10 Kebiasaan Buruk yang Sulit Dihentikan

Afif Dalma
May 22, 2021
15 Comments

Setiap orang pastinya memiliki suatu kebiasaan, baik yang awalnya dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Tentunya memiliki kebiasaan tertentu merupakan hal yang umum dan wajar. Sayangnya karena sudah kebiasaan maka terasa sulit untuk tidak melakukannya. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut sudah mendarah daging, alhasil terkadang kamu melakukannya secara spontan. Kalau kebiasaanmu bermanfaat sih tidak masalah. namun bagaimana jika kebiasaan yang kamu lakukan masuk kategori buruk hingga dapat mengganggu kesehatan tubuh maupun mental?

Namanya kebiasaan buruk, tentu akan menimbulkan efek yang buruk juga bagi diri sendiri. Meskipun sudah tahu akan hal tersebut, sayangnya banyak orang yang masih meneruskan kebiasaan buruk tersebut. Efek yang ditimbulkan mungkin tidak dirasakan secara langsung, namun ada baiknya kebiasaan buruk tersebut dihentikan. Yuk cari tahu apakah kebiasaanmu termasuk dalam daftar 10 kebiasaan buruk yang paling sulit dihentikan. 


10. Ngemil berlebihan

Bagi sebagian orang, ngemil menjadi suatu kebiasaan yang umum dan wajar. Namun jika kamu adalah tipe orang yang ingin menggigit sesuatu bahkan dalam keadaan tidak lapar sekalipun, maka kebiasaan ini sudah tidak wajar lagi dan harus segera dihentikan. Bukan tanpa alasan, ngemil berlebihan dapat membuat pola makan terganggu. Disaat orang lain kenyang karena makan nasi (makanan pokok), kamu malah kenyang karena ngemil snack puluhan bungkus. Alhasil tubuhmu akan mengalami kekurangan gizi dan pertumbuhan tubuh menjadi terganggu akibat pola makan yang tak beraturan.


9. Marathon film

Menonton film menjadi kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang dikala bosan. Namun dalam beberapa kasus, banyak orang yang rela duduk berjam-jam didepan TV/komputer demi menamatkan sebuah serial drama, anime, ataupun film. Kebiasaan ini memanglah wajar jika kamu hanya melakukan sesekali dalam seminggu. Namun, jika kamu sering melakukannya, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan ini. Selain menghabiskan waktu, menonton film selama berjam-jam juga dapat menimbulkan penyakit pada mata.


8. Mengupil

Tentunya ini sudah jadi kebiasaan bagi setiap orang. Biasanya mengupil menjadi kebiasaan yang bersifat pribadi, namun tak jarang ada orang yang melakukannya di tempat umum. Mengupil di tempat umum memang bukan suatu masalah, tapi kamu harus tetap menjaga etika terhadap orang-orang disekitarmu. Selain dapat mengganggu orang-orang disekitarmu, hal tersebut juga dapat membuatmu dipandang jelek oleh mereka.


7. Mengigit kuku

Kebiasaan mengigit kuku biasanya dilakukan oleh anak-anak, namun tak jarang orang dewasa juga melakukannya. Mengigit kuku menjadi salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihentikan, sebab kebiasaan ini umumnya terjadi karena kelainan prilaku. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk mengobati rasa tidak sabar, bosan, maupun cemas. Jika kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan ini, kamu harus tahu bahwa menggigit kuku terlalu sering dapat berefek pada kesehatan tubuh. Selain mengundang kuman masuk kedalam mulut, kuku akan rentan terkena infeksi hingga menyebabkan Paranokia.


6. Berkata kasar

Selain dari penampilan, orang lain akan menilaimu lewat sikap maupun perkataan. Jika kamu adalah pribadi yang suka berkata kasar, tentu mereka akan menganggapmu sebagai orang yang tidak punya tata krama. Sebab berkata kasar dapat membuat orang lain tersinggung ataupun tersakiti perasaannya. Jadi jangan heran jika kamu dijauhi ataupun dibenci oleh orang-orang yang ada disekitarmu. Untuk itu kamu perlu membenahi kebiasaan burukmu dalam berbicara, sehingga orang lain pun dapat menghormatimu.


5. Melewati sarapan pagi

Melewati sarapan pagi menjadi kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh orang-orang. Ada begitu banyak alasan yang membuat seseorang melewatkan sarapan paginya, misalnya karena terburu-buru beraktivitas. Hal ini terlihat sepele, namun melewatkan sarapan pagi akan mempengaruhi performamu di sepanjang hari. Oleh karena itu sarapan sangat penting agar membuatmu selalu semangat saat beraktivitas.


4. Menyela pembicaraan

Menyela atau menginterupsi pembicaraan orang lain ketika sedang mengobrol merupakan suatu kebiasan buruk dan terkesan tidak etis. Sebab, ketika kamu menyela pembicaraan orang lain, maka obrolan pun pecah dan tidak bisa dilanjutkan kembali. Kamu pun pasti akan merasa kesal jika tiba-tiba percakapanmu disela oleh orang lain. Jadi alangkah baiknya kamu menunggu hingga orang tersebut selesai berbicara.


3. Menunda-nunda pekerjaan

Sebagian besar kaum rebahan dan mageran sudah pasti memiliki kebiasaan buruk yaitu suka menunda-nunda pekerjaan. Ada banyak alasan yang membuat seseorangan suka menunda suatu pekerjaan, misalnya karena masih ragu-ragu memulai, kurang motivasi, meunggu mood baugs, ingin hasil sempurna, dan beberapa alasan lainnya. Kebiasaan menunda pekerjaan memanglah asik, namun jika terus dilakukan maka dapat membuatmu kecanduan. Seperti misalnya, karena terlalu sering menunda tugas sekolah atau kuliah, kebiasaan buruk ini pun terbawa ke dunia kerja. Alhasil kamu selalu menunda tugas yang harusnya menjadi tanggung jawabmu di kantor.


