7 Anime Genre Survival dengan Konsep Battle Royale Terbaik

Afif Dalma
September 16, 2021
0 Comments

Seperti yang kita tahu, dalam beberapa tahun kebelakang, game bergenre Battle Royale sedang naik daun, sebut saja seperti pabji dan ep ep. Battle Royale sendiri merupakan sebuah genre dalam video game yang memadukan elemen bertahan hidup dan eksplorasi. Konsep yang diusung dalam gerne ini yaitu one vs all, dimana seorang pemain harus mengeliminasi pemain lainnya. Pemenangnya adalah orang yang terakhir bertahan di dalam permainan.

Nah, kamu tahu gak sih, kalau ternyata ada loh anime yang memiliki tema serupa. Tema bertahan hidup atau survival cukup digemari oleh para pecinta anime Walaupun di beberapa judul anime unsur battle royale-nya gak begitu kental, namun ceritanya tetap seru, bahkan membuat penonton tegang. Kalau kamu penasaran, nih saya kasih rekomendasi anime bertahan hidup (survival) yang memiliki konsep Battle Royale.

1. Mirai Nikki (2011)

Mirai Nikki atau Future Diary, merupakan salah satu anime yang cukup populer di masanya. Anime ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Amano Yukiteru (Yuki) yang terjebak dalam sebuah permainan bertahan hidup. Ia bersama 11 pemain lainnya dibekali dengan sebuah catatan masa depan. Seperti namanya, catatan ini mampu meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Nah, setiap catatan memiliki karakteristiknya tersendiri, sehingga antar catatan satu dengan yang lainnya meramalkan kejadian yang berbeda. Para pemain harus saling membunuh demi mengubah nasibnya yang sudah terjadwal di catatan milik pemain lainnya. Di sepanjang series, kita akan diperlihatkan dengan perjuangan Yuki dalam melawan para pemain lainnya. Ditambah lagi dengan adanya seorang Gasai Yuno, tensi cerita makin bertambah.

2. Fate/Zero (2011)

Meskipun Fate/Stay Night adalah cerita utama dari seri anime ini, namun saya rasa Fate/Zero lah yang memiliki konsep Battle Royale yang lebih kental dibandingkan cerita utamanya. Seri ini sendiri berfokus pada Emiya Kiritsugu yang ikut serta dalam perang Holy Grail ke-4. Tujuan perang tersebut adalah untuk memperebutkan cawan suci yang mampu mengabulkan segala keinginan si pemenang. Mereka yang ikut serta dalam perang ini disebut sebagai Master.

Nah, para master tersebut memiliki seorang Servant yang sejatinya merupakan pahlawan di masa lampau. Setiap Servant berkewajiban untuk membantu Master-nya selama perang, sebab keduanya terikat dengan sebuah kontrak. Selain itu, setiap Servant memiliki class-nya masing-masing. Class tersebut antara lain: Saber, Archer, Berserker, Lancer, Rider, Caster dan Assassin. Perang Holy Grail ke-4 sendiri dikatakan lebih berdarah-darah dari perang sebelumnya.

3. Btooom! (2012)

Kalau ini sih anime favorit saya, dengan tema yang Battle Royale banget. Anime ini berfokus pada seorang pemuda pengangguran berusia 22 tahun bernama Sakamoto Ryota. Di kehidupan nyata, ia sama sekali gak punya skill maupun pencapaian. Namun di sebuah game online bernama Btooom, Sakamoto mempunyai prestasi sebagai salah satu pemain terbaik dunia dan sangat disegani oleh para pemain lainnya.

Pada suatu hari, Sakamoto mendapati dirinya terjebak di sebuah pulau terpencil. Ia pun menyadari bahwa dirinya sedang memainkan game favoritnya tersebut secara nyata. Sakamoto bersama pemain lainnya harus saling membunuh demi bisa bertahan hidup di pulau tersebut. Mereka dibekali sebuah tas penuh bom yang disebut dengan BIM. Setiap player diberikan satu tipe BIM, terdapat delapan tipe BIM dengan fungsi yang berbeda-beda. Agar bisa menggunakan tipe lainnya, pemain harus membunuh si pemilik BIM.

