√ 9 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Paling Hits 2021

Afif Dalma
June 05, 2021
0 Comments

Indonesia memang dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang tersebar di penjuru Nusantara. Setiap daerah memiliki keunikan dan daya tariknya tersendiri dimata setiap orang, salah satunya seperti Cirebon.  Ada banyak sekali destinasi wisata yang dapat kamu temui di kota udang ini, mulai dari tempat bersejarah, waterland, hingga pantai. Maka tak heran jika ada banyak wisatawan yang berkunjung ke Cirebon saat sedang libur panjang.  

Selain itu, perkembangan infrastruktur dan perekonomian di Cirebon membuat para wisatawan betah ketika berkunjung kesana. Nah, apabila kamu tertarik dan berencana untuk pergi ke Cirebon, berikut adalah 10 rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang wajib dikunjungi di tahun 2021.


1. Taman Sari Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata wajib yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Cirebon. Sebagai tempat yang mengandung nilai sejarah, Goa Sunyaragi termasuk salah satu situs unik yang menjadi Cagar Budaya Jawa Barat. Saat berwisata kesini, kamu bakal disambut dengan kemegahan bangunan kuno yang memiliki nilai seni. sehingga cocok dijadikan tempat berfoto. Tempat wisata Taman Sari Goa Sunyaragi beralamat di jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon.


2. Keraton Kasepuhan Cirebon

Jika kamu tipe orang yang tertarik dengan sejarah Cirebon, maka kamu wajib mengunjungi Keraton Kesepuhan. Saat pertamakali masuk ke tempat ini, kamu akan disambut dengan bangunan terdepan keraton yang bernama Siti Hinggil. Kamu juga dapat melihat berbagai macam peninggalan bersejarah yang ada di dalam kompleks keraton. Tempat wisata Keraton Kasepuhan Cirebon beralamat di jalan Kasepuhan No.43, Kasepuhan, Lemahwunguk, Kota Cirebon.


3. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman merupakan bangunan kesultanan Cirebon setelah keraton Kasepuhan. Tempat wisata sekaligus budaya ini wajib untuk kamu kunjungi. Sebab disini kamu akan menemukan beragam benda bersejarah mulai dari lukisan, kerajinan keramik, serta kereta kencana Paksi Naga Liman. Tempat wisata Keraton Kanoman Cirebon beralamat di jalan Kanoman No.40, Lemahwunguk, Kec. Lemahwunguk, Kota Cirebon.


4. Batu Lawang

Jika kamu sedang mencari tempat destinasi wisata alam, maka Batu Lawang menjadi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan mempesona dari tebing berbatu yang terbentuk dengan sendirinya oleh alam. Selain dapat dijadikan tempat swafoto, kamu juga bisa menikmati aktivitas lainnya seperti wahana flying fox. Tempat wisata Batu Lawang beralamat di Cupang, Kec. Gempol, Cirebon.


5. Pantai Kejawanan

Sebagai penikmat wisata alam, tentunya belum lengkap kalau tidak mengunjungi pantai. Kamu bisa mengunjungi Pantai Kejawanan apabila ingin menikmati kesejukan angin laut. Kamu juga bisa menenangkan pikiran dengan menikmati keindahan suasana pantai. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyewa perahu motor untuk dapat berkeliling pantai. Tempat wisata Pantai Kejawanan beralamat di Pegambiran, Kec. Lemahwunguk, Kota Cirebon.


6. Bukit Gronggong

Satu lagi tempat wisata alam yang wajib untuk kamu kunjungi di Cirebon, yaitu bukit Gronggong. Disini kamu dapat melihat keindahan pemandangan Cirebon sekaligus menikmati kesejukan dataran tinggi. Selain sebagai tempat wisata, bukit Gronggong juga menjadi tempat nongkrong favorit anak muda di Cirebon. Tempat wisata Bukit Gronggong beralamat di Patapan, Kec. Beber, Cirebon.


7. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani 

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani menjadi destinasi wisata modern yang cocok kamu kunjungi bersama keluarga. Taman rekreasi ini sudah eksis sejak tahun 90-an, dan saat hingga saat ini menjadi primadona pariwisata bagi masyrakat Cirebon dan sekitarnya. Ada banyak sekali wahana yang dapat kamu rasakan disini, salah satunya seperti waterboom. Tempat wisata Cirebon Waterland Ade Irma Suryani beralamat di jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwunguk, Kec. Lemahwunguk, Kota Cirebon.


8. Alun-alun Kejaksan

Alun-alun Kejaksan menjadi tempat wisata sekaligus tempat nongkrong bagi anak muda di Cirebon. Tempat ini cocok kamu kunjungi di pagi hari maupun malam hari. Pada pagi hari kamu bisa menikmati suasana kota Cirebon sambil jogging di area alun-alun, atau pada malam hari kamu bisa menikmati kuliner Cirebon yang ada di sekitar alun-alun. Alun-alun Kajaksan beralamat di jalan Kartini, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.


9. Masjid Raya At-Taqwa

Tepat disebelah alun-alun Kajaksan terdapat salah satu masjid kuno di kota Cirebon, yaitu masjid raya At-Taqwa. Walaupun merupakan masjid kuno, nyatanya masjid At-Taqwa memberikan kesan modern dan futuristik, sehingga tak jarang warga sekitar berfoto disini. Selain bangunan masjid yang sangat megah, kamu juga akan menemukan pohon kurma sekaligus air mancur disekitar masjid. Masjid Raya At-Taqwa beralamat di jalan Kartini No.2, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.


Demikianlah rekomendasi 10 tempat wisata di Cirebon yang wajib untuk kamu kunjungi di tahun 2021. Selain tempat-tempat diatas, masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Cirebon. Dari sekian banyaknya tempat wisata tersebut, mana nih yang jadi favoritmu?

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)