5 Rekomendasi Oli Terbaik untuk Yamaha Jupiter Z1

Afif Dalma
July 16, 2021
2 Comments

Bagi kamu para pengendara sepeda motor, pastinya kamu paham bahwa oli merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dan diganti secara rutin demi menjaga performa si kuda besi tetap optimal. Selain membuat mesin bekerja dengan baik, oli juga berperan dalam membuat suhu mesin tetap adem dan gak overheat. Suara mesin yang terdengar halus pun tercipta berkat adanya oli, sehingga jika suara mesin motormu terdengar kasar maka hal tersebut bisa jadi karena oli sudah terlalu lama dipakai.  .

Walaupun begitu, nyatanya masih banyak sekali pengendara yang malas mengganti oli motor. Saya sendiri memiliki pengalaman kurang menyenangkan dengan Yamaha Jupiter Z1 injeksi 2014 akibat sering telat ganti oli. Pengalaman menyedihkan ini akan saya bahas di artikel lainnya, dan berkat kejadian tersebut akhirnya saya pun sadar betapa pentingnya mengganti oli secara rutin, agar motor kesayangan gak masuk ruang ICU.

Satu lagi yang perlu diperhatikan saat ingin ganti oli yaitu, pilihlah merk oli dengan jeli, atau sesuai dengan rekomendasi dari pihak Yamaha langsung. Namun kalau kamu masih bingung memilih oli yang tepat untuk motor kesayanganmu, tak perlu khawatir. Karena motor saya sendiri Jupiter Z1, maka pada artikel ini saya akan memberikan rekomendasi oli terbaik untuk Yamaha Jupiter Z1.


5. Shell Advance AX7 (4T 10W-40)

Oli yang satu ini merupakan yang paling sering digunakan untuk Yamaha Jupiter Z1. Shell Advance AX7 mampu membuat kinerja mesin berada di tingkat optimal, sehingga membuat tarikan motor menjadi enteng. Sayangnya produk ini memiliki kelemahan ketika menghadapi jalanan macet, yang ditandai dengan sulitnya perpindahan gigi perseling. Namun pastinya oli yang satu ini sangat rekomended, karena dibuat oleh perusahaan ternama. Harganya pun cukup terjangkau dengan harga Rp 45.000


4. Yamalube Silver Oil (SJ 20W-40)

Seri Yamalube Silver Oil memang menjadi pilihan utama bagi para pengendara motor 4-Tak. Banyak sekali kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan oli motor yang satu ini, seperti membuat mesin terjaga dari karat serta korosi. Selain itu, Yamalube Silver memang berfungsi untuk mendukung kinerja mesin motor bebek, sangat cocok digunakan untuk Yamaha Jupiter Z1. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu Rp 45.000.


3. Yamalube Gold Oil (SL 10W-40)

Satu lagi rekomendasi oli dari seri Yamalube yang pastinya tak kalah ajib dari saudaranya. Sama sepertinya namanya, oli motor yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dibanding Yamalube Silver. Sementara tingkat kekentalan oli Yamalube Gold sedikit lebih rendah, sehingga terkadang suara mesin sering terdengar kasar. Produk ini cenderung digunakan untuk pemakaian sehari-hari, salah satu motor yang cocok menggunakan oli ini adalah Yamaha Jupiter Z1. Untuk harganya sendiri berkisar Rp 50.000.


2. Castrol Power 1 (4T 10W)

Produk oli motor yang satu ini menyediakan dua varian, yaitu 800ml dan 1 liter. Castrol Power 1 sangat rekomended untuk Jupiter Z1 karena saat menggunakan produk ini, tarikan mesin menjadi lebih ringan saat sedang melaju di jalanan. Meski begitu, performa Castrol Power 1 kurang memuaskan apabila digunakan untuk berkendara di dataran tinggi. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 50.000 (800ml) dan Rp. 60.000 (1 liter).


1. TOP 1 MC (10W-40)

Oli terbaik untuk motor Jupiter  Z1 jatuh kepada TOP 1 MC Series. Produk yang satu ini sangat direkomendasikan karena mampu menjaga tarikan mesin hingga waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, oli ini juga mampu melindungi mesin dengan optimal saat menghadapi berbagai macam cuaca, maupun kondisi jalan yang tidak menentu. Yang pasti banyak sekali keunggulan yang dimiliki TOP 1 MC Series. Walaupun begitu, harga yang ditawarkan masih bersahabat yaitu Rp 50.000 saja.


Nah, itulah 5 rekomendasi oli terbaik untuk motor Yamaha Jupiter Z1. Namun perlu diingat, sebelum kamu benar-benar memilih rekomendasi oli diatas, pastikan dulu bahwa fungsi dari oli tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan motormu. Jangan sungkan untuk bertanya ke orang-orang disekitarmu yang paham mengenai hal ini. 

  1. Muhammad anugrah

    terima kasih bang informasi nya. Namun saya lebih memilih oli yang murahan saja bang hehhee sesuai dengan bajet

    Reply
    1. Afif Dalma

      siap gan, gak masalah. yang penting jangan sampai gak ganti oli.

      Delete

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)