11 Brawlers Terkuat dalam Serial Bakugan Battle Brawlers

Afif Dalma
August 20, 2021
1 Comments

bakugan battle brawlers

Kalau kamu besar di tahun 2000-an pastinya kenal dong dengan serial anime Bakugan Battle Brawlers. Serial dengan lagu opening memorable ini sudah beberapa kali diputar di televisi Nasional Indonesia, dan tayang setiap hari Minggu pagi. Saya sendiri punya kenangan manis dengan serial Bakugan, bahkan sampai mengoleksi beberapa mainannya. 

Walaupun serial ini ditujukan untuk anak-anak, namun gak sedikit pula orang dewasa yang juga menyukai Bakugan. Telebih lagi adanya para Brawlers (sebutan untuk orang yang memiliki Bakugan) serta beragam jenis dan tipe Bakugan, membuat cerita di serial ini menjadi lebih menarik untuk diikuti. 

Di sepanjang cerita, mulai dari Bakugan Battle Brawlers, hingga Mechtanium Surge, kita akan menjumpai Brawler kuat yang bertarung demi kepentingannya masing-masing. Seperti halnya 10 Brawler terkuat dalam serial Bakugan di dibawah ini :

11. Klaus von Hertzon

Klaus von Hertzon awalnya merupakan Brawler terkuat peringkat kedua, namun setelah dikalahkan oleh Dan Kuso, dia turun menjadi peringkat empat. Karakter yang satu ini pertamakali muncul di serial Bakugan Battle Brawlers, dan kemudian menjadi karakter pendukung di Bakugan: New Vestoria. 

Klaus sendiri memiliki Bakugan yang beratribut air, yaitu Aquos Sirenoid. Bakugan dengan bentuk seperti putri duyung, dan memiliki kemampuan alunan melodi yang mematikan. Baik Klaus maupun Sirenoid, keduanya memiliki ikatan sebagai partner yang kuat, sehingga kombinasi keduanya nggak bisa dianggap remeh.

10. Gus Grav

Selanjutnya ada Gus Grav, yang merupakan tangan kanan Spectra Phantom. Karakter ini pertama kali muncul di New Vestoria, kemudian kembali muncul di Mechtanium Surge. Awalnya dia merupakan anggota dari organisasi jahat bernama Vexos. Namun akhirnya dia dan tuannya (Spectra) berkhianat dengan organisasi tersebut.

Gus Grav merupakan salah satu Brawler bertipe Subterra terkuat di New Vestoria. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Bakugan miliknya yang bernama Rex Vulcan sangat diunggulan dalam hal kekuatan satu lawan satu. Bakugan tersebut memiliki beragam kemampuan kuat nan unik dari tipe Subterra.

9. Mira Fermin

Sama halnya seperti Gus Grav, Mira Fermin juga merupakan Brawles dengan tipe Subterra. Ia merupakan putri dari seorang ilmuwan bernama Clay Fermin, sekaligus adik dari Spectra Phantom. Karakter ini pertama kali muncul di New Vestoria, dan kembali muncul di Mechtanium Surge.

Ia memiliki Bakugan tipe Subterra yang bernama Magma Wilda. Bakugan ini memiliki bentuk seperti golem raksasa. Meskipun bertipe tanah, namun Bakugan yang satu ini mampu mengeluarkan skill tipe Pyrus, salah satunya adalah tembakan bola api.  

8. Marucho

Marucho Marukura merupakan karakter protagonis yang selalu muncul di sepanjang sekuel Bakugan. Ia merupakan Brawler tipe Aquos terkuat di sepanjang seri Bakugan. Kekuatannya gak perlu dipertanyakan lagi, apalagi dengan beragam Bakugan tipe air yang ia gunakan di sepanjang seri.

Adapun beberapa Bakugan yang ia gunakan di sepanjang seri misalnya, Preyas (Battle Brawlers & New Vestoria), Preyas Angelo (Battle Brawlers), Minx Effin (New Vestoria), Akwimos (Gundalian Invanders), Infinity Trister (Mechtanium Surge), Radizen (Mechtanium Surge), dan Roxtor (Mechtanium Surge).   

7. Shun Kazami

Sama seperti Marucho, Shun Kagami juga menjadi karakter protagonis yang selalu muncul di sepanjang sekuel Bakugan. Bahkan bisa dibilang dia merupakan salah satu karakter ikonik dari serial Bakugan, dengan atribut Ventus. Ia merupakan salah satu penemu pertarungan Bakugan, sekaligus Brawlers terkuat di dunia. Namun setelah kemunculan Masquerade dan antek-anteknya, dia turun ke peringkat enam.

Beberapa Bakugan yang pernah digunakannya antara lain, Storm Phoenix (Battle Brawlers & New Vestoria), Master Ingram (New Vestoria), Hawktor (Gundalian Invaders), Taylean (Mechtanium Surge), Jaakor (Mechtanium Surge), Skytruss (Mechtanium Surge), dan Orbeum (Mechtanium Surge).

