10 Tokoh Paling Kontroversial di Dunia

Afif Dalma
April 27, 2021
0 Comments

Di dalam kehidupan berkelompok, setiap individu pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, sehingga setiap orang memiliki padangan maupun pendapatnya masing-masing. Hal tersebut tentunya dapat memicu kontroversi dan terjadinya konflik antar sesama anggotanya. 

Kontroversi dapat timbul karena berbagai faktor dan oleh siapa saja, mulai dari orang biasa hingga para tokoh penting di dunia. Kontroversi yang mereka timbulkan tentunya membuat mereka terkena imbas, seperti mendapat citra buruk dan mendapat komentar negatif dari publik, bahkan dari penggemarnya sendiri. Misalnya seperti 10 tokoh paling kontroversial dibawah ini.


10.Britney Spears

Beberapa dari kamu yang besar di akhir 90-an dan awal 2000-an, pastinya mengenal Britney Spears, salah satu bintang pop paling berpengaruh di era modern. Walaupun Britney berhasil dikenal seluruh dunia, ternyata kehidupan pribadinya tak semulus karirnya pada saat itu. Bagaimana tidak, ternyata sang ayah memegang kendali penuh atas kehidupan Britney, termasuk semua harta yang dimilikinya. Tak hanya itu, ia juga diketahui memiliki kondisi mental yang kurang baik akibat depresi. 


9. Gary McKinnon

Gary McKinnon merupakan pria berkebangsaan Skotlandia yang bekerja sebagai sistem administrator. Namun ia lebih dikenal sebagai hacker yang mampu meretas sistem militer dan pertahanan Amerika Serikat. Gary berhasil meretas 97 komputer NASA dan militer AS dalam kurun waktu 2001-2002. Ia bahkan melanjutkan aksinya dengan menghapus beberapa file dari komputer yang berhasil diretas dan meninggalkan pesan di dalam komputer tersebut. Gary McKinnon diketahui mengidap penyakit autisme yang disebut sindrom Aspenger, dirinya membantah telah meretas komputer dan menegaskan bahwa ia hanya mencari informasi tentang UFO.


8. Charles Darwin

Siapa sih yang tak kenal tokoh ilmuwan bernama Charles Darwin. Ia merupakan sosok ilmuwan yang menyatakan bahwa organisme berevolusi secara bertahap melalui proses yang disebutnya seleksi alam. Tentunya teori tersebut menimbulkan pro dan kontra, sehingga Darwin dicap sebagai tokoh yang paling kontroversial, sebab teori tersebut bertentangan dengan ajaran agama yang memiliki versi cerita penciptaannya sendiri. 


7. Miley Cyrus

Miley Cyrus merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, sekaligus artis terkenal asal Amerika Serikat. Ia sangat dikenal dengan kelakuan kontroversial yang selalu menghebohkan publik sekaligus mengundang banyak alasan kontra, salah satunya dari gaya berpakaian. Miley kerap kali mengenakan pakaian yang vulgar dan terbuka ketika sedang menjalani konser. Kehidupan rumah tangganya pun kandas dengan Liam Hemsworth, dikarenakan Miley merupakan penyuka sesama jenis. 


6. Adolf Hitler

Adolf Hitler layak mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam daftar orang paling kontroversial atas jumlah kejahatan yang telah ia lakukan selama masa jabatannya. Sebagai pemimpin Nazi, Hitler bukan hanya memulai Perang Dunia II, tetapi juga membantai jutaan orang yang tidak bersalah, yang kebanyakan adalah orang Yahudi. Banyak orang yang menyebutnya sebagai orang paling kontroversial karena sulit membayangkan mengapa Hitler melakukan begitu banyak kejahatan dalam hidupnya.


5. Lady Gaga

Penyanyi nyetrik asal Amerika Serikat ini merupakan salah satu orang paling diperbincangkan karena kontroversi-kontroversinya. Gaga menjadi perdebatan dalam hal budaya populer karena penampilan, khususnya dalam hal berbusana. Dalam hal busana misalnya, ia kerap kali tampil dengan pakaian yang terbilang nyeleneh seperti gaun yang terbuat dari daging hewan. Tak hanya itu, ia juga mengaku sebagai biseksual alias penyuka sesama jenis dan lawan jenis. 


4. Bashar al-Assad

Bashar al-Assad merupakan Presiden kontroversial di Suriah. Bagaimana tidak, ia disebut-sebut sebagai diktator dan menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas perang saudara yang berkecamuk di Suriah sejak Maret 2011 lalu. Ia menghadapi pertentangan dari sejumlah besar musuh dalam perang saudara yang berlangsung hingga saat ini. Menjadi salah satu orang paling kontroversial di dunia, al-Saad pernah melepaskan gas beracun pada warganya sendiri hingga menyebabkan lebih dari 1.400 orang tewas.


3.Michael Jackson

Penyanyi legendaris dunia sekaligus 'King of Pop', Michael Jackson masuk jajaran orang paling kontroversial di dunia. Walaupun memiliki kehidupan mewah, nyatanya Jacko tak melulu merasakan kebahagian, sebab ada begitu banyak drama di kehidupan pribadi Jacko. Salah satu hal yang paling menjadi sorotan adalah transformasi penampilan fisiknya. Meski terlihat jelas perubahan pada bagian wajahnya, Jacko membantah bahwa dirinya pernah menjalani operasi plastik. Bahkan ia mengaku mengidap vitiligo yang menyebabkan perubahan warna pada kulitnya dari coklat menjadi putih. 


2. Kim Jong-Un

Sudah pasti Kim Jong-Un yang menjabat sebagai Presiden Korea Utara ini masuk dereta orang yang paling kontroversial di dunia, bahkan di planet ini. Bagaimana tidak, Kim Jong-Un yang dikenal kejam, telah melakukan sejumlah eksekusi mati kepada pihak yang dinilai melawan, termasuk mengeksekusi mati paman dan kakaknya. Ia juga menegakkan hukum yang ketat namun terkesan sepele tentang segala hal (bahkan gaya rambut resmi untuk pria dan wanita). Kim bahkan memperingatkan Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk menjauh dari negaranya serta kepemimpinannya atau ia akan menjatuhkan perangkat nuklir di tanah mereka.


1. George W. Bush

George W. Bush merupakan Presiden Amerika Serikat ke-41 yang dikenal sebagai Presiden dengan sejumlah kebijakan kontroversial. Meskipun Bush merupakan sosok pemimpin hebat pada masanya, tetapi banyak yang menganggap beberapa keputusannya kurang bijaksana dan tidak pantas. Contohnya adalah cara ia menangani Badai Katrina yang meluluhlantakkan pesisir Amerika Serikat yang terkesan cuek. Atau keputusannya saat menginvasi Irak juga menimbulkan sejumlah pertanyaan tentang kompetensinya. 



Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)