5 Alasan Kenapa Kaguya Tidak Menanamkan Karma ke Naruto dan Sasuke

Afif Dalma
October 05, 2021
0 Comments

Seperti yang kita tahu, saat ini Karma menjadi fokus utama dalam cerita animanga Boruto. Kekuatan dari Karma cukup menarik untuk dibahas, karena bisa dibilang melebihi kehebatan mode Rikudo Naruto dan Rinnegan Sasuke. Sejauh ini beberapa karakter yang diketahui memiliki segel Karma antara lain Boruto, Kawaki, Jigen, dan Code. 

Apa itu segel Karma?

Karma merupakan sebuah segel kutukan yang dapat memberikan kekuatan hebat kepada penggunanya. Tentunya ini mengingatkan kita dengan Juinjutsu milik Orochimaru yang merupakan segel kutukan terkuat di series Naruto. Segel ini pernah digunakan oleh Sasuke serta beberapa ninja bunyi, dan membuat mereka mampu bertransformasi kedalam bentuk Joutai. 

Kedua kutukan ini nyatanya punya kesamaan, yaitu sama-sama ditanamkan ke orang yang tubuhnya akan diambil alih. Mereka yang ditanamkan segel kutukan disebut sebagai wadah. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu dari segi kekuatan. Segel Karma jauh lebih overpower dibandingkan Juinjutsu-nya Orochimaru. Sebab yang menanamkan segel Karma adalah klan Otsutsuki, yang sejatinya merupakan klan dari musuh terakhir di serial Naruto.

Selain itu, segel Karma tidak bisa ditanamkan ke sembarang orang dikarenakan kekuatannya yang amat dahsyat. Hanya orang-orang tertentu saja yang tubuhnya mampu menahan kekuatan tersebut. Jika diibaratkan, Karma sama seperti sebuah backup data yang tersimpan dalam memori komputer. Backupan tersebut bisa diakses sewaktu-waktu ketika data yang asli hilang/lenyap. 

Dalam hal ini jika seorang Otsutsuki mati, maka ia bisa bereinkarnasi ke orang yang disebut wadah itu tadi. Namun diperlukan proses extract sebelum Otsutsuki mampu mengendalikan tubuh orang tersebut sepenuhnya. Sayangnya proses ini cukup memakan waktu.

Terlepas dari itu, pastinya banyak dari kamu yang bertanya-tanya, jika para Otsutsuki (Jigen dan Momoshiki) memiliki kemampuan untuk menanamkan segel Karma, lantas kenapa Kaguya tidak melakukan hal serupa kepada Naruto dan Sasuke? Yuk simak jawaban lengkapnya.

1. Belum terpikirkan tentang Karma

Alasan paling utama dan medasar kenapa Naruto dan Sasuke tidak ditanami segel Karma, dikarenakan Masashi Kishimoto belum terpikirkan tentang hal ini. Dalam serial Naruto, Kaguya digambarkan sebagai musuh terkuat sekaligus last boss di perang dunia ninja keempat. 

Tentunya yang dipikirkan sang mangaka adalah tentang bagaimana cara mereka berdua bisa mengalahkannya, bukan memikirkan kekuatan baru yang harusya Kaguya gunakan. Atau bisa jadi konsep Karma sudah terpikirkan saat itu, namun tentunya akan terasa janggal jika konsep ini dikeluarkan, karena sudah memasuki akhir cerita.

2. Kaguya belum mati

Sesuai dengan informasi yang telah terungkap, seorang Otsutsuki dapat memberikan Karma ke tubuh orang lain ketika dirinya berada di ambang kematian. Boruto mendapatkan Karma setelah berhasil mengalahkan/membunuh Momoshiki. Saat itu Momoshiki juga sempat notice kalau orang yang berhasil mengalahkan dewa (Otsutsuki) tidak akan bisa menjadi manusia biasa lagi.

Sementara untuk kasus Kaguya, ia berhasil dikalahkan namun tidak mati. Kaguya disegel oleh Naruto dan Sasuke menggunakan segel matahari dan bulan. Bahkan jauh sebelum itu, dia juga pernah disegel oleh kedua anaknya yaitu Hagoromo dan Hamura. Hal ini membuatnya tidak menggunakan segel Karma karena dia tahu kalau nyawanya tidak terancam. 

3. Adanya segel Matahari dan Bulan

Alasan yang ketiga kemungkinan karena Naruto dan Sasuke memiliki segel matahari dan bulan, yang membuat Kaguya tidak bisa menanamkan segel Karma. Walaupun belum terbukti, namun faktanya Hagoromo merupakan anak kandung Kaguya dan memiliki garis keturunan Otsutsuki. 

Oleh karena itu ada kemungkinan bahwa segel matahari dan bulan memiliki konsep yang sama seperti segel Karma. Alhasil hal tersebut membuat Kaguya tidak bisa memberikan Karma karena pada dasarnya mereka berdua sudah mempunyai Karma versi lain.

4. Zetsu Hitam adalah Karma

Banyak yang mengatakan bahwa Zetsu hitam adalah perwujudan Karma milik Kaguya. Meskipun belum bisa dibuktikan, namun hal ini juga tidak bisa dibantahkan. Ini dikarenakan Zetsu Hitam punya karakteristik yang mirip seperti segel Karma. Ia hinggap di tubuh orang lain sebagai parasit, dan kemudian menghasut orang tersebut untuk menjalankan rencana kebangkitan Kaguya. 

Bedanya Zetsu Hitam ini punya bentuk fisik serta akal layaknya manusia biasa, meski pada dasarnya dia terlahir karena kehendak dari Kaguya. Kemungkinan keberadaan Zetsu Hitam membuat Kaguya tidak bisa memberikan segel Karma lagi kepada orang lain. 

5. Berbeda gender

Meskipun alasan ini cukup konyol dan belum terbukti benar tidaknya, tapi bisa saja hal ini menjadi alasan mengapa Kaguya tidak menanamkan Karma ke Naruto dan Sasuke. Berbagai hal tentang Karma memang sudah cukup banyak dijelaskan, namun tetap saja masih ada segudang pertanyaan yang belum menjawab rasa penasaran kita sebagai penggemar.


Itulah 5 alasan kenapa Kaguya Otsutsuki tidak memberikan Karma ke Naruto dan Sasuke. Gimana nih menurut teman-teman? Kalau kamu punya pendapat lain, jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)