Cara Tarik Tunai Bank Syariah Indonesia Tanpa Harus ke ATM BSI

Afif Dalma
July 10, 2021
0 Comments

Saat ini Bank Syariah Indonesia (BSI) sudah beroperasi di seluruh Indonesia. Bank yang berdiri pada tanggal 1 Februari 2021 ini merupakan hasil merger tiga Bank BUMN Syariah, di antaranya yaitu BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah. Tentunya hal ini membuat nasabah dari masing-masing Bank mau tak mau harus melakukan migrasi rekening.

Selain itu, saat ingin melakukan tarik tunai pun saya rasa banyak nasabah yang masih kebingungan. Sebab sampai saat ini, cukup sulit untuk menemukan ATM BSI di beberapa daerah. Untungnya pihak Bank Syariah Indonesia memberikan beberapa kemudahan bagi nasabah yang ingin melakukan tarik tunai apabila di daerahnya masih belum terdapat ATM BSI. Berikut adalah beberapa cara tarik tunai Bank Syariah Indonesia tanpa harus ke ATM BSI.


Tarik Tunai Bank BSI Lewat ATM Mandiri 

ATM Mandiri menjadi alternatif untuk dapat melakukan tarik tunai Bank BSI. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan ATM Bank BSI masih menggunakan jaringan dan fasilitas ATM dari Bank Syariah Mandiri, sehingga hal tersebut tidak memberikan suatu perubahan bagi nasabah BSM sebelumnya untuk melakukan tarik tunai. Adapun cara melakukan tarik tunai lewat ATM Syariah Mandiri antara lain sebagai berikut:

1. Pertama yang harus dilakukan tentu saja memasukkan kartu ATM kedalam mesin ATM.

2. Kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan.

3. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan 6 digit PIN ATM.

4. Setelah itu pilih menu TABUNGAN, untuk melakukan penarikan saldo.

5. Terakhir, kamu akan diberikan 4 pilihan dengan jumlah nominal penarikan yang berbeda-beda. Mulai dari Rp. 100.000, 300.000, 500.000, dan 1.000.000.

6. Setelah memilih nominal penarikan yang tersedia, tunggu beberapa saat hingga uang keluar. 


Tarik Tunai Bank BSI Tanpa Kartu Lewat Indomaret

Kamu juga bisa melakukan tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM. Namun ini hanya berlaku di seulurh ATM Bank Syariah Indonesia dan di gerai Indomaret saja. Adapun syarat untuk dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu yaitu nasabah BSI sudah mengaktifkan BSI Mobile Bankingnya. Jika sudah, maka berikut caranya:

1. Buka aplikasi BSI Mobile di handphonemu.

2. Kemudian tap menu Tarik Tunai. Masukkan kata sandi.

3. Selanjutnya pilih Indoamret.

4. Pilih salah satu nominal tarik tunai yang tersedia.

5. Konfirmasi dengan memasukkan PIN BSI Mobile.

6. Maka akan tampil informasi transaksi tarik tunai. Kemudian tap selanjutnya. 

7. Maka akan muncul struk atau kode tarik tunai Indomaret.

8. Segera kunjungi gerai Indomaret terdekat.

10. Berikan kode tarik tunai kepada kasir Indomaret.

11. Kemudian kasir akan menyerahkan uang sesuai dengan nominal yang dipilih.

**Perlu diingat, jika melakukan tarik tunai tanpa kartu di gerai Indomaret, nasabah akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000 per transaksi. Selain itu kode tarik tunai hanya berlaku selama 2 jam.


Tarik Tunai Bank BSI Lewat Teller

Tarik tunai melalui teller juga dapat menjadi pilihan jika di daerahmu masih belum tersedia ATM BSI. Bukan karena alasan itu saja, kebanyakan nasabah juga lebih senang melakukan pengambilan uang lewat teller dibandingkan mesin ATM. Adapun cara tarik tunai Bank BSI melalui teller antara lain:

1. Siapkah kartu ATM, buku tabungan dan KTP. 

2. Kemudian kunjungi kantor cabang Bank Syariah Indonesia terdekat..

2. Ambil nomor antrian dan formulir untuk teller.

3. Selanjutnya isi formulir penarikan sesuai kartu identitas dan jumlah penarikan.

4. Setelah itu serahkan KTP, buku tabungan, kartu ATM, serta formulir penarikan ke teller Bank BSI.

5. Tunggu hingga proses tarik tunai selesai. Teller akan menyerahkan uang, KTP, buku tabungan, kartu ATM dan bukti transaksinya.


Nah itulah beberapa cara tarik tunai Bank Syariah Indonesia tanpa harus ke ATM BSI. Semoga cara diatas dapat membantu teman-teman yang sedang mencari cara tarik tunai BSI di ATM Mandiri ataupun cara tarik tunai BSI tanpa kartu.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)