6. Sellon

Sellon merupakan karakter Neathian dan antagonis utama di seri Mechtanium Surge. Ia merupakan pemimpin dari tim Sellon dan juga pelayan dari Mag Mel. Kekuatannya sebagai Brawler gak perlu diragukan lagi, sebab dia berhasil menduduki peringkat ke-3 di Bakugan Interspace, setelah Dan dan Anubias.

Bakugan miliknya adalah Ventus Spyron, yaitu Bakugan dengan tipe angin yang memiliki wujud burung Humanoid. Ia memiliki Battle Gear Daftorix, serta Mechtogan bernama Braxion. Kedua item support ini membantu meningkatkan kekuatan Spyron ketika sedang dalam pertempuran.

5. Anubias

Berikutnya ada Anubias yang juga merupakan karakter antagonis di seri Mechtanium Surge. Ia sejatinya merupakan seorang Gundalian buatan yang diciptakan oleh Mag Mel untuk melayaninya. Walaupun begitu, sebagai seorang Brawler Anubias cukup kuat, sebab dia menduduki peringkat ke-2 di Bakugan Interspace. Ia juga merupakan pemimpin dari tim Anubias.

Ia memiliki partner yang bernama Darkus Horridian, Bakugan tipe kegelapan yang memiliki bentuk Humanoid Cerberus. Kemampuan dari Horridian gak perlu ditanyakan lagi, terlebih lagi jika ia menggunakan Battle Gear Aeroblaze miliknya. 

4. Masquerade

Masquerade merupakan salah satu karakter ikonik dalam serial Bakugan. Sosok dibalik topeng Masquerade ternyata adalah alter-ego Alice Gehabich. Ia merupakan karakter antagonis di sepanjang seri Bakugan Battle Brawlers. Ia pernah menyandang gelar Brawler terkuat sebleum akhirnya dikalahkan oleh Dan Kuso.

Awalnya dia menggunakan Reaper sebagai partner Bakugannya, namun karena kecewa terhadap kemampuan Reaper, akhirnya dia menggantinya dengan Dakrus Hydranoid. Bakugan ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, apalagi saat setelah berevolusi menjadi Dual Hydranoid dan Alpha Hydranoid.

3. Spectra Phantom

Spectra Phantom merupakan karakter antagonis utama di seri New Vestoria arc pertama. Kemudian diketahui bahwa sosok yang ada dibalik topeng Spectra Phantom adalah Keith Fermin, yang merupakan kakak kandung Mira Fermin. Ia merupakan Brawler kuat dan menjadi rival Dan Kuso disepanjang seri New Vestoria.

Partner Bakugan miliknya yaitu Pyrus Cyborg Helios yang kemudian berevolusi menjadi Pyrus Helios MK2. Namun dalam seri Mechtanium Surge, atributnya berubah menjadi Darkus, serta berevolusi menjadi Infinity Helios. Kekuatannya pun bisa dibilang setara dengan Pyrus Dragonoid milik Dan, sebab sejatinya mereka memang rival.

2. Mag Mel

Mag Mel merupakan karakter antagonis utama di seri Mechtanium Surge. Awalnya ia dipenjara di Bakugan Interspace bersama Bakugan miliknya. Namun akhirnya ia mampu bebas dari penjara tersebut berkat Chaos Energy yang ada di tubuh Dan Kuso. Setelah itu terungkap bahwa sosok dibalik Mag Mel adalah kaisar Barodius yang menjadi musuh utama di seri Gundalian Invaders.

Bakugan miliknya bernama Darkus Razenoid, yang merupakan reinkarnasi dari Darkus Dharak. Setelah bereinkarnasi, kekuatan Razenoid jadi jauh lebih kuat dari sebelumnya. Tujuan satu-satunya yang ia miliki adalah untuk membuat semua orang menderita dan menghancurkan Drago milik Dan. Razenoid memiliki Mechtogan Dreadeon dan Mechtogan Titan bernama Razen Titan.

1. Dan Kuso

Brawler terkuat tentunya jatuh kepada sosok Dan Kuso yang merupakan tokoh utama dalam semua seri Bakugan Battle Brawlers. Ia menjadi Brawler terkuat di serial ini, karena mampu mengalahkan berbagai tokoh kuat di sepanjang seri. Hal tersebut tentunya gak lepas dari ikatan antara dirinya dengan sang partner.

Partner sejatinya adalah Pyrus Dragonoid, atau biasa dipanggil Drago. Kekuatannya pun gak bisa diperhitungkan lagi. Sebab ia mampu mengalahkan beragam Bakugan kuat di sepanjang serial ini. Drago juga sudah beberapa kali berevolusi, dengan wujud terakhirnya yaitu Fusion Dragonoid. Di setiap seri, Drago juga memiliki support item yang mampu menambah kekuatan tempurnya menjadi berkali-kali lipat.


Nah itulah dia 11 Brawlers terkuat dalam serial Bakugan Battle Brawlers, dari kesebelas Brawler diatas mana nih yang paling kamu favoritkan? Oh iya, apabila tokoh terkuatmu tidak masuk dalam list ini, kamu bisa komen dibawah ini ya supaya bisa saya tambahkan lagi.

  1. Melanie Agustine

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)