Cara Mengatasi Error Code 43 Valorant Terbaru

Afif Dalma
July 25, 2021
0 Comments

 

Valorant merupakan game bergenre FPS dengan menyajikan gameplay tactical shooter 5vs5. Dari awal perilisannya, game besutan Riot Games ini disambut amat baik oleh para gamers. Bahkan sampai hari ini player Valorant semakin bertambah setiap harinya. Tentunya hal tersebut membuktikan bahwa game Valorant cukup populer dan mampu memikat hati para pecinta game, berkat konsep orisinil yang patut diacungi jempol.

Namun seperti halnya game online pada umumnya, tak jarang para player menemukan error pada game Valorant, termasuk saya sendiri. Masalah yang paling sering dialami oleh para pemain Valorant, misalnya error code 43. Pastinya teman-teman yang mengalami error ini bertanya-tanya tentang apa sih yang menyebabkan error code 43 terjadi? Terus bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, karena kedua pertanyaan tersebut akan dibahas dalam artikel kali ini, simak ulasannya dibawah.


Penyebab Error Code 43 Valorant

Dalam notice error code 43, bisa dilihat bahwa error ini terjadi karena permasalahan koneksi kedalam server Valorant. Hal ini biasanya terjadi karena player AFK terlalu lama di tengah permainan, sehingga koneksi dengan server pun terputus karena kehabisan waktu. Walaupun begitu, error ini bisa saja disebabkan karena koneksi internet yang jelek, atau memang adanya pemeliharaan server oleh Riot Games sehingga para player tidak bisa login kedalam game Valorant.


Cara mengatasi Error Code 43 Valorant

Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini, diantaranya yaitu :

1. Login ulang kedalam game

Jika error ini disebabkan karena masalah koneksi internet jelek, maka solusi yang pertama adalah dengan melakukan login ulang kedalam game. Namun usahakan juga untuk melakukan restart pada komputer/laptop supaya perangkat kembali fresh saat terhubung dengan jaringan internet.   

2. Uninstall Riot Vanguard 

Namun apabila cara diatas tidak membuahkan hasil. Langkah selanjutnya adalah dengan menguninstall Riot Vanguard. Caranya pergi ke control panel > Programs > Programs and Features > klik kanan pada Riot Vanguard > uninstall. Jalankan kembali Valorant sebagai administrator dan biarkan klien game menginstall Riot Vanguard secara otomatis.

3. Ubah vgc service

Cara berikutnya yaitu dengan mengubah pengaturan vgc. Klik Windows lalu cari Service > scroll kebawah dan pilih vgc > pada tab general ubah Startup type dari manual ke automatic, kemudian klik apply. Setelah itu cari System Configuration > pilih service > ceklis vgc lalu klik ok. Jika sudah jalankan kembali Valorant sebagai administrator.

4. Lapor ke Riot Games

Solusi terakhir apabila kedua cara diatas tidak mempan yaitu dengan melaporkan langsung permasalahan tersebut kepada Riot Games lewat dukungan pemain. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa game Valorant tidak sedang dalam pemeliharaan server.


Nah itulah dia artikel mengenai penyebab serta cara mengatasi error code 43 Valorant. Yang jelas jangan panik apabila teman-teman mengalami permasalahan ini ketika sedang asyik bermain game Valorant. Semoga saja beberapa solusi diatas mampu membantu kalian dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)