi pengajar online. Nah, kamu bisa mencoba platform tersebut untuk mengasah kemampuan mengajar milikmu. Atau kamu bisa langsung membuka kursus online dengan memanfaatkan aplikasi konferensi seperti Google Meet atau Zoom.


9. Berjualan E-Book

Menjual e-Book (buku versi digital) menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan di zaman sekarang. Sebab, ada banyak sekali orang yang lebih suka membaca buku, novel, maupun komik secara online. 

Oleh karena itu kesempatan ini bisa kamu manfaatkan, terlebih jika kamu memang memiliki keahlian dalam bidang menulis. Kamu bisa menerbitkan eBook milikmu dan menjualnya di beberapa situs e-commerce ataupun di Google Playstore.


10. Menjual Hasil Fotografi

Bagi kamu yang punya hobi fotografi, ternyata hasil karyamu bisa bernilai ekonomis loh dengan menjualnya di situs-situs fotografi. Kamu bisa melakukan hal ini cukup bermodalkan smartphone saja, jadi jangan khawatir apabila kamu tidak mempunyai kamera. .

Tak sedikit fotografer yang menghasilkan uang dari karya fotonya tersebut, mereka biasanya menggunakan beberapa situs web seperti Shutterstock dan iStockPhoto untuk menjual foto yang mereka ambil. Kamu juga bisa menggunakan situs lainnya untuk mejual hasil karyamu.


Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya untuk dapat menghasilkan uang secara online di tahun 2021. Namun 10 poin diatas adalah cara yang memang sudah saya dan beberapa teman alami sendiri. Yang pasti, jika kamu ingin menghasilkan uang dari internet, hindari cara yang ilegal, karena banyak resiko yang bakal kamu terima nantinya.

Comments : 10 Cara Terbaik Menghasilkan Uang Secara Online di Tahun 2021