Wajib Tahu! 7 Tempat Wisata Populer di Pesisir Barat Lampung

Afif Dalma
June 29, 2021
0 Comments

Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tempat wisata alam. Setiap kabupaten dan kota di Lampung menyimpan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya seperti di Kabupaten Pesisir Barat yang terkenal akan keindahan pantainya. Hal ini dikarenakan letak Kabupaten Pesisir Barat yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Maka tak heran jika Kabupaten yang beribukota di Krui ini menjadi favorit bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Nah, bagi teman-teman yang memiliki rencana untuk liburan ke Pesisir Barat, kalian wajib tahu 7 tempat wisata popouler yang ada di Pesisir Barat, provinsi Lampung. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.


1. Pantai Labuhan Jukung

Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi saat berada di Pesisir Barat, yaitu pantai Labuhan Jukung. Pantai yang terletak di kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para penikmat sunset. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah, sebab lokasinya mudah dijangkau, serta memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Belum lagi tempat wisata ini dikelola langsung oleh pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.


2. Pantai Batu Tihang

Selanjutnya ada pantai Batu Tihang yang juga merupakan destinasi wisata wajib untuk dikunjungi di Pesisir Barat. Pantai yang identik dengan batu yang menjulang tinggi di pinggir pantainya ini terletak di Pekon Kotakarang, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat. Banyak wisatawan yang rela berkunjung kesini demi mendapat spot bagus untuk berfoto. 


3. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik dari kedua pantai diatas. Pantai ini terletak di desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Ombak yang menggulung indah serta air laut yang jernih menjadi daya tarik utama di pantai ini, sehingga tak heran jika pantai ini dikunjungi oleh banyak turis, baik domestik maupun mancanegara. Belum lagi di sekitar lokasi pantai juga terdapat tempat penginapan yang harganya cukup terjangkau.


4. Pantai Mandiri 

Masih dari wisata pantai, berikutnya ada pantai Mandiri yang terletak di Pekon Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Pantai yang satu ini sangat cocok bagi yang ingin belajar surfing, sebab ombaknya tidak terlalu tinggi. Selain itu, keindahan pantai Mandiri tak perlu dipertanyakan lagi. Tidak adanya terumbu karang, membuat para wisatawan dapat berenang dengan bebas.


5. Air Terjun Way Karang

Selain wisata pantai, Pesisir Barat juga memiliki tempat lain seperti air terjun Way Karang. Tempat wisata ini letaknya tak jauh dari desa Pemancar, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat. Walaupun air terjunya tidak terlalu tinggi, namun dibawahnya terdapat kolam yang cukup luas, sehingga pengunjung bisa berendam dan menikmati pemandian alami dengan air yang jernih.


6. Bendungan Way Krui

Berbicara tentang pemandian, maka bendungan Way Krui menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. Bendungan ini terletak di Ulu Krui, Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat. Banyak warga sekitar hingga luar daerah yang datang kesini untuk sekedar mandi, berendam, hingga berfoto. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah yang membentang di sepanjang sungai dan bendungan.


7. Goa Matu 

Goa Matu menjadi tempat wisata menarik sekaligus mencekam yang wajib dikunjungi saat berada di Pesisir Barat. Tempat wisata yang satu ini menyimpan cerita unik, yang mana Goa Matu sudah ada sejak ratusan tahun, namun baru-baru ini mulai terekspos. Goa ini terletak di Jalan Lintas Barat Sumatera, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat. Meskipun memiliki beragam cerita mistis dari warga sekitar, namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


Nah, itulah dia 7 tempat wisata populer di Kabupaten Pesisir Barat yang wajib teman-teman ketahui. Namun perlu diingat bahwa masih banyak destinasi wisata lainnya yang dapat ditemui di kabupaten Pesisir Barat. Tentunya akan lebih asyik jika berkunjung kesana bersama teman, keluarga maupun orang tercinta.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)