Indonesia Hadapi China Taipei pada Babak Play-off Kualifikasi Piala Asia China 2023

Afif Dalma
June 26, 2021
0 Comments

Indonesia harus menempuh jalan panjang demi bisa tampil di pentas Piala Asia China 2023. Sebelum mengikuti babak kualifikasi, Indonesia bersama tiga negara lainnya harus menjalani babak play-off demi memperebutkan 2 tiket kualifikasi Piala Asia. 

Berdasarkan hasil undian yang dilakukan di markas Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di kuala Lumpur, Indonesia dipastikan akan menghadapi China Taipei di babak play-off kualifikasi Piala Asia China 2023. 

Indonesia harus menjalani babak play-off lantaran mendapat perolehan buruk dengan menempati posisi sebagai juru kunci Grup G dan hanya mendapat satu poin dalam babak kedua kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, yang sekaligus menjadi babak kedua kualifikasi Piala Asia. 

Hal yang sama juga terjadi pada Kamboja, Guam, dan China Taipei, yang juga menempati posisi juru kunci terburuk di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia dan Kamboja ditempatkan di pot 1, berkat 1 poin yang telah diraih. Sementara Guam dan China Taipei berada di pot 2 karena keduanya gagal mendapatkan poin.

Babak play-off kualifikasi Piala Asia China 2023 sendiri akan berlangsung pada bulan September dan Oktober. Dimana laga tersebut akan berformat Kandang Tandang. Skuad asuhan Shin Tae-Yong sangat diharapkan mampu mengalahkan China Taipei, demi menjaga asa tampil di Piala Asia 2023. 

Terkait hal ini, Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan akan mempersiapkan tim dengan baik, serta mendukung penuh program latihan untuk timnas Indonesia, dengan harapan Indonesia mampu merebut tiket ke Piala Asia 2023.

"Hasil pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikan Indonesia harus mengikuti playoff dan akan melawan Taiwan. PSSI akan mempersiapkan tim dengan baik untuk menghadapi laga tersebut, apalagi Chinese Taipei adalah tim yang harus diwaspadai," katanya, sebagaimana diberitakan situs resmi PSSI.

"Terkait pemilihan pemain tentu menjadi kewenangan pelatih Shin Tae-Yong. PSSI mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-Yong demi hasil maksimal di playoff untuk lolos ke babak kualifikasi dan nantinya dapat meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023," tambahnya.

Dalam babak kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri, nantinya akan ada 24 tim yang dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup akan diisi oleh empat tim, dimana juara grup secara otomatis lolos ke Piala Asia 2023. Sementara untuk tim yang finish di posisi runner-up, hanya akan diambil 5 runner-up terbaik untuk melaju ke putaran final Piala Asia 2023.


Jadwal Indonesia di babak play-off Kualifikasi Piala Asia China 2023 :

Leg I, 7 September 2021, Indonesia vs China Taipei

Leg II, 12 Oktober 2021, China Taipei vs Indonesia

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)