Film-Series

[Review] Film Korea I (2021)

Afif Dalma Afif Dalma
September 02, 2021
12 Comments
Home
Film-Series
[Review] Film Korea I (2021)

i korean movie 2021

Sepertinya tahun ini menjadi tahunnya drama korea. Sebab sejak bulan Januari, banyak sekali drakor bagus yang tayang menemani kita hingga saat ini. Namun gak hanya drakor, banyak juga film korea yang tayang di tahun ini, salah satunya seperti film yang berjudul I (Child).

Film ini disutradarai oleh Kim Hyun-tak, dan tayang pada bulan Februari lalu. Saya sendiri sudah menanti-nantikan film yang satu ini, sebab dibintangi oleh aktris favorit saya hehe. Dari poster dan sinopsisnya, sudah bisa ketebak kalau film ini gak ada unsur romantisnya sama sekali. Lantas seperti apa sih filmnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sinopsis

A-Young diperankan oleh Kim Hyang-Gi, merupakan seorang gadis remaja yatim piatu yang dibesarkan di panti asuhan. Namun dia harus pindah dari panti asuhan karena usianya mulai beranjak remaja. Ia kini tinggal bersama salah satu temannya dan mengambil jurusan pendidikan anak. Demi menghidupi dirinya sendiri, dia melakukan berbagai pekerjaan paruh waktu. Suatu hari, dia mendapat pekerjaan baru sebagai babysitter dan mengurus bayi laki-laki bernama Hyeok.

Young-Chae diperankan oleh Ryoo Hyoun-Kyoung, adalah seorang single mother yang bekerja di sebuah bar. Dia telah memutuskan untuk membesarkan Hyeok apa pun yang terjadi. Namun minimnya pengalaman dalam mengurus seorang anak membuat dia frustasi. Hadirnya A-Young membuat Young-Chae kembali merasakan hidup bebas dan menjalani kehidupan normal. Namun suatu hari, Hyeok mengalami sebuah kecelakaan yang membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit. Young-Chae melemparkan semua kesalahan pada A-Young.

Dibintangi aktris cantik Kim Hyang-Gi

Alasan utama saya menonton film ini tak lain karena dibintangi oleh aktris cantik, Kim Hyang-Gi, yang berperan sebagai tokoh utamanya. Saya pertama kali mengenal aktris ini saat dia membintangi drama At Eighteen yang tayang pada tahun 2019 silam. Saat itu dia berperan sebagai karakter utama wanita bernama Yoo Soo-Bin. Nah di tahun ini Kim Hyang-Gi juga kembali memerankan tokoh utama wanita dalam serial drama barunya yang berjudul "Fly High, Butterfly" yang tayang sejak 24 Agustus kemarin.

Memperlihatkan sisi gelap Korea Selatan

Film ini benar-benar nggak memperlihatkan hal indah sama sekali, setidaknya untuk saya. Sebab di sepanjang film kita hanya diperlihatkan dengan sisi gelap dari Korea Selatan. Mulai dari kesenjangan sosial, pekerja bar ilegal, wanita penghibur, hingga perdagangan anak dibawah umur. 

Dan scene yang paling menyayat hati yaitu ketika teman laki-laki A-Young yang suka meminjam uang meninggal. Ia dianggap bunuh diri, dan dikremasi tanpa bisa didampingi oleh A-Yong dan teman-temannya. Hal ini dikarenakan statusnya sebagai yatim piatu, sehingga dianggap gak memiliki keluarga. Padahal mereka merupakan keluarga, walaupun gak sedarah, namun mereka besar di panti asuhan yang sama.

Alur cerita kurang komplek

Dengan durasi film 1 jam 50 menitan, penonton sama sekali gak diperlihatkan flashback masa lalu A-Young beserta teman-temannya saat masih di panti asuhan. Atau masa lalu Young-Chae yang juga gak diceritakan, seperti mengenai siapa sosok ayah dari Hyeok, serta cerita tentang perjalanan hidupnya.

Secara garis besar, alur cerita pada film I berlatar di masa "sekarang" dan hanya berfokus pada sudut pandang Ah-Yong sebagai seorang babysitter saja, sehingga kita nggak tahu apa yang terjadi dengan karakter pendukung lainnya, khususnya mengenai penyebab meninggalnya teman laki-laki Ah-Yong. Bahkan Young-Chae yang sejatinya merupakan karakter utama kedua pun mendapat porsi scene yang cukup minim.