4. Danganronpa (2013)

Berikutnya ada Danganronpa yang merupakan seri anime yang diadaptasi dari game visual-novel dengan judul yang sama. Seri ini memiliki beberapa fokus cerita dengan sudut pandang yang berbeda. Meski begitu, ceritanya saling berkaitan satu sama lain. Inti dari cerita Danganronpa yaitu tentang siswa-siswi berbakat dengan latar di sebuah sekolah bernama Kibougamine Gakuen. Sekolah tersebut dipimpin oleh sosok beruang misterius bernama Monokuma.

Setiap siswa mendapat julukan yang sesuai dengan bakatnya masing-masing. Makoto Naegi merupakan tokoh utama dari seri Danganronpa season 1. Ia merupakan siswa biasa yang gak punya bakat apapun, namun Naegi memiliki keberuntungan melebihi siapapun, sehingga dia pun mendapat julukan sebagai Siswa Super Paling Beruntung. Meskipun genre anime ini lebih ke misteri horor, namun tema bertahan hidupnya lebih ditonjolkan, walaupun nggak terlalu mengarah ke Battle Royale.

5. Akuma no Riddle (2014)

Kalau kamu suka dengan anime yang memiliki konsep Battle Royale, plus karakternya merupakan para gadis cantik, maka kamu harus menonton Akuma no Riddle. Cerita berlatar di sebuah sekolah bernama Myoujou Academy, sebuah sekolah yang dikhususkan untuk perempuan. Dalam sebuah kelas khusus, terdapat 13 siswi, dimana dua belas siswi lainnya merupakan seorang pembunuh yang disebut sebagai Assassin.

Sementara itu, ada seorang siswi bernama Haru Ichinose yang merupakan target dari mereka. Para assassin tersebut harus membunuh Haru dalam sekali kesempatan, jika mereka gagal maka mereka kalah. Disisi lain, Tokaku Azuma merupakan seorang assassin yang awalnya ditugaskan untuk membunuh Haru, justru berbalik melindunginya.

6. Darwin's Game (2020)



Darwin's Game menjadi anjime pendatang baru dengan menampilkan cerita yang cukup fresh dengan unsur battle royale yang sangat ditonjolkan. Cerita pada anime ini berfokus pada siswa SMA bernama Sudou Kaname, yang secara gak sengaja terjebak ke dalam sebuah game mematikan bernama Darwin's Game. Dalam game ini, para pemain dianugerahkan sebuah kemampuan beranama Sigil

Setiap player memiliki sigil yang berbeda-beda, dengan tipe yang berbeda pula. Adapun beberapa tipe sigil antara lain, telekinetik, metamorf, pengendali pikiran, teknik ilmiah, dan pancera indera. Dengan kekuatan tersebut, para pemain akan saling serang, dan pemain yang berhasil bertahan hingga akhir menjadi pemenangnya. Uniknya lagi, apabila berhasil membunuh seorang player, maka mereka akan diberikan hadiah berupa point yang senilai uang jutaan Yen.  

7. Munou na Nana (2020)

Munou na Nana atau Talentless Nana merupakan seri anime yang cukup menyita perhatian pada akhir tahun 2020 lalu. Namun jangan sampai tertipu dengan visual karakter utamanya yang unyu. Seperti judulnya, anime ini berfokus tentang seorang siswi pindahan bernama Hiiragi Nana yang nggak memiliki bakat sama sekali. Bakat disini diartikan sebagai kekuatan Supernatural yang dimiliki oleh para siswa, seperti Pyrokinesis atau Teleknises. Orang-orang tersebut dijuluki sebagai "Yang Berbakat", karena kemampuannya mampu menentang aturan realitas.

Kemunculan monster yang disebut "Musuh Umat Manusia" membuat mereka dikirim ke sebuah akademi di pulau terpencil untuk melatih bakat mereka. Nanao Nakajima, salah satu siswa di akademi tersebut dikucilkan karena dianggap gak memiliki bakat (padahal gg nih orang). Tetapi kemunculan Nana berhasil membuat Nanao jatuh hati. Disisi lain ternyata Nana memiliki motif tersembunyi, yaitu untuk membunuh orang-orang berbakat di akademi tersebut dan Nanao adalah salah satu korbannya.


Itulah 7 anime bertahan hidup (survival) dengan konsep Battle Royale terbaik sejauh ini. Ketujuh anime diatas sangat rekomended untuk ditonton karena memiliki cerita yang seru dan menarik. Kalau kamu punya rekomendasi anime lainnya yang serupa, jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)