11 Pemain Muda Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

Afif Dalma
September 11, 2021
0 Comments

Teman-teman tahu gak sih, kalau Indonesia tercatat sebagai negara penggila sepak bola nomor dua di dunia, setelah Nigeria. Sementara di peringkat tiga dan empat juga diisi oleh negara ASEAN lainnya yaitu Thailand dan Malaysia. Tentunya hal ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat tanah air terhadap olahraga sepak bola sangat tinggi.

Terlepas dari itu, Indonesia memiliki banyak sekali pesepak bola berbakat yang tersebar di penjuru Nusantara. Beberapa dari mereka bahkan ada yang merumput hingga ke luar negeri. Seperti halnya sebelas pesepak bola muda asal Indonesia di bawah ini:

1. Egy Maulana Vikri (FK Senica)

Egy Maulana Vikri merupakan pemain asal Indonesia yang pernah memperkuat salah satu klub peserta Ekstraklasa, Lechia Gdansk. Namun saat ini kontraknya dengan klub asal Polandia tersebut telah berakhir, dan tercatat hanya tampil 11 kali dengan total waktu bermain selama 132 menit. Kini Egy pindah ke klub barunya yang berasal dari Slovakia, yaitu Fk Senica. Nama Egy Maula Vikri mulai melejit ketika ia meraih penghargaan di Turnamen Toulon 2017. 

2. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners FC)

Selanjutnya ada pemain serba bisa yaitu Asnawi Mangkualam. Kepindahannya ke klub Korea Selatan menjadi perbincangan hangat di tanah air. Pasalnya dia merupakan pemain asal Indonesia pertama yang bermain di K-League. Ia membela klub peserta K-League 2, Ansan Greeners FC, dan sudah bermain selama 12 kali sepanjang musim 2021. Gelarnya sebagai pemain serba yang serba bisa pun buka sekedar omong kosong belaka, di klubnya saat ini Asnawi seringkali berpindah posisi, mulai dari bek kanan, bek sayap kanan, hingga sayap kanan.

3. Witan Sulaeman (Lechia Gdansk)

Direkrutnya Witan Sulaeman oleh Lechia Gdansk menjadi perbincangan hangat di publik pecinta sepak bola tanah air . Pasalnya klub peserta Ekstraklasa tersebut dikatakan menggunakan jasa pemain Indonesia demi menjangkau pasar yang besar. Terlepas dari itu, nyatanya Witan menjalani debutnya jauh lebih cepat dari Egy. Ia diturunkan pada laga uji coba Lechia Gdansk melawan Jeziorak Ilawa beberapa waktu lalu. 

4. Bagus Kahfi (FC Utrecht)

Amirrudin Bagus Kahfi merupakan pemain jebolan timnas U-19 yang kini bergabung dengan klub asal Belanda, FC Utrecht. Tetapi karena usianya yang masih tergolong muda, Bagus ditempatkan di FC Utrecth U-18. Namun memasuki musim ini, nama Bagus kini masuk dalam tim Jong Ultrecth, bahkan dia berhasil mencetak dua gol dalam laga uji coba melawan Zoudenbalch Sportcomplex. 

5. Khairul Imam Zakiri (CP Villarrobledo)

Mantan pemain timnas Indonesia U-19, Khairul Imam Zakiri, kini bermain untuk klub kasta kelima Liga Spanyol, CP Villarrobledo. Sebelum bergabung dengan klub tersebut, pemain yang akrab dipanggil Zaki ini memang menimba ilmu di Spanyol. Ia juga sempat menjalani trial bersama salah satu tim peserta Division de Honor, Gimnastica Ceuta U-19. 

6. Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim)

Kepindahan Syahrian Abimanyu ke klub kaya raya, Johor Darul Ta'zim menjadi sorotan publik pecinta sepak bola tanah air. Pasalnya pemain yang biasa dipanggil Abi ini menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang bermain untuk JDT. Bahkan dirinya masuk dalam proyek jangka panjang klub asal Malaysia tersebut. Sebelumnya Abimanyu sempat dipinjamkan ke klub Australia, Newcastle Jets.   

7. Saddil Ramdhani (Sabah FC)

Saddil Ramdhani menjadi sorotan saat membela klub asal Malaysia, Sabah FC. Di klub tersebut, dirinya telah bermain sebanyak 18 kali dengan torehan 3 gol. Sebelumnya Saddil bermain untuk klub Liga 1 Bhayangkara Solo FC.  Namun sayangnya pada tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia kemarin dia gak dipanggil oleh coach Shin Tae-Yong.

8. Brylian Aldama & David Maulana (HNK Rijeka)

Berikutnya ada Brylian Aldama dan David Maulana yang kini keduanya bermain untuk klub asal Kroasia, HNK Rijeka. Brylian dan David sama-sama di kontrak oleh klub tersebut selama 18 bulan. Namun untuk satu musim kedepan, keduanya akan memperkuat klub kasta ketiga liga Kroasia, NC Promorac 1912, dengan status sebagai pemain pinjaman. Hal tersebut bertujuan untuk menambah jam terbang dan menit bermain, serta menambah pengalaman.

9. Ryuji Utomo (Penang FA)

Satu lagi pemain asal Indonesia yang ikut memperkuat klub Liga Super Malaysia, Ryuji Utomo. Ia dipinjamkan Persija Jakarta ke Penang FA selama satu musim, atau tepatnya hingga Desember 2021. Bersama Penang, Ryuji sudah mengemas 14 penampilan, serta menjadi salah satu pilar penting dalam tim tersebut. Karena penampilan apiknya tersebut, gak heran kalau dirinya selalu menjadi andalan di lini belakang timnas Indonesia.

10. Natanael Siringoringo (Kelantan FC)

Nama Natanael Siringoringo sempat menjadi perbincangan saat dirinya dipanggil Shin Tae-Yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-23 pada Februari lalu. Natanael sendiri saat ini sedang memperkuat klub liga 2 Malaysia, yaitu Kelantan FC. Klub tersebut merupakan salah satu klub sepak bola yang mempunyai sejarah cukup panjang di Malaysia. Performa Natanael di klubnya tersebut bisa dibilang mulus, sebab dia sudah mengoleksi tiga gol dan dua asist selama musim ini.


Nah itulah 11 pemain muda Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Tentunya kita sebagai pecinta sepak bola, mengharapkan anak-anak muda ini mampu membawa angin segar bagi timnas Indonesia, sehingga mampu berprestasi di kancah Asia hingga dunia. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)