Menghadapi situasi sulit tanpa ending yang manis

Sejak awal, film ini sudah memperlihatkan situasi sulit nan menyedihkan yang dialami kedua tokoh utama. Konflik yang dialami oleh Ah-Yong dan Young-Chae benar-benar didasarkan pada konflik di dunia nyata. Alhasil secara logika, memang sulit untuk menyajikan akhir yang benar-benar bahagia bagi keduanya, karena akan terkesan dipaksakan. Satu-satunya ending manis dalam film ini adalah kembalinya Hyeok ke tangan mereka berdua, setelah sebelumnya Young-Chae sempat menjual anak laki-laki kesayanganya tersebut.

Penutup

Pada akhirnya film I memang ditujukan untuk kamu yang ingin menonton sebuah film dengan cerita ringan, namun tetap memiliki makna dibaliknya. Bahkan saya rasa siapapun yang menonton ini mampu meresapi alur ceritanya dengan mudah, apalagi tema tentang kesenjangan sosial seperti ini memang sudah realistis sekali, khususnya di lingkungan sekitar kita. 

Kamu bisa menonton film ini lewat aplikasi VIU dengan subtitle Indonesia, opsi lainnya kamu bisa menonton secara streaming atau download di website penyedia film dan drama korea. Namun saya rasa agak sulit menemukannya, bahkan saya sendiri perlu usaha ekstra untuk mendapatkan link downloadnya, itu pun kualitasnya mentok di 480p. Tapi kalau kamu mau versi downloadnya silahkan komentar di bawah, nanti akan saya upload ke Google Drive.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

12 comments

  1. Rella Sha
    Rella Sha
    September 20, 2021
    Aduuhh Kim Hyang Gi, aduh mau nonton aahh.. udah kangen banget sama diaaa, menantikan Along with The Gods kok lama banget yaaa huhu.

    Ceritanya gini simpel tapi menyentuh hati, jagoan emang sinema Korea kalau mengemas realita kaya gini.
  2. Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    September 20, 2021
    Bagi penyuka happy ending, nonton film ini pasti bikin nangis yaa... Padahal hal-hal menyedihkan seperti ini banyak sekali terjadi di dunia nyata. Kita tinggal ambil pembelajaran hidup di baliknya saja.
  3. Deny Ir
    Deny Ir
    September 19, 2021
    baru baca sinopsinya, kok jadi makin penasaran sama filmnya. kayaknya alurnya ringan dan ceritanya seru, bookmark dlu ah, he
  4. Bondan Murdani Soleh
    Bondan Murdani Soleh
    September 19, 2021
    karena cuma hampir 2 jam makanya kurang komplek kak n_n. Klo jadi drama mungkin beda lagi.
    tapi banyak drama yang juga kurang komplek
  5. Renayku
    Renayku
    September 19, 2021
    Fix abis selesai nonton Penthouse, lgsg ntn film ini. Asik bgt tnyata ada di Viu jd ga perlu repot cari2 buat donlot haha.. makasi referensinya
  6. Bethaniafeby
    Bethaniafeby
    September 19, 2021
    Judulnya simpel tapi bermakna ya. Sukak bgt sama cerita korea, penuh filosopi.
  7. Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    September 19, 2021
    Aku baru tau film ini. Memang ya, khasnya Korea itu kalau bikin film pasti ada aja yang bahas soal kesenjangan sosial. Dan pasti endingnya bikin geregetan, jadi penasaran..
  8. Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    September 19, 2021
    Sepertinya film ini terlampau simpel dan kurang kompleks memang. Aku belum nonton, sih. Itu kesimpulan dari ulasan di atas. Andai kata lebih dieksplorasi mungkin lebih menarik.
  9. Akarui Cha
    Akarui Cha
    September 19, 2021
    Wah, jadi penasaran deh smaa film ini. Ada di Viu ya? Mari kita tengok.

    Selama ini kan seringnya menonton sisi manis Korea Selatan. Nah kalau menemukan tontonan yang menyajikan sisi lain, benar-benar bikin penasaran.
  10. Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika
    September 19, 2021
    kemarin aku baru nonton film korea juga, Kim Ji Young, hihi,, agak telat sih. Cuma karena baca bukunya aku ga mudah apal nama jadi lngsg nonton deh, kebetulan lg senggang juga. Film I ini nanti kucoba cari deh. Udah nggak kuat kalau nntn drakor soalnya panjang bgt
  11. Show more
  12. Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    September 18, 2021
    Wah bayinya sempat dijual? Ternyata di negeri ginseng juga ada yang seperti itu, jadi ngeri.

    Kudu siapin tisu juga pas nonton ini ya? Banyak adegan yang bikin nangis, kah?
  13. Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    September 18, 2021
    Judulnya simple bener I, dengan cerita ringan bisa jadi hiburan. Saya lebih suka yang begini ga pakai mikir nontonnya haha Temanya pun kesenjangan sosial, relate banget sama kondisi saat ini. Oke deh cari nanti di apps film ini
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)