2. Bergosip

Biasanya gosip dijadikan dalih untuk bersosialisasi dengan orang sekitar. Walaupun begitu, bergosip masuk dalam daftar kebiasaan buruk paling umum yang dilakukan orang-orang, terutama kaum hawa. Bahkan terkadang informasi yang berasal dari gosip lebih mudah dipercaya oleh orang lain. Tentunya hal ini dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Apalagi jika informasi yang kamu berikan terbukti tidak relevan, maka siap-siap saja kamu dicap sebagai penyebar hoax, bahkan parahnya lagi kamu bisa saja berurusan dengan hukum. 


1. Membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain juga masuk dalam daftar kebiasaan buruk paling umum yang sering dilakukan. Ada beragam faktor yang membuat seseorang tidak pede dengan kehidupannya sendiri, sehingga merasa bahwa dirinya masih kurang dari orang lain. Efek negatif yang akan kamu rasakan jika sering melakukan kebiasaan buruk ini yaitu kamu akan selalu merasa insecure ketika bertemu orang lain. Atau lebih buruknya lagi, kamu kehilangan motivasi untuk terus melangkah maju dan mengalami mental breakdance breakdown.


***

Nah itulah dia 10 kebiasaan buruk yang paling sulit dihentikan. Apabila kamu memiliki kebiasaan buruk seperti yang sudah disebutkan diatas, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut demi menjaga kesahatan tubuh maupun mentalmu.   

  1. Bondan Murdani Soleh

    yang masih bertahan ya maraton film, mennunda pekerjaan , ni harus diniatkan kembali sesuai jadwal

    Reply
  2. Listiorini Ajeng Purvashti

    Yang paling kerasa itu marathon film. Aku ngerasain itu hal buruk banget, dampaknya mata ku jadi minus :((( emang harus keras sama diri sendiri soal kebiasaan buruk

    Reply
  3. Nunik Utami

    Waduh, beberapa di atas tuh aku banget. Saat ini lagi agak susah brenti maraton nonton film. Padahal nggak baik, ya.

    Reply
  4. Rudi G. Aswan

    Waduh, kalau aku ngemil berlebihan dan menunda pekerjaan nih, Kak. Emang bener kalau keseringan tuh jadi habit yang sulit dilepaskan. Padahal ngemil banyak ya berbahaya buat kesehatan, apalagi selama pandemi dan ga diimbangi dengan olahraga. Kalau menunda pekerjaan kerasa pas buru-buru menjelang deadline, sungguh menyiksa. Makasih ya udah diingatkan. :)

    Reply
  5. Rozi Piliang

    Saya yang paling sering itu menunda pekerjaan sama sama menolak sarapan,, susah kali merubahnya.

    Reply
  6. Wiwid Nurwidayati

    wkwkwkw, saya masih suka melakukan poin 1, 3, 10. Entah mengapa sampai sekarang masih niat saja mau mengubahnya. palagi yang poin 3, itu sebenernya fatal banget ya. Sebab hasil kerjaan jadi nggak maksimal karena menumpuk.

    Reply
  7. unggulcenter

    Kalau blogger sih biasanya yang deadliners ya nunda nunda pekerjaan hihi

    Reply
  8. Admin BDKM Al-Hikam

    saya masih sering menunda nunda pekerjaan, bismillah proses berubah menjadi lebih baik, trimakasih mas sharingnya, yang paling buruk si kalo ada di lingkungan yang orangnya biasa ngomong kasar, waduuuh

    Reply
  9. Triani Retno A

    Aku sih ngemil nggak sampe berbungkus-bungkus, Cukup satu bungkus aja. Satu bungkus keripik singkong, satu bungkus kuaci, satu bungkus kacang, satu bungkus ... Hahaha... Kalo lagi sadar, biasanya ngemilku berupa buah-buahan atau sayuran rebus (labu, wortel).

    Reply
  10. Andrie K.

    Waduhh, hampir semuanyaa sering banget kulakukan setiap hari.. Terutama pas melewatkan makan dipagi hari, karena kejar target pagi-pagi jadi sekalian lah makan dijalan dan beli aja.. hhu

    Reply
  11. Ainhy Edelweiss

    Kebiasaan tersebut memang perlu dihindari terutama bergosip bagi emak-emak yah haha

    Reply
  12. Andrew Pradana

    Fix nih ngemil berlebihan dan menunda nunda pekerjaan gw banget hahahaha. Kadang gimana ya.. ya itu karena sudah jadi kebiasaan. Masih coba berusaha menguranginya

    Reply
  13. Nurul Sufitri

    Alhamdulillaah nih aku udah ga ikutan arisan emak2 lagi di manapun hahaha :) Jadi no gossip yeyeye! Kalau soal ngupil, itu mah kudu, mas, biar lancar napasnya wkwkwk saringan udara masih berfungsi dengan baik tapi aku tetep demen ngupil kok :D

    Reply
  14. jejakuntung

    Duh, banyak eum yang biasa ku lakukan. terima kasih udah mengingatkan...semoga bisa segera di kurangi.

    Reply
  15. Agustina Purwantini

    Aku masih terbiasa menunda pekerjaan dan membandingkan diri dengan orang lain.